Intip Menu Sahur Praktis untuk Anak Kos Selain Mie Instan | IndiHome by Telkomsel
4 MAY 2021        BLOG

Intip Menu Sahur Praktis untuk Anak Kos Selain Mie Instan

Siapa bilang menu sahurnya anak kos hanya mie instan saja? Anda yang saat ini sedang ngekos sebenarnya juga bisa menikmati beragam sajian makanan sahur super lezat namun tidak membosankan. Berikut ini beragam menu sahur simple yang lezat dan super bergizi untuk anak kos.

7 Ide Menu Sahur Simple yang Cocok Dibuat oleh Anak Kos

  1. Sayur Orak Arik
  2. Jangan jadikan waktu sahur sebagai alasan untuk tidak mengonsumsi makanan bergizi dan segar. Anda bisa mengolah beragam jenis sayuran menjadi sayur orak arik yang kaya gizi dan lezat. Sebelum tidur, Anda bisa menyiapkan berbagai sayuran seperti wortel, sawi, kol dan buncis. Lalu, iris sayur tersebut sesuai selera dan simpan dalam wadah.

    Saat sahur, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menumis bawang putih dan bawang merah. Kemudian, masukkan sayur yang telah diiris ke dalam tumisan tersebut. Lalu, campurkan sayur dengan satu butir telur atau sesuai selera. Tumis sayur dan telur tersebut dan santap selagi hangat bersama nasi. 

  3. Telur Dadar Isi Sayur
  4. Meski sahur, Anda tetap harus memperhatikan kadar gizi yang diterima, apalagi jika Anda harus beraktivitas siang harinya. Menu telur dadar isi sayur ini bisa dipilih oleh anak kos karena waktu pembuatan yang cepat, cara membuatnya yang mudah dan bahan-bahannya yang murah.

    Siapkan satu sampai dua butir telur atau sesuai selera. Kemudian kocok telur bersama bawang putih, bawang merah, sedikit cabai (sesuai selera), dan sayur-sayuran. Anda bisa memilih sayur wortel, kol, dan daun bawang. Kemudian, campurkan sayuran dengan telur. Goreng hingga matang, kemudian santap bersama nasi hangat.

  5. Abon Ayam atau Sapi
  6. Jika Anda bangun terlambat dan hanya tersisa beberapa menit sebelum azan Subuh, maka menu abon bisa menjadi solusi terbaik. Abon dibuat dari serat daging hewan yang tentunya kaya akan gizi. Terlebih lagi, di dalam abon juga sudah ditambahkan beberapa bumbu yang membuat rasa abon semakin lezat.

    Anda hanya perlu menaburkan abon ayam atau sapi di atas nasi hangat dan santap selagi masih ada waktu sahur. Jika memungkinkan, Anda juga bisa mempersiapkan sayur untuk menemani abon di piring. 

  7. Cah Kangkung
  8. Menu sahur simple berikutnya yang murah meriah dan cocok untuk anak kos adalah cah kangkung. Anda bisa mencuci kangkung dan memotong-motongnya sebelum tidur untuk kemudian langsung diolah saat sahur. 

    Saat sahur, Anda hanya perlu menambahkan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, sedikit cabai, dan garam. Agar nilai gizi semakin banyak, tambahkan pula ikan teri saat menumis sehingga kebutuhan protein terpenuhi.

  9. Sarden
  10. Menu sarden kalengan bisa menjadi solusi cepat namun kaya gizi bagi Anda yang ngekos. Bahkan, menu satu ini bisa dimasak di rice cooker jika Anda tidak mempunyai kompor. Anda juga bisa memasak kembali sarden dengan menambahkan bahan lain seperti bawang, cabe, dan tomat. 

  11. Nugget Ayam
  12. Menu cepat berikutnya yang menjadi andalan anak kos adalah nugget ayam. Anda bisa membeli nugget ayam yang dijual beku di supermarket dan kemudian menggorengnya di kos-kosan. 

  13. Sosis
  14. Selain nugget, sosis juga menjadi pilihan hemat dan simpel untuk anak kos. Anda bisa beli sosis siap saji ataupun sosis yang harus diolah terlebih dahulu.

 

Hadirkan Momen Seru Bersama Keluarga dengan Internet dan Hiburan Favorit di Rumah. Langganan IndiHome sekarang!

Solusi lengkap internet cepat dan hiburan yang IndiHome hadirkan kepada pelanggan, dengan menyediakan berbagai Paket untuk berbagai aktivitas di rumah. Untuk mengetahui detail Paket dari IndiHome, pelanggan bisa mengunjungi website https://indihome.co.id/paket/daftar. Harga paket yang ditawarkan belum termasuk PPN.