Tujuh Peninggalan Kerajaan Demak, Kerajaan Islam Tertua di Indonesia | IndiHome
17 OCT 2022        BLOG

Tujuh Peninggalan Kerajaan Demak, Kerajaan Islam Tertua di Indonesia

Kerajaan Demak adalah kerajaan Islam pertama di Indonesia yang berdiri pada tahun 1481 M. Letaknya berada di daerah pantai utara Jawa. Kerajaan yang dibangun oleh Raden Patah (1500-1518) tersebut menjadi pelopor penyebaran agama Islam di wilayah Pulau Jawa.

Meskipun masa kejayaannya singkat, banyak peninggalan Kerajaan Demak yang masih berdiri hingga saat ini. Nilai sejarah yang terkandung di dalamnya membuat peninggalan tersebut dilestarikan oleh masyarakat Indonesia. Apa saja peninggalan Kerajaan Demak? Yuk, simak ulasan di bawah ini.

Tujuh Peninggalan Kerajaan Demak

Setidaknya ada tujuh peninggalan Kerajaan Demak yang perlu kamu ketahui. Di antaranya:

  • Makam Sunan Kalijaga
    Makam Sunan Kalijaga atau Raden Mas Said terletak di wilayah Kadilangu, kabupaten Demak, Jawa Tengah. Wilayah makam tersebut merupakan hadiah khusus yang diberikan kepada Sunan Kalijaga oleh Raden Sultan Fattah.

    Makam ini tidak pernah sepi karena sering dikunjungi masyarakat dari berbagai daerah yang ingin berziarah. Setiap tahunnya di tempat peninggalan Kerajaan Demak itu selalu diadakan upacara adat yang dikenal dengan sebutan Grebeg Besar.

  • Pintu Bledeg
    Dipahat oleh Ki Ageng Selo pada tahun 15466 Masehi, Pintu Bledeg atau Pintu Petir merupakan peninggalan Kerajaan Demak yang terletak di pintu Masjid Agung Demak. Konon katanya, ukiran dalam pintu tersebut merupakan petir yang ditangkap dan digambar oleh Ki Ageng Selo pada Era Walisongo dulu.

  • Surya Majapahit
    Peninggalan Kerajaan Demak ini berupa dekorasi dengan bentuk segi delapan yang terkenal pada zaman Majapahit. Surya Majapahit dibuat pada tahun 1479 M dan diletakkan di dalam Masjid Agung Demak. Menurut beberapa sejarawan, Surya Majapahit ditemukan saat bangunan kerajaan tersebut runtuh.
     
  • Masjid Agung Demak
    Masjid Agung Demak berada di daerah kampung Kauman, Kelurahan Bintoro Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Masjid tersebut dibangun oleh Raden Fattah pada tahun 15 M yang dibantu oleh para Walisongo. Bangunan masjid ini menampilkan arsitektur tradisional Indonesia yang khas dan penuh makna. Masjid Agung Demak sering digunakan sebagai tempat berkumpulnya para Walisongo sembari menyebarkan ajaran Islam di Pulau Jawa.
     
  • Soko Guru
    Soko Guru adalah sebutan bagi empat tiang penyangga yang terbuat dari kayu utuh dengan diameter berukuran 1 meter. Tiang-tiang penyangga itu digunakan sebagai penyokong kerangka atas Masjid Agung Demak. Salah satu peninggalan Kerajaan Demak tersebut dianggap sebagai hasil budaya yang diturunkan Kerajaan Demak dan masih dikenang hingga saat ini.    

  • Dampar Kencana
    Dulu, mimbar ini layaknya singgasana para raja yang digunakan untuk berceramah di Masjid Agung Demak. Sekarang, Dampar Kencana sudah tidak dipergunakan seperti sebelumnya. Tetapi keberadaanya tetap diabadikan dan dijaga dengan baik di Museum Masjid Agung Demak.

  • Situs Kolam Wudhu
    Situs Kolam Wudhu merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Demak yang dulunya digunakan sebagai tempat wudhu para Walisongo. Situs ini berada di depan Masjid Agung Demak. Tujuannya  agar mempermudah para wali serta jamaah untuk wudhu terlebih dahulu sebelum masuk masjid. Kolam ini juga pernah digunakan sebagai tempat sayembara dalam rangka menentukan sultan ke-4 Kesultanan Demak Bintoro.

Mempelajari Sejarah Kerajaan di Indonesia dengan Berlangganan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar)

Ketika berbicara tentang sejarah, pastinya banyak sekali ilmu pengetahuan yang akan kita dapatkan. Berbagai fakta-fakta menarik membuat kita semakin semangat dalam mempelajarinya, khususnya sejarah Indonesia seperti peninggalan Kerajaan Demak.

Di era serba digital seperti sekarang ini, kita bisa mempelajari sejarah melalui internet. Maka dari itu, kita harus memiliki jaringan internet stabil agar aktivitas digital dalam menggali sejarah Tanah Air semakin lancar. Kamu bisa mendapatkannya melalui layanan paket internet terbaik dari IndiHome dengan berlangganan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar).

Paket ini menghadirkan layanan internet unlimited berkecepatan hingga 300 Mbps. Plus, kamu juga bisa menonton beragam tayangan favorit di Disney+ Hotstar dan ribuan tayangan lainnya di ratusan channel TV berkualitas.

Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar) menawarkan tiga pilihan paket, yaitu:

  • Paket 3P (Internet + TV + Phone)
    Nikmati kecepatan internet hingga 300 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp385.000 per bulan. Dapatkan benefit berupa bonus nelpon lokal/interlokal hingga 100 menit, bebas akses tayangan berkualitas di Disney+ Hotstar serta 100+ channel TV favorit dan bonus tambahan 62 channel TV add-on minipack Upgrade Essential selama 3 bulan. Untuk kecepatan mulai dari 50 Mbps akan mendapatkan akses sepuasnya ke tayangan MOLA, WeTV iflix, Vidio, CATCHPLAY+, dan minipack IndiMovie 2 (+HBO GO).    
     
  • Paket 2P (Internet + TV)
    Nikmati kecepatan internet hingga 100 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp370.000 per bulan. Anda juga akan mendapatkan bebas akses tayangan berkualitas di Disney+ Hotstar serta 100+ channel TV favorit dan bonus tambahan 62 channel TV add-on minipack Upgrade Essential selama 3 bulan. Untuk kecepatan mulai dari 50 Mbps akan mendapatkan akses sepuasnya ke tayangan MOLA, WeTV iflix, Vidio, CATCHPLAY+, dan minipack IndiMovie 2 (+HBO GO).  

  • Paket 2P (Internet + Phone)
    Nikmati kecepatan internet hingga 100 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp200.0000-an saja per bulan. Anda juga akan mendapatkan bebas nelpon lokal/interlokal 50 menit, dan akses sepuasnya ke berbagai tayangan Disney+ Hotstar.

Yuk, perluas wawasan kamu dengan browsing di internet atau nonton tayangan berunsur sejarah dengan berlangganan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar). Ada diskon 50% untuk biaya pasang baru, lho!