Pada awalnya, mungkin orang-orang menganggap rapat kerja virtual tidak mungkin
dilakukan. Tapi, mau tidak mau, demi memutus mata rantai Covid-19, semua
sektor bisnis dianjurkan untuk melakukan rapat virtual sementara ini.
Mengingat tidak dilakukannya kontak fisik melalui rapat virtual, maka cara ini
dianggap paling efektif menekan persebaran virus Covid-19 di lingkungan
perkantoran.
Rapat yang biasanya dilakukan secara tatap muka, kini harus dilaksanakan
secara online melalui bantuan aplikasi rapat virtual seperti Google Meet atau
Zoom. Jika pada awalnya orang-orang masih merasa asing dengan aplikasi
tersebut, kini mereka mulai terbiasa dan nyaman menggunakannya.
Tak hanya digunakan untuk rapat bisnis saja, namun Google Meet dan Zoom juga
kerap digunakan untuk pembelajaran online, rapat organisasi, seminar,
workshop, dan kebutuhan lainnya. Salah satu kendala dalam melakukan rapat
kerja virtual adalah keadaan yang tidak kondusif dan produktif di antara para
peserta rapat.
Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa melakukan tips-tips di bawah ini.
Tips Menciptakan Rapat Kerja Virtual Agar Kondusif
-
Menyusun Agenda RapatSebelum memulai rapat virtual, akan
lebih baik jika pimpinan rapat menyusun agenda terlebih dulu. Tidak hanya
menyusun agenda berupa kapan akan diselenggarakannya rapat, namun pemimpin
rapat sebaiknya menyusun poin apa saja yang akan disampaikan dan
didiskusikan bersama peserta rapat lainnya.
Adanya agenda yang
terarah, tidak hanya membuat rapat virtual menjadi kondusif, namun juga
tidak akan mengulur banyak waktu karena pembahasan nantinya akan lebih
singkat dan langsung ke intinya. Agar lebih kondusif lagi, sebelum memulai
rapat, pimpinan juga bisa memberi tahu para peserta mengenai poin-poin yang
akan disampaikan saat rapat. Dengan begitu, nantinya mereka tidak akan
kebingungan ketika sesi diskusi diadakan, karena sudah menyiapkan ide-ide
sebelum rapat dimulai.
-
Tentukan Moderator RapatBaik rapat secara tatap muka
atau virtual, peran moderator akan sangat dibutuhkan sekali. Moderator
bertugas memegang kendali sehingga rapat menjadi lebih tertib dan teratur.
Moderator juga bertugas untuk mengontrol pembahasan agar tidak keluar dari
topik yang sedang didiskusikan.
Mengingat rapat virtual
memungkinkan adanya miskomunikasi yang tinggi, maka di sini moderator akan
sangat berperan penting dalam berlangsungnya diskusi. Dengan adanya
moderator, ia dapat mengatur suatu rapat agar tidak ada yang berebut saat
berbicara.
-
Mengatur WaktuAgar rapat tak menghabiskan waktu yang
terlalu lama, juga tidak terlalu sebentar, sebaiknya aturlah waktu rapat.
Maksudnya disini adalah mengatur tiap segmen-segmen dalam rapat. Misalnya,
20 menit pembahasan, dan 10 menit digunakan untuk sesi diskusi dan
pertanyaan.
Tapi ingat, dengan dibatasinya waktu pada
segmen-segmen rapat, jangan sampai membuat rapat terasa ‘tergesa-gesa’.
Dengan adanya pembagian waktu ini, diharapkan pemateri bisa menyiapkan
bahasan yang singkat, padat, dan jelas sesuai dengan durasi.
-
Peralatan Rapat yang MemadaiKomputer, laptop, atau
gadget menjadi peralatan penting dalam melaksanakan rapat. Tapi sebenarnya,
agar lebih produktif lagi, siapkan juga alat tulis minimal pulpen dan buku
catatan.
Selain itu, para peserta juga harus sudah memastikan
komputer atau gadget dalam keadaan baik sehingga tidak akan terjadi error
saat rapat berlangsung. Satu hal yang terkadang dilupakan, adalah audio dan
mikrofon saat rapat. Gunakanlah headphone, headset, atau sejenisnya untuk
meminimalisir adanya gangguan audio. Pastikan juga mikrofon yang digunakan
berfungsi dengan baik.
Zoom atau Google Meet mempunyai fitur
‘microphone test’ dan ‘audio test’. Anda bisa memanfaatkan fitur tersebut
untuk mengecek apakah audio dan mikrofon berfungsi dengan baik. Untuk
berjaga-jaga, sebaiknya upayakan peralatan rapat sudah disiapkan setidaknya
15 menit sebelum rapat virtual berlangsung, ya.
-
Siapkan Koneksi Internet yang LancarSelain menyiapkan
komputer, laptop, atau gadget saat rapat virtual, satu hal yang tak kalah
penting adalah koneksi internet. Rapat virtual tanpa koneksi internet tidak
akan berjalan lancar. Koneksi internet yang tidak baik, sering terputus,
atau terdapat kendala error lainnya juga bisa membuat rapat menjadi tak
kondusif.
Maka dari itu, pastikan koneksi internet Anda dan
peserta rapat lainnya tidak bermasalah. Untuk memastikan koneksi internet
tetap lancar, Anda juga bisa berlangganan paket 3P dan 2P dari IndiHome. Ada
pun penjelasan mengenai paketnya sebagai berikut:
-
Paket 3P (Internet + TV + Phone)Anda bisa memilih kecepatan
internet mulai dari 20 Mbps, 50 Mbps, 100 Mbps, 200 Mbps, hingga 300
Mbps. Untuk biayanya sendiri mulai dari Rp375.000 sampai Rp2.655.000 per
bulan bergantung pada kecepatan internet mana yang Anda pilih.
Menariknya lagi, Anda sudah bisa mengakses 109 channel premium melalui
layanan IndiHome TV, bebas akses UseeTV GO, dan gratis 300 menit
panggilan telepon lokal dan interlokal.
-
Paket 2P (Internet + Phone) atau (Internet + TV)Jika di paket
3P Anda bisa mendapat layanan internet, TV, dan telepon, namun di paket
2P ini Anda hanya bisa memilih dua saja, yaitu internet dan telepon atau
internet dan TV. Sama seperti paket 3P, Anda juga dapat memilih
kecepatan internet dari 20 Mbps sampai 100 Mbps dengan harga mulai dari
Rp315.000 sampai Rp915.000 per bulannya.
Dengan menggunakan
IndiHome paket 2P ataupun 3P, Anda bisa memilih layanan internet sesuai
dengan kecepatan yang dibutuhkan. Untuk kebutuhan rapat virtual saja,
Anda bisa menggunakan paket dengan kecepatan 20 Mbps. Namun jika dirasa
kurang cepat karena kebutuhan internet Anda sangat banyak, bisa
menggunakan yang 50 Mbps sampai 200 Mbps.
-
Gunakan Custom BackgroundJika suatu rapat mengharuskan
Anda untuk bertatap muka melalui webcam komputer atau laptop, sebaiknya
gunakan background rapat berupa gambar solid. Ternyata hal ini bisa sangat
mempengaruhi tingkat kondusif rapatnya sendiri, apalagi jika kebetulan Anda
sedang berada di rumah di mana ada banyak anak kecil di sekeliling atau
banyak perabot dengan gambar motif atau pola tertentu.
Melakukan
rapat dengan menggunakan background warna solid saja, itu bisa meningkatkan
konsentrasi peserta rapat yang lain, lho. Hal inilah yang membuat banyak
para moderator yang menyiapkan custom background saat rapat berlangsung
untuk digunakan para peserta rapat.
Kiat-kiat atau tips di atas mengenai rapat kerja virtual agar lebih kondusif
bisa Anda praktekkan dengan rekan kerja. Dibutuhkan kerja sama antar peserta
rapat untuk mewujudkan rapat yang produktif dan kondusif tersebut. Yang paling
penting dalam rapat virtual adalah media berupa laptop, komputer, atau HP.
Selain itu, internet juga hal yang penting, karena jika koneksi internet
terganggu, rapat tidak akan berjalan dengan baik, akan terjadi miskomunikasi,
bahkan bisa menyebabkan batalnya rapat jika koneksi benar-benar tak ada.