Indonesia Bangga! Sepak Terjang Pelajar Indonesia di Ajang Olimpiade Sains Internasional | IndiHome
29 JAN 2021        BLOG

Indonesia Bangga! Sepak Terjang Pelajar Indonesia di Ajang Olimpiade Sains Internasional

Sebagai bangsa Indonesia, kita sudah seharusnya percaya diri terhadap kemampuan anak bangsa di percaturan internasional. Nyatanya, ada banyak catatan prestasi yang berhasil diukir oleh para pelajar Indonesia di ajang olimpiade sains internasional

Baru-baru ini, Indonesia kembali dibuat bangga berkat keberhasilan delapan orang pelajar Indonesia yang berhasil membawa pulang medali olimpiade sains yang diselenggarakan di Kazakhstan. Selain olimpiade sains Kazakhstan, sebenarnya ada banyak sepak terjang anak bangsa di percaturan internasional.

 

Keberhasilan Pelajar Indonesia Meraih Skor Sempurna di Olimpiade Sains Kazakhstan

Kualitas para pelajar Indonesia memang tidak kalah dibandingkan para pelajar internasional. Di awal tahun 2021 ini, Indonesia kembali dibuat bangga dengan keberhasilan delapan orang pelajar yang mendapatkan skor sempurna di ajang Olimpiade Sains International Zhautykov Olympiad (IzhO) ke-17.

International Zhautykov Olympiad (IzhO) ke-17 sendiri diadakan pada tanggal 7 sampai 13 Januari 2021 di Kota Almaty, Kazakhstan. Dalam ajang tersebut, perwakilan Indonesia dipimpin oleh Hendra Kwee, Ph.D, Surya Wijaya, M.Sc, Drs. Rudy Susanto, Zainul Abidin, Ph.D dan Ajat Adriansyah, S.Si. 

Delapan orang pelajar Indonesia yang berhasil meraih 3 medali emas, 3 medali perak dan 2 medali perunggu pada ajang IzhO ke-17 adalah:

  1. Stance Avrillium Widjaja berhasil meraih Medali Emas di bidang Matematika dengan skor sempurna (dari SMA IPEKA Plus BSD)
  2. Peter Addison Sadhani berhasil meraih Medali Emas di bidang Fisika (dari SMA Santo Aloysius Bandung)
  3. Elbert Benedict berhasil meraih Medali Emas di bidang Matematika (dari SMA Kristen Penabur Gading Serpong)
  4. Andrew Janong berhasil meraih Medali Perak di bidang Matematika (dari SMA Kristen 5 Penabur Jakarta)
  5. Fernando Nathaniel Sutanto meraih Medali Perak di bidang Komputer (dari SMA Santa Maria 1 Cirebon)
  6. Gabriela Erin Mariangel meraih Medali Perak di bidang Matematika (dari SMA Kristen 1 Penabur Jakarta)
  7. Edgar Sulaeman meraih Medali Perunggu di bidang Matematika (dari SMA Kristen Penabur Cirebon)
  8. Edbert Halim meraih Medali Perunggu di bidang Komputer (dari SMA Santa Maria 1 Cirebon)

Sebanyak 421 pelajar dari seluruh dunia mengikuti olimpiade IzhO di bidang Matematika, sebanyak 290 peserta mengikuti olimpiade bidang Fisika dan sebanyak 295 peserta mengikuti olimpiade bidang Ilmu Komputer. 

Olimpiade ini diikuti peserta berbagai negara seperti Denmark, India, Indonesia, Iran, Turkmenistan, Ukraina, Bulgaria, Azerbaijan, Armenia, Georgia, Tajikistan, Serbia, Rusia, Mongolia, Uzbekistan, Kyrgyzstan dan Kazakhstan.  

 

Sepak Terjang Pelajar Indonesia di Olimpiade Sains Internasional

Selain menorehkan prestasi membanggakan di ajang olimpiade sains Kazakhstan, para anak bangsa negeri ini sebenarnya sudah berkali-kali meraih prestasi di ajang olimpiade lainnya seperti berikut:

  1. International Junior Science Olympiad 2019

    Pada tahun sebelumnya, Indonesia kembali dibuat bangga dengan keberhasilan salah satu anak bangsa menjuarai International Junior Science Olympiad 2019 yang diselenggarakan di Doha, Qatar. Olimpiade sains tingkat internasional ini diselenggarakan pada tanggal 3 sampai 12 Desember 2019.

    Ada sekurang-kurangnya 400 pelajar dari 72 negara seluruh dunia ikut berpartisipasi dalam ajang olimpiade sains ini seperti China, Australia, Jerman, Thailand, Amerika Serikat, Malaysia, India, Belanda dan lainnya.

    Pada ajang internasional ini, salah satu siswa asal Indonesia Muhammad Adyan Dafi yang akrab disapa Dafi, berhasil membawa pulang medali perak. Diakui oleh Dafi, bahwa ada banyak saingan yang cukup berat baginya di ajang ini terutama mereka yang berasal dari India dan China.

    Di ajang ini, Indonesia berhasil memperoleh total 5 medali perak lainnya serta 1 medali perunggu

    1. Muhammad Adyan Dafi dari Islamic Boarding School SMP Cahaya Rancamaya, Bogor.
    2. Christopher Ivan dari SMP Kristen Penabur Gading Serpong
    3. Jonathan Tjandra dari SMP Kristen Calvin
    4. Berwyn dari SMP Kristen 6 Penabur
    5. Rafif Dista dari SMP Al Kautsar 
    6. Michael Evan dari SMP IPEKA Puri
    7. International Mathematical Olympiad 


    Pada tahun 2018, tim olimpiade matematika dari Indonesia juga kembali mengharumkan nama bangsa dalam ajang Olimpiade Matematika Internasional ke 59 yang diselenggarakan di Kota Cluj – Napoca, Rumania.

    Olimpiade yang diselenggarakan pada tanggal 4 sampai 14 Juli ini berhasil menghantarkan anak bangsa meraih 6 medali dengan 1 medali emas serta 5 medali perak. Berikut para peserta Indonesia yang berhasil meraih medali:

    1. Gian Cordana Sanjaya dari SMA Kristen Petra 1 Surabaya) peraih medali emas
    2. Valentino Dante dari SMA Kristen 2 Petra Surabaya peraih medali perak
    3. Farras Mohammad Hibban Faddila SMA Kharisma Bangsa
    4. Kinantan Arya Bagaspati dari SMA Taruna Nusantara
    5. Al!an Edgar Tjandra dari SMA Kharisma Bangsa)
    6. Otto Alexander Sutianto dari SMA Kristen Penabur Gading Serpong


  2. International Biology Olympiad (IBO)

    Di tahun yang sama, kontingen Indonesia juga kembali berhasil mencatatkan medali juara pada ajang Olimpiade Biologi Internasional ke 29 yang diadakan di Kota Teheran, Iran. Keempat pelajar asal Indonesia berhasil meraih medali perak pada ajang ini.

    Tercatat setidaknya 265 peserta yang berasal dari 78 negara seluruh dunia mengikuti ajang ini. Ajang kompetisi biologi ini tidak hanya meliputi tes teori namun juga praktikum. Empat siswa berprestasi asal Indonesia adalah:

    1. Syailendra Karuna Sugito dari SMA Semesta BBS Semarang
    2. Silingga Metta Jauhari dari SMAN 8 DKI Jakarta
    3. Samuel Kevin Pasaribu dari SMA Unggul Del Sumatera Utara 
    4. Aditya David Wirawan dari SMAK 1 Petra Surabaya

    Masih banyak prestasi bergengsi lainnya yang berhasil diraih oleh pelajar Indonesia. Berpikir cerdas, kreatif dan kerja kerasa tentu menjadi kunci utama keberhasilan.

Belajar Lebih Mudah dan Lengkap Bersama IndiHome Study

Tren belajar online sekarang sedang mengalami peningkatan yang cukup pesat apalagi di tengah pembatasan sosial hari ini. Namun, belajar sendiri dari rumah tidaklah sesulit yang kamu pikirkan apabila kamu berlangganan layanan IndiHome Study. 

Dengan layanan IndiHome Study, para pelajar di Indonesia dapat mengakses puluhan materi, video pembelajaran dan soal-soal untuk menghadapi Ujian Sekolah dan Ujian Nasional. Materi pembelajaran yang disediakan dapat diakses baik oleh siswa SD, SMP, SMA sederajat di semua jurusan.

Materi pembelajaran dan soal yang disediakan mengikuti kurikulum terkini dengan pembahasan yang lengkap dan mudah dipahami. Kamu yang bercita-cita mengikuti olimpiade sains internasional juga bisa memperkaya materi dengan mengakses berbagai sumber pembelajaran yang disediakan IndiHome Study.

Kamu bisa memilih salah satu di antara empat paket IndiHome Study berikut ini:

  1. Paket 1 Bulan sebesar Rp30 ribu
  2. Paket 3 Bulan sebesar Rp70 ribu
  3. Paket 6 Bulan sebesar Rp130 ribu
  4. Paket 1 Tahun sebesar Rp240 ribu

Dengan merogoh kocek mulai dari Rp 30 ribu saja, kamu sudah bisa menikmati berbagai materi dan contoh soal untuk membantumu menghadapi ujian. Untuk berlangganan layanan IndiHome Study bisa dilakukan baik melalui web dan aplikasi. Lakukan login dan pembayaran kemudian nikmati berbagai kemudahannya.