Adaptasi Kebiasaan Baru yang Bisa Anda Terapkan Selama Pandemi Virus Corona | IndiHome
22 MAR 2021        BLOG

Adaptasi Kebiasaan Baru yang Bisa Anda Terapkan Selama Pandemi Virus Corona

Pandemi virus Corona tampaknya masih belum akan berakhir. Hal tersebut pula yang membuat pemerintah mengeluarkan himbauan agar masyarakat Indonesia mulai beradaptasi menerapkan kebiasaan baru, sebagai salah satu langkah mencegah penyebaran Covid-19.

Saat ini, istilah new normal yang kerap digunakan pemerintah selama masa pandemi sudah tidak dipakai lagi, namun diganti dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Pada era ini, semua masyarakat dapat melakukan aktivitas kembali seperti biasa, tetapi tetap dengan menerapkan protokol kesehatan.


Munculnya Kebiasaan Baru Digital Selama Masa Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 memang telah memberikan banyak perubahan dalam tatanan kehidupan sosial. Terutama dengan adanya anjuran stay at home atau bertahan diri di rumah. Tanpa disadari, hal ini juga menciptakan pola hidup berbeda, dimana masyarakat menjadi semakin terbiasa dengan teknologi digital.

Selain itu, jejak komunikasi digital selama pandemi juga mengalami peningkatan signifikan. Tanpa disadari, perubahan tersebut telah membentuk kegiatan baru, tepatnya setelah kebijakan terkait belajar, bekerja, dan beribadah di rumah diberlakukan oleh pemerintah.

Perubahan gaya hidup dan perilaku masyarakat yang semakin berkembang tanpa mengenal waktu dan tempat menjadi penyebab utama digitalisasi mudah diterima warga dunia. Hal itu dikarenakan kemudahan akses internet memungkinkan setiap orang melakukan aktivitas online kapan saja dan di mana saja.

Terutama bagi generasi milenial, kebutuhan pokok bukan hanya sekadar sandang, pangan, dan papan saja, namun juga koneksi internet yang dikonsumsi setiap hari layaknya kebutuhan primer selama pandemi Covid-19 ini.

Disadari atau tidak, terbiasa dengan aktivitas online merupakan kebiasaan baru akibat pandemi yang telah mendominasi berbagai kalangan masyarakat. Meskipun begitu, hal tersebut faktanya memberikan dampak positif terhadap industri ekonomi kreatif.

Salah satunya adalah beradaptasi dengan penjualan produk secara daring atau melalui internet, baik itu platform jual beli, website, e-commerce, maupun grup media sosial. Penjualan daring yang dilakukan secara maksimal dapat meningkatkan omset selama pandemi Covid-19.

Panduan Menerapkan Kebiasaan Baru untuk Mewujudkan Tatanan Kehidupan New Normal

Sebagai langkah menekan laju pandemi Covid-19, pemerintah telah mempersiapkan panduan untuk menuju tatanan kehidupan normal baru atau new normal. Setiap pihak diimbau agar berperan aktif untuk memastikan adaptasi kebiasaan baru tersebut berjalan sebagaimana yang ditetapkan.

Di bawah ini adalah beberapa panduan yang telah dirilis resmi oleh pemerintah:

  1. Panduan Adaptasi Kebiasaan Baru pada Sektor Jasa dan Perdagangan

    Bagi pelaku atau penyelenggara usaha di sektor jasa maupun perdagangan:

    • Melakukan pembersihan serta disinfeksi berkala di area kerja dan area publik.
    • Memastikan bahwa pekerja memahami cara melindungi diri dari penularan Covid-19, salah satunya adalah dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).
    • Menyediakan fasilitas cuci tangan yang memadai dan mudah diakses, baik oleh pekerja maupun konsumen atau pelaku usaha.
    • Pengecekan suhu tubuh seluruh karyawan sebelum mulai bekerja, dan juga konsumen atau pelaku usaha sebelum masuk ke area belanja.
    • Memberlakukan pembatasan jarak fisik minimal 1 meter.
    • Mewajibkan pekerja dan pengunjung memakai masker.
    • Mencegah kerumunan.

    Bagi pekerja:

    • Pastikan dalam keadaan sehat sebelum berangkat kerja.
    • Menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan menggunakan sabun di air mengalir, atau menggunakan hand sanitizer.
    • Hindari menyentuh bagian wajah, seperti hidung, mulut, dan mata.
    • Menjaga jarak dengan orang lain saat bertugas.
    • Menggunakan masker selama bekerja.
    • Langsung mandi dan ganti pakaian sesampainya di rumah.
    • Bersihkan barang yang dibawa ke tempat kerja dengan disinfektan.

    Bagi konsumen:

    • Menggunakan masker ketika berada di area publik.
    • Menghindari menyentuh area wajah, seperti hidung, mata, maupun mulut.
    • Menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan menggunakan sabun di air mengalir, atau menggunakan hand sanitizer.
    • Menerapkan pembatasan jarak atau physical distancing.

Persiapan Adaptasi Kebiasaan Baru

Selain mempersiapkan mental dalam menerima berbagai perubahan kebiasaan yang akan terjadi, setiap pihak juga diminta untuk menerapkan perilaku hidup sehat, serta tetap memperhatikan protokol kesehatan sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19.

Di bawah ini adalah protokol pencegahan Covid-19 yang wajib diterapkan masyarakat:

  • Memahami etika batuk.
  • Memakai masker sesuai standar saat bepergian ke luar rumah.
  • Tetap tinggal di rumah saja jika tidak memiliki kepentingan yang mendesak.
  • Rajin mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir, atau gunakan hand sanitizer dengan kadar alkohol minimal 60%.
  • Menjaga jarak minimal 1 meter.
  • Menghindari keramaian.
  • Tidak bertukar barang dengan orang lain saat berada di tempat kerja, seperti sendok, piring, gelas dan juga makanan.


Pastikan Keamanan Rumah Selama Pandemi Virus Corona dengan Add-On IndiHome Smart

Tidak dapat dipungkiri bahwa dengan adanya berbagai perubahan baru di masa pandemi ini juga berpengaruh terhadap tingkat kejahatan yang semakin tinggi. Oleh sebab itu, Anda harus tetap waspada untuk memastikan tempat tinggal Anda tetap aman dari berbagai tindakan kriminal.

Seringkali, mengandalkan penjaga keamanan di sekitar saja tidak cukup. Karena, jarak pandang manusia memang begitu terbatas, terutama pada malam hari. Sehingga tidak bisa terlalu diandalkan untuk mengamati berbagai aktivitas yang terjadi di lingkungan sekitar dengan jangkauan luas.

Namun, sekarang Anda tidak perlu merasa khawatir, karena ada IndiHome Smart sebagai solusi untuk New Normal New Safety. Dengan IP Camera ini, rumah Anda dijamin akan lebih aman, bahkan saat ditinggal bepergian ke luar kota.


Apa itu add-on IndiHome Smart?

Berbeda dengan smart camera lain, IndiHome Smart telah dilengkapi perangkat teknologi canggih IoT atau Internet of Thing, serta berbagai fungsi home surveillance. Jadi, sangat direkomendasikan bagi yang membutuhkan keamanan dan kenyamanan lebih untuk tempat tinggal.

Dengan add-on IndiHome Smart, kegiatan pengawasan keamanan tempat tinggal di era new normal akan menjadi lebih praktis, karena kamera pintar ini dapat membantu memantau keadaan di sekeliling rumah maupun gedung hingga jarak jauh. Jadi, tidak ada sudut yang terlewatkan.

Menariknya lagi, memungkinkan pemilik rumah untuk memantau situasi melalui smartphone maupun gadget, sehingga semua kendali sekarang ada di genggaman Anda.


Berapa harga berlangganan add-on IndiHome Smart?

Ada kabar gembira untuk pelanggan IndiHome di seluruh Indonesia, sekarang Anda bisa mendapatkan kemudahan dalam memantau keadaan di sekitar tempat tinggal dengan menyewa smart camera mulai dari Rp38.000/bulan. Anda juga mendapatkan full garansi selama berlangganan. Sangat terjangkau, kan?

Saat ini layanan add-on IndiHome Smart Camera sudah tersedia untuk seluruh wilayah di Indonesia. Untuk berlangganan, Anda dapat menghubungi 147 atau mengunjungi Plasa Telkom terdekat yang ada di kota Anda. Memasang smart camera merupakan solusi cerdas untuk memastikan keamanan tempat tinggal selama 24 jam.

Dengan berlangganan add-on IndiHome Smart, Anda tidak perlu merasa khawatir lagi terhadap keamanan hunian Anda meskipun sedang di masa sulit pandemi virus Corona. Karena, kini Anda bisa mengecek situasi sekeliling tempat tinggal dari mana saja, dan kapan saja.