Yuk, Silaturahmi Online, agar Lebaran Tetap Bermakna dan Penuh Berkah | IndiHome
27 APR 2021        BLOG

Yuk, Silaturahmi Online, agar Lebaran Tetap Bermakna dan Penuh Berkah

Di tengah pandemi Covid-19 yang melanda seluruh negara di dunia, banyak aktivitas yang terpaksa harus diselenggarakan secara online. Selain kegiatan sekolah dan pekerjaan yang dilaksanakan online, lebaran virtualpun terpaksa menjadi solusi bagi mereka yang tidak dapat pulang ke kampung halaman.

Lebaran secara online dari rumah terpaksa dilakukan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 lebih luas lagi. Terlebih lagi, tingkat penyebaran Covid-19 di kota-kota besar di tanah air cukup tinggi sehingga khawatir akan menyebar ke masyarakat yang ada di desa atau kota-kota kecil. 

Hukum Melakukan Silaturahmi Online

Silaturahmi adalah aktivitas menyambung tali kekerabatan atau kekeluargaan yang merupakan salah satu bagian dari ajaran Islam. Ada banyak keutamaan menyambung tali kekerabatan dengan keluarga, salah satunya adalah agar hidup menjadi lebih damai dan indah.

Islam sendiri sangat melarang umatnya memutuskan tali silaturahmi dengan sanak keluarga. Bahkan, Allah Swt. menyatakan bahwa hambanya yang gemar menyambung tali silaturahmi termasuk ke dalam golongan Ulul Albab.

Tingginya kedudukan menyambung tali silaturahmi membuat masyarakat Indonesia memanfaatkan momen spesial Lebaran sebagai waktu terbaik untuk pulang ke kampung halaman dan menemui sanak saudara.

Namun, di tengah tingginya kasus Covid-19 membuat pemerintah melarang masyarakat untuk mudik ke kampung halaman dan tetap tinggal di rumah. Maka dari itu, silaturahmi online pun menjadi solusi agar tetap terjalin tali kekerabatan dengan sanak saudara.;

Namun, bagaimanakah hukum melakukan silaturahmi secara online tersebut?>

Ulama Zakaria al-Anshari di dalam kitab Asna Al-Mathalib menyatakan bahwa silaturahmi adalah kegiatan untuk menyambung tali kekerabatan. Sehingga, setiap kegiatan yang dianggap dapat menyambung serta tidak mengabaikan sanak keluarga dianggap sebagai silaturahmi.

Beliau menyampaikan ada berbagai cara untuk menyambung tali silaturahmi seperti menunaikan kebutuhan keluarga, memberikan harta, saling menyurati, mengunjungi, serta berkirim salam. Sehingga, dari sini dapat dipahami bahwa menyambung tali silaturahmi tidak harus dilakukan secara offline.

Berkirim pesan dan salam melalui online juga dianggap sebagai salah satu cara menyambung tali silaturahmi. Hal ini dikarenakan berkirim salam melalui suatu media akan mengeratkan tali kekeluargaan dan kebersamaan.

Kekurangan Silaturahmi Online

Meski banyak ulama di masa kini yang memperbolehkan silaturahmi secara online atau jarak jauh, namun kegiatan ini tetap saja memiliki kekurangan jika dibandingkan dengan silaturahmi secara langsung.

Silaturahmi secara online kurang sempurna karena Nabi Muhammad saw telah menyampaikan bahwa kedua muslim yang bertemu dan bersalaman akan diampuni dosanya sebelum kedua muslim tersebut berpisah.

Oleh karena itu, jangan mencukupkan diri dengan silaturahmi secara online saja. Jika kondisi sudah memungkinkan, usahakan untuk bertemu dan menjenguk sanak saudara secara langsung. Keakraban akan terbentuk secara alami apabila bertemu langsung dengan saudara.

Tips Menjalankan Lebaran Virtual dari Rumah Saja

Bagi Anda yang terpaksa bersilaturahmi secara online karena kondisi pandemi hari ini, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar lebaran tetap berkesan. Berikut adalah tips dan cara melakukan silaturahmi jarak jauh dengan keluarga.

  1. Melalui Video Call
    Salah satu jenis komunikasi yang dapat diandalkan saat ini adalah berkomunikasi melalui video call. Berbeda dengan telepon biasa, video call dapat menampilkan wajah mereka yang sedang berbicara sehingga akan terasa lebih mendekatkan keakraban dan kebersamaan.
    Agar suasana lebih seru, sebaiknya lakukan video call bersama-sama dengan seluruh anggota keluarga. Dijamin hal ini akan menimbulkan gelak tawa dari anggota keluarga.
  2. Mengirim Kartu Ucapan Unik
    Selain video call, salah satu cara untuk merayakan lebaran online yang lebih berkesan adalah dengan mengirimkan kartu ucapan selamat Lebaran ke keluarga dan teman. Sebaiknya hindari menggunakan kartu ucapan yang biasa karena akan kurang berkesan.
    Sebaiknya, Anda bisa custom atau buat sendiri kartu ucapan yang di dalamnya terdapat foto-foto kenangan bersama. Dijamin kartu ucapan tersebut akan disukai oleh anggota keluarga.
  3. Menggunakan Media Sosial
    Media sosial menjadi tempat terbaik untuk berbagi keluh kesah dengan sahabat. Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk saling melempar komentar dan tanggapan. Gunakan media sosial sebagai tempat untuk melakukan hal yang positif bersama teman dan sahabat.
  4. Mengirimkan Pesan Singkat
    Mengirimkan pesan singkat adalah cara paling mudah dan murah untuk menjalin tali kekerabatan dengan saudara dan keluarga. Hanya saja, pesan singkat mempunyai kekurangan, dikarenakan Anda tidak bisa berkomunikasi langsung dengan orang yang dituju.

Add-on Smooa Membantu Anda Sekeluarga Saling Berbagi Kuota Internet

Untuk mendukung Lebaran virtual Anda dengan keluarga dan saudara di kampung halaman, IndiHome menghadirkan Add-on Smooa yang dapat membantu para pengguna IndiHome saling berbagi kuota internetmobile bersama.

Add-on Smooa akan membantu Anda sekeluarga saling berbagi kuota internet sehingga penggunaan kuota internet dapat lebih dimaksimalkan. Ada banyak paket yang ditawarkan oleh IndiHome, mulai dari 10 GB hingga 100 GB.

Kelebihan lain dari add-on Smooa adalah jangkauan koneksi internet yang sangat luas serta dapat dinikmati pengguna, baik di rumah maupun di luar rumah. IndiHome juga menawarkan bonus menarik seperti SMS sepuasnya dan bebas nelpon ke sesama pengguna add-on Smooa.

Layanan add-on Smooa dapat dinikmati oleh pengguna selama 30 hari. Selanjutnya layanan add-on Smooa dapat diperpanjang secara otomatis dengan biaya berlangganan yang akan ditagihkan ke dalam tagihan IndiHome setiap bulannya.

Berikut adalah pilihan paket add-on Smooa yang ditawarkan IndiHome:

  1. Paket Silver
    Paket Silver dapat dinikmati dengan biaya Rp75.000/bulan dengan kuota internet sebesar 10 GB. Pengguna juga mendapatkan bonus berupa gratis 30 SMS dan 30 menit telepon bebas biaya ke semua operator.
  2. Paket Gold
    Paket Gold dapat dinikmati dengan biaya Rp155.000/bulan. dengan kuota internet sebesar 20 GB. Pengguna juga mendapatkan bonus berupa gratis 50 SMS dan 50 menit telepon bebas biaya ke semua operator.
  3. Paket Platinum
    Paket Platinum dapat dinikmati dengan biaya Rp280.000/bulan dengan kuota internet sebesar 40 GB.  Bonus yang ditawarkan paket ini adalah gratis 100 SMS dan 100 menit telepon bebas biaya ke semua operator.
  4. Paket Diamond
    Paket Diamond dapat dinikmati dengan biaya Rp625.000/bulan dengan kuota internet sebesar 100 GB. Bonus yang ditawarkan paket ini adalah gratis 200 SMS dan 200 menit telepon bebas biaya ke semua operator.

IndiHome menghadirkan add-on Smooa sebagai solusi bagi Anda dan keluarga yang membutuhkan untuk saling berbagi koneksi internet cepat di rumah. Dengan add-on Smooa, kebutuhan silaturahmi online Anda bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.