Tips Meningkatkan Motivasi Belajar Online Siswa | IndiHome
30 DEC 2021        BLOG

Tips Meningkatkan Motivasi Belajar Online Siswa

Guru bukan hanya berkewajiban mentransfer ilmu pengetahuan kepada siswanya, namun juga harus bisa memainkan peran sebagai motivator belajar. Apalagi, di masa pandemi dan kegiatan belajar dialihkan ke sistem daring, guru perlu tahu tips meningkatkan motivasi belajar online siswa.

Pandemi Covid-19 memang membawa perubahan besar terhadap berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Hal tersebut dikarenakan kegiatan belajar mengajar lebih dominan dilakukan online. Otomatis, ini menjadi tantangan tersendiri bagi tenaga pengajar dalam mendidik siswa.


10 Tips Meningkatkan Motivasi Belajar
Online yang Wajib Diketahui Guru

Situasi pandemi tidak hanya menuntut pengajar dapat menggunakan teknologi sebagai sarana penunjang aktivitas belajar. Namun guru juga perlu memiliki kemampuan memotivasi siswa agar giat menuntut ilmu. Sebab tidak bisa dipungkiri, belajar di rumah berpotensi menurunkan keaktifan siswa.

Di bawah ini adalah beberapa kiat meningkatkan motivasi belajar para siswa sehingga lebih bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran daring:

  1. Menggunakan Metode dan Aktivitas Belajar yang Lebih Beragam
    Ibarat menonton tayangan televisi, pasti Anda akan merasa bosan jika hanya nonton di satu channel saja, bukan? Hal tersebut pula yang kerap dialami siswa. Akibatnya, dalam waktu singkat mereka akan merasa bosan dan kehilangan minat pada pelajaran yang diberikan.

    Oleh sebab itulah, dalam proses mengajar sebaiknya tidak mengaplikasikan metode dan kegiatan yang monoton atau itu-itu saja. Sudah seharusnya para guru lebih kreatif dan inovatif memilih cara menyampaikan materi dalam bentuk menarik dan lebih beragam.

    Contohnya, membuat materi pelajaran dalam bentuk mind map atau animasi. Dengan begitu, siswa lebih termotivasi menyimaak setiap detail informasi yang Anda sampaikan.

  2. Menjelaskan Tujuan Belajar secara Gamblang
    Sekilas memang terlihat sepele, namun pengajar yang cerdas memahami pentingnya mempromosikan pelajaran. Usahakan siswa mengetahui tujuan utama belajar. Hal ini akan membuat siswa lebih memahami alasan kenapa mereka harus belajar sebaik mungkin.

    Pemahaman siswa akan pentingnya belajar bisa menjadi cara terbaik menumbuhkan minat siswa, sehingga motivasi belajar juga meningkat. Supaya lebih relevan, guru dapat mengaitkan tujuan belajar dengan kondisi khusus yang sedang berlangsung saat ini.
     
  3. Memberikan Bimbingan dan Dukungan Kepada Siswa
    Berikan kesempatan sama kepada setiap siswa untuk mengemukakan hambatan belajar yang sedang dihadapi. Setelah mendengar keluh kesah siswa, berikan bimbingan positif, serta dukungan penuh. Yakinkan siswa bahwa ia mampu mengatasi hambatan tersebut.

  4. Menciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan
    Kenapa Anda harus susah payah membuat proses belajar menjadi menyenangkan, padahal guru memiliki otoritas mengatur siswa? Sederhananya, apakah Anda bisa konsentrasi bekerja di tengah situasi tidak menyenangkan, seperti diawasi atau merasa tertekan?

    Siswa juga sama. Mereka membutuhkan suasana menyenangkan untuk bisa belajar dengan baik. Ciptakan kegiatan belajar yang santai namun serius, agar siswa tidak merasa terlalu tegang. Anda juga bisa menyelipkan humor dalam menyampaikan materi pelajaran.

  5. Memberikan Apresiasi Terhadap Usaha dan Pencapaian Siswa
    Tidak peduli sekecil apapun usaha yang dilakukan siswa, guru sebaiknya mengapresiasi hal tersebut dengan memberi pujian maupun komentar positif, sebagai bentuk dukungan dan rasa bangga atas pencapaiannya. Dengan begitu, siswa merasa kalau usahanya dihargai.

  6. Meningkatkan Kualitas Diri Sebagai Guru
    Guru adalah pionir dalam aktivitas belajar mengajar. Oleh sebab itu, Anda juga harus memiliki kesadaran diri untuk terus melakukan perbaikan dan meningkatkan kualitas. Tentu bukan hanya kualitas dalam mengajar mata pelajaran, namun juga aspek psikologis anak.
     
  7. Memaksimalkan Fasilitas Pembelajaran
    Dalam usaha membangun motivasi belajar siswa, guru juga harus bisa mengoptimalkan fasilitas belajar, seperti memberikan informasi akurat bagaimana mendapatkan kuota internet untuk pembelajaran jarak jauh. Sehingga siswa dan orangtua tidak terlalu terbebani.
     
  8. Memanfaatkan Media Belajar
    Media belajar yang kreatif dan menarik merupakan daya tarik bagi siswa saat belajar online. Dengan begitu, siswa lebih fokus belajar. Media belajar yang dapat dijadikan alternatif mendukung proses belajar, di antaranya adalah video belajar berbentuk animasi.
     
  9. Memilih Metode Pembelajaran yang Tepat
    Guru harus pandai memilih metode belajar, sebab bisa menjadi tolak ukur apakah siswa merasa antusias atau sebaliknya, jenuh dengan metode yang diterapkan. Agar lebih variatif, Anda bisa mengaplikasikan metode diskusi langsung melalui aplikasi belajar tertentu.
     
  10. Melakukan Evaluasi Pembelajaran
    Evaluasi kegiatan pembelajaran mutlak harus dilakukan. Pasalnya, hal ini bertujuan menilai efektivitas proses belajar tersebut. Evaluasi dapat dilakukan dengan cara menganalisis nilai para siswa berdasarkan tugas atau soal yang diberikan, kemudian ambil kesimpulan.


Lancar Mengajar
Online dan Temukan Tips Meningkatkan Motivasi Siswa dengan Dukungan Paket Pengajar dari IndiHome

Meskipun terdengar mudah dan praktis, namun tidak dapat dipungkiri kalau mengajar secara online juga memiliki berbagai kendala dan permasalahan, baik bagi guru maupun siswa. Selain dituntut melek teknologi, pengajar juga harus mampu memberi motivasi dan dukungan kepada murid.

Salah satu hambatan terbesar dalam mengajar online bukan hanya tentang usaha mengemas dan menyuguhkan materi pelajaran semenarik mungkin. Pasalnya, belajar dari rumah memengaruhi psikologis siswa secara signifikan, salah satunya tidak mengerjakan tugas yang diberikan.

Lalu, bagaimana cara supaya siswa merasa termotivasi saat mengikuti proses kegiatan belajar dan mengajar  daring, sehingga materi yang disampaikan dapat diterima siswa secara maksimal? Tidak perlu khawatir, Anda bisa menemukan berbagai kiat mengajar online melalui internet.

Kendala lain yang sering dialami guru ketika mengajar online adalah koneksi internet tidak stabil. Seperti diketahui, sistem pembelajaran daring sangat bergantung pada internet. Jika sambungan internet Anda putus-putus, maka otomatis siswa tidak bisa memahami materi yang disampaikan.

Oleh sebab itulah, selaku pengajar profesional, Anda bukan hanya harus mempersiapkan diri sebaik mungkin, namun juga fasilitas penunjang kegiatan mengajar, seperti perangkat gadget dan internet.

Supaya kegiatan belajar dan mengajar online terselenggara secara nyaman, tanpa membuat kantong bocor karena boros paket internet, Anda bisa langganan Paket 2P (Internet + Phone) atau Paket 3P (Internet + TV + Phone) Khusus Pelajar, Pengajar, dan Jurnalis dari IndiHome sebagai alternatif solusi. 


Apa Keuntungan Berlangganan Paket 2P (Internet + Phone) atau Paket 3P (Internet + TV + Phone) Khusus Pelajar, Pengajar, dan Jurnalis?

Paket andalan untuk mendukung kegiatan study from home dari IndiHome ini menawarkan dukungan internet super cepat dan stabil. Tidak hanya itu, pelanggan juga dapat mengakses aplikasi IndiHome Study yang berisi latihan soal, materi pelajaran, hingga berbagai konten edukatif sepuasnya.

Berikut adalah jenis-jenis Paket Pengajar dan benefit yang akan didapatkan pelanggan:

  1. Paket 2P (Internet + Phone) – Khusus Pelajar, Pengajar, dan Jurnalis
    Benefit berupa bebas internetan di jaringan tercepat IndiHome hingga 30 Mbps, ada juga bonus nelpon 50 menit ke jaringan lokal/interlokal, dan bebas akses IndiHome Study.
  2. Paket 3P (Internet + TV + Phone) – Khusus Pelajar, Pengajar, dan Jurnalis
    Pelanggan bisa mengakses internet di jaringan stabil dengan kecepatan hingga 30 Mbps, gratis nelpon selama 50 menit, dan akses ke aplikasi IndiHome Study, serta bebas mengakses puluhan channel televisi interaktif yang menyediakan konten inspiratif dan edukatif.

Paket 2P (Internet + Phone) atau Paket 3P (Internet + TV + Phone) Khusus Pelajar, Pengajar, dan Jurnalis bukan hanya bisa dijadikan pilihan guru untuk mendukung aktivitas mengajar dan menemukan tips meningkatkan motivasi belajar online. Namun, juga dapat dipilih para siswa untuk menunjang kegiatan belajar.