Cara Mudah Daftar Mitra GoFood untuk Usaha Rumahan | IndiHome by Telkomsel
7 JUL 2024        BLOG

Cara Mudah Daftar Mitra GoFood untuk Usaha Rumahan

Era digital turut membawa perubahan besar bagi dunia bisnis kuliner. Data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2020 menunjukkan 61,69% penjualan produk kuliner secara online dilakukan melalui layanan pihak ketiga, seperti GoFood. Cara daftar GoFood usaha rumahan tergolong mudah sehingga hal tersebut membuka kesempatan bagi UMKM bisa berkembang secara online dan meraih omzet dalam jumlah besar.

Bergabung sebagai mitra GoFood adalah salah satu strategi terbaik untuk memaksimalkan perkembangan bisnis kuliner. Yuk, pahami dulu cara daftar GoFood merchant agar bisnis kulinermu semakin populer.

Beragam Keuntungan Jika Menjadi Mitra GoFood

GoFood adalah layanan pesan antar makanan secara online yang difasilitasi aplikasi Gojek. Cara daftar GoFood online sangat mudah sehingga bisa dilakukan oleh bisnis kuliner dari berbagai skala, termasuk usaha rumahan.

Mitra bisnis yang sudah terdaftar dalam layanan tersebut akan menerima pesanan makanan melalui aplikasi GoBiz. Transaksi bisa dilakukan secara aman dan praktis karena didukung sistem PIN validasi yang difasilitasi Gojek.

Beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan bila bergabung sebagai mitra GoFood, antara lain:

  • Memperluas jangkauan pelanggan karena aplikasi Gojek digunakan lebih dari 155 juta orang di tanah air.
  • Menjadi salah satu sarana promosi sehingga bisnis kulinermu semakin dikenal banyak orang, khususnya yang berada di sekitar lokasi bisnis.
  • Mempermudah proses pengantaran produk karena kamu tidak perlu menyiapkan kurir secara mandiri.
  • Mendukung keamanan bisnis karena terdapat sistem PIN validasi dan penggunaan GoPay yang harus dikonfirmasi mitra GoFood maupun mitra Driver. Inovasi ini sangat ampuh mengurangi tingkat penipuan serta kecurangan yang berisiko merugikan mitra GoFood maupun mitra Driver
  • Membantu proses operasional bisnis kuliner secara praktis hanya melalui satu aplikasi, yaitu GoBiz.

Dokumen yang Dibutuhkan Usaha Rumahan untuk Daftar Mitra GoFood 

Bila kamu sedang menjalani usaha kuliner rumahan, maka kamu patut menyiapkan beberapa dokumen penting ini bila ingin bergabung sebagai mitra GoFood.

  • KTP pemilik usaha.
  • Nomor rekening pemilik usaha untuk pencairan dana.
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Pemilik Usaha, jika memiliki tarif pajak restoran (PB1).
  • Dokumen pendukung lainnya, seperti buku tabungan, rekening koran, dan laman eBanking, bila nama pemilik usaha berbeda dengan pemilik rekening.

Selain beberapa dokumen tersebut, cara daftar GoFood usaha rumahan juga disertai syarat-syarat berikut ini.

  • Usaha kuliner berupa outlet aktif yang menjual makanan dan atau minuman, misalnya restoran, kafe, warung makan, atau industri makanan rumahan.
  • Pemilik usaha menyertakan data pribadi, seperti nomor HP, alamat email, alamat lengkap lokasi usaha, serta nomor telepon outlet.

Cara Daftar GoFood Usaha Rumahan Melalui Aplikasi GoBiz

Beberapa langkah yang wajib kamu lakukan untuk mendaftarkan usaha rumahan sebagai mitra GoFood ialah sebagai berikut.

  • Unduh aplikasi GoBiz melalui Google Play Store.
  • Jika aplikasi GoBiz berhasil diunduh, klik tombol Daftar GoBiz.
  • Ada 3 opsi yang muncul berdasarkan jenis usaha, yaitu Usaha Milik Pribadi, Usaha Milik Perusahaan, dan Tambah Outlet Baru. Pilihlah opsi Usaha Milik Pribadi.
  • Selanjutnya, lengkapi data yang dibutuhkan di halaman pengisian data. Masukkan alamat email dan nomor HP aktif kemudian pastikan bahwa seluruh data yang kamu isi sudah benar.
  • Bila sudah selesai mengisi seluruh data, klik tombol Kirim Data Pemilik.
  • Masukkan kode OTP yang masuk melalui SMS, lalu klik tombol Konfirmasi.
  • Kemudian, kamu akan diminta mengisi kelengkapan data usaha sesuai jenis usaha yang telah kamu pilih.
  • Kalau semua data usaha sudah diisi, pelajari syarat dan ketentuan layanan yang kamu pilih, lalu berikan tanda centang dan klik tombol Verifikasi Data Usaha Saya.
  • Saat pop-up konfirmasi muncul, periksa sekali lagi untuk memastikan semua data telah sesuai, kemudian klik tombol Kirim.

Cara daftar GoFood Merchant ini membutuhkan proses verifikasi selama 2 hari kerja. Bila data usaha sudah disetujui, kamu akan memperoleh notifikasi melalui email dan aplikasi yang kamu daftarkan. 

Cara Aktivasi Layanan GoBiz

Jika data usaha yang kamu masukkan ke aplikasi GoBiz ditolak, berarti data tersebut belum sesuai syarat dan ketentuan pendaftaran GoBiz. Kamu bisa mengklik tombol Perbaiki Data Usaha untuk mengetahui alasan penolakan data tersebut. Cara daftar GoFood usaha rumahan tidak perlu dilakukan dari tahap awal sebab kamu cukup melengkapi data yang kurang sesuai saja.

Sebaliknya, bila data usahamu sudah disetujui dan kamu telah mendapat notifikasi di email dan aplikasi, maka kamu harus melakukan beberapa tahapan ini untuk mengaktifkan layanan GoBiz.

  • Aktivasi GoPay dan GoKasir: Proses aktivasi GoPay butuh waktu 7 hari kerja, sedangkan aktivasi GoKasir hanya 1 hari kerja. Jika GoKasir sudah berstatus aktif, klik opsi Mulai Gunakan GoBiz untuk menambah menu di toko dengan dua cara, yaitu salin menu dari GoFood dan Buat Menu GoKasir.
  • Aktivasi GoFood: Klik opsi Lengkapi di GoFood, lalu masukkan data-data usaha, seperti profil restoran, jam operasional, dan daftar menu. Bila semua data sudah dilengkapi, tanda centang akan berubah warna dari abu-abu menjadi ungu, lalu kamu tinggal klik tombol Kirim. Proses aktivasi GoFood ini butuh 2 hari kerja terhitung sejak kamu melengkapi data usaha dan tidak ada penolakan selama pengecekan. 
  • Mulai berbisnis sebagai mitra GoFood: Kalau semua proses sudah disetujui dan status aktivasi layanan berubah menjadi Sudah Aktif, kamu tinggal klik tombol Mulai Berjualan untuk menggunakan aplikasi GoBiz.

Setelah berhasil mempraktikkan cara daftar GoFood usaha rumahan hingga aplikasi GoBiz aktif, kamu juga patut menyiapkan sarana pendukung lainnya. Salah satu hal penting yang tak boleh terlewatkan ialah koneksi internet berkecepatan tinggi.

Kini, ada IndiHome yang siap mendukung bisnismu dengan internet kencang selama 24 jam. Kamu tinggal memilih paket internet IndiHome yang sesuai kebutuhanmu dan rasakan pengalaman berbisnis yang menakjubkan. Mulai sekarang, jangan biarkan gangguan internet mengusik kelancaran bisnismu!