Hubungan Kausalitas dalam Teks Eksplanasi Beserta Contohnya | IndiHome
27 OCT 2022        BLOG

Hubungan Kausalitas dalam Teks Eksplanasi Beserta Contohnya

Dalam pelajaran Bahasa Indonesia terdapat pembahasan mengenai teks eksplanasi. Jenis teks ini umumnya berupa pemaparan atau penjelasan informasi terkait fenomena kausalitas. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kausalitas sendiri merupakan perihal sebab akibat.

Dari penjelasan singkat tersebut, kamu bisa menarik kesimpulan bahwa teks eksplanasi memiliki hubungan dengan kausalitas. Lalu, apa yang dimaksud dengan hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi? Penjelasan selengkapnya bisa kamu simak di bawah ini!

Hubungan Kausalitas dalam Teks Eksplanasi

Hubungan kausalitas memegang peranan penting dalam teks eksplanasi karena menjelaskan suatu peristiwa, kejadian, atau fenomena beserta sebab musababnya.  

Sebagai contoh, kamu ingin menjelaskan isu global warming atau pemanasan global. Saat menjelaskannya, kamu tentu mencantumkan apa saja pemicu pemanasan global dan mengapa atau bagaimana isu ini dapat merusak lingkungan.

Intinya, saat membuat teks eksplanasi, kamu perlu mencantumkan mengapa suatu peristiwa itu terjadi dan apa dampaknya.

Ciri-ciri Kata yang Menandakan Hubungan Kausalitas

Kata-kata berikut ini menjadi penanda bahwa teks eksplanasi memiliki hubungan kausalitas:

  • Kalau
  • Jika
  • Oleh sebab itu
  • Disebabkan
  • Berakibat
  • Mengakibatkan
  • Maka
  • Karena
  • Bila
  • Sehingga
  • Berdampak
  • Menyebabkan  

Sementara itu, teks kausalitas memiliki struktur yang terdiri dari:

  • Pernyataan umum, yaitu gambaran awal mengenai peristiwa yang akan disampaikan dalam teks.
  • Penjelasan (Eksplanasi), yaitu pokok penjelasan yang disampaikan termasuk kausalitasnya.
  • Interpretasi, yaitu simpulan atau pandangan penulis yang bersifat opsional, artinya boleh ada atau tidak tergantung keinginan penulis.


Contoh Kausalitas dalam Teks Eksplanasi

Inilah beberapa contoh teks eksplanasi beserta penerapan hubungan kausalitas di dalamnya yang dikutip dari detik.com:

  • Contoh Teks Eksplanasi tentang Pilar Cahaya

    • Pernyataan Umum:
      Pilar cahaya merupakan fenomena alam yang terjadi di daerah sekitar kutub. Fenomena ini dapat dijelaskan dengan ilmu optik. Ilmu optik adalah ilmu yang mempelajari sifat cahaya dan hubungan cahaya dengan benda-benda lain.

    • Eksplanasi:

      Pilar cahaya terjadi karena bertemunya sinar dengan butiran es yang jatuh dari langit. Sinar yang menghasilkan pilar cahaya dapat berasal dari sinar matahari maupun dari sinar lampu yang kuat. Terang dan tingginya pilar bergantung pada bentuk butiran es yang memantulkannya.

      Butiran es yang jatuh dari langit punya beberapa macam bentuk. Ada yang seperti bintang, pipih seperti piring, seperti silinder dan runcing. Fenomena cahaya ini tidak hanya berbentuk pilar. Bentuknya bergantung pada banyak dan bentuk susunan butiran es yang jatuh dari langit tersebut.

      Warna pilar cahaya bergantung pada posisi sumber cahaya yang menyinarinya. Jika posisi matahari tinggi di atas cakrawala, pilar cahaya yang terbentuk berwarna putih atau kuning terang. Jika posisi matahari cukup rendah dekat cakrawala, warnanya dominan jingga, emas, atau merah


  • Contoh Teks Eksplanasi tentang Kemacetan

    • Pernyataan Umum:
      Kemacetan adalah keadaan tersendatnya lalu lintas. Kemacetan sering terjadi di kota-kota besar seperti Jakarta.

    • Eksplanasi

      Kemacetan dapat terjadi karena beberapa alasan. Pertama, jumlah kendaraan melebihi kapasitas jalan. Masyarakat lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi karena transportasi umum tidak memadai atau kurang baik. Bertambahnya jumlah kendaraan pribadi tidak diimbangi dengan pemenuhan kapasitas jalan.

      Kedua, kemacetan disebabkan oleh pengguna jalan yang tidak tertib. Pengendara seringkali tidak mematuhi aturan lalu lintas seperti berjalan lambat di lajur kanan atau memarkir kendaraan sembarangan. Pejalan kaki pun kadang menyeberang jalan sembarangan sehingga pengemudi memperlambat kendaraan dan mengakibatkan kemacetan.

      Peristiwa yang terjadi di jalan raya juga dapat mengakibatkan kemacetan. Kejadian seperti kecelakaan, banjir, jalan longsor, tawuran antarpelajar, atau adanya perbaikan jalan, membuat pengemudi kendaraan memperlambat lajunya.

      Pasar tumpah juga dapat menyebabkan kemacetan. Tempat belanja kelebihan penjual dan barang dagang dapat memakan badan jalan sehingga memicu antrean kendaraan yang akan melewati area tersebut.

     

    • Interpretasi

      Kemacetan sebenarnya dapat dihindari jika masyarakat lebih tertib berlalu lintas dan memilih untuk menggunakan angkutan umum daripada kendaraan pribadi. Pemerintah pun sebaiknya mengatur lalu lintas dan membatasi jumlah kendaraan pribadi yang melaju.

Mempelajari Berbagai Jenis Teks dengan Berlangganan Paket IndiHome (Dengan Akses Netflix)

Dari penjelasan di atas, pasti kamu sudah paham kan apa yang dimaksud dengan hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi? Kausalitas atau sebab akibat dalam teks eksplanasi akan memperjelas mengapa suatu peristiwa atau fenomena dapat terjadi dan apa penyebabnya. 

Selain teks eksplanasi, kamu pun perlu mempelajari beragam jenis teks lainnya. Terlebih lagi jika kamu tertarik dengan dunia tulis menulis, sastra, komunikasi, dan perfilman. Tentunya akan semakin seru jika kamu mempelajari hal-hal tersebut melalui berbagai konten edukatif sekaligus menghibur.

IndiHome siap mendukung aktivitas kamu melalui Paket IndiHome (Dengan Akses Netflix) yang menghadirkan internet cepat hingga 100 Mbps serta bonus melimpah. Selain itu, kamu juga bisa menyaksikan seluruh film, serial, dan lainnya dari Netflix melalui layar IndiHome TV* serta perangkat lain seperti laptop, tablet, atau smartphone.

Berlangganan Paket IndiHome (Dengan Akses Netflix) akan semakin seru karena kamu juga bisa mendapatkan benefit lain berupa bebas akses tayangan berkualitas di Netflix, layanan streaming lainnya serta 100+ channel TV favorit, dan bonus nelpon lokal/interlokal hingga 100 menit. Kamu juga bisa mendapatkan ekstra bonus streaming sebesar 50 GB.

Keseruan ini bisa kamu nikmati dengan biaya berlangganan mulai dari Rp400ribu-an per bulannya.  Selain itu, kamu juga tidak perlu repot lagi bayar tagihan IndiHome dan Netflix secara terpisah, karena semuanya ada di dalam satu tagihan. Yuk, langganan Paket IndiHome (dengan Akses Netflix) sekarang juga!

*Sementara tersedia di STB tertentu