7 Permainan Mengasah Otak yang Harus Dicoba | IndiHome by Telkomsel
9 JUL 2024        BLOG

7 Permainan Mengasah Otak yang Harus Dicoba

Bermain game memang menjadi aktivitas yang disukai banyak orang. Namun, tidak semua game hanya sebatas hiburan saja. Banyak permainan yang bisa mengasah kemampuan kognitif seseorang seperti permainan mengasah otak.

Game tersebut dirancang untuk merangsang berbagai fungsi mental, meningkatkan konsentrasi, dan kemampuan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

Lantas, apa saja permainan asah otak yang seru sekaligus menjaga kognitif kamu tetap aktif? Yuk simak rekomendasinya di bawah ini!

Manfaat Bermain Game Mengasah Otak

Tetapi sebelum itu, kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa saja manfaat dari bermain permainan mengasah otak. Antara lain:

  • Meningkatkan Konsentrasi

Permainan mengasah otak membutuhkan fokus yang tajam dan perhatian terhadap detail. Sebagai contoh menyusun potongan puzzle atau menyelesaikan teka-teki silang memerlukan konsentrasi tinggi untuk mencari solusi.

  • Mengurangi Stres

Dengan bermain game, kamu bisa menemukan pelarian yang menyenangkan dari rutinitas harian dan memberikan kesempatan untuk relaksasi sambil tetap mengasah otak.

  • Meningkatkan Memori

Bermain permainan yang melibatkan penalaran dan ingatan seperti Scrabble atau Sudoku bisa membantu memperkuat memori jangka pendek dan jangka panjang kamu.

  • Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah

Permainan mengasah otak melibatkan pemecahan masalah yang kompleks sehingga melatih pemain untuk berpikir kritis dan strategis. Di sini kamu bisa belajar merumuskan strategi, meramalkan hasil, dan menyesuaikan rencana sesuai dengan situasi.

Rekomendasi Permainan Mengasah Otak

Agar otak tetap aktif, berikut ini daftar permainan asah otak yang sebaiknya kamu coba:

  • Scrabble

Scrabble adalah permainan papan klasik yang menantang pemain untuk membentuk kata dari huruf acak. Selain menyenangkan, Scrabble membantu meningkatkan kosakata dan ejaan.

Menurut riset National Library of Medicine, orang yang memainkan Scrabble cenderung lebih menggunakan bagian otak yang berkaitan dengan memori kerja dan persepsi visual.  

  • Catur 

Catur merupakan permainan mengasah otak yang paling populer dan sering dikenal sebagai game-nya orang pintar. Pasalnya permainan tersebut membutuhkan kecermatan serta strategi yang tepat untuk menjadi pemenang.

Catur bisa mengembangkan kemampuan analisis, pemecahan masalah, dan perencanaan strategi. Bermain catur secara teratur juga mampu meningkatkan kemampuan konsentrasi dan memori.

  • Jigsaw Puzzle 

Permainan mengasah otak selanjutnya adalah Jigsaw Puzzle. Ini merupakan game menyusun potongan-potongan gambar kecil untuk membentuk gambar yang utuh. Dari permainan ini, kamu bisa melatih otak untuk mengenali pola, memperhatikan detail, dan memecahkan masalah.

Tak hanya itu, setiap kali kamu berhasil menempatkan potongan puzzle ke slot yang benar, tubuh akan memproduksi hormon dopamine lebih tinggi sehingga kamu akan merasakan emosi positif seperti kesenangan dan kepuasan.

  • Teka-teki Silang

Teka-teki Silang alias TTS adalah permainan yang menguji pengetahuan umum dan keterampilan bahasa. Di sini kamu harus mengisi kotak dengan huruf-huruf yang membentuk suatu kata sesuai dengan petunjuk yang diberikan.

Game satu ini bisa meningkatkan kemampuan linguistik serta daya ingat. Memecahkan teka-teki silang secara teratur juga akan membantu meningkatkan kosakata dan pemahaman bahasa.

  • Sudoku 

Sudoku adalah permainan mengasah otak klasik yang berasal dari Jepang. Kamu harus mengisi kotak 9x9 dengan angka 1-9 tanpa pengulangan dalam baris, kolom, atau kotak kecil 3x3.

Game tersebut bisa meningkatkan keterampilan logika, analisis, pemecahan masalah, merangsang otak untuk berpikir secara sistematis, dan memperhatikan pola.

  • Tetris 

Tetris merupakan permainan yang sudah ada sejak 30 tahun lalu. Pada awalnya, game ini dibuat hanya untuk mengukur performa komputer saja dan menjadi populer karena memberikan hiburan ketika sedang melakukan pengujian perangkat.

Kamu harus memutar dan menempatkan blok-blok yang jatuh dari atas agar membentuk baris lengkap tanpa celah. Jika balok sudah mencapai batas atas, maka pemain dikatakan kalah.

Tetris dapat meningkatkan koordinasi mata dan tangan, kemampuan spasial, serta pemikiran cepat. Kecepatan permainan yang semakin meningkat juga mengasah kemampuan kamu untuk berpikir dan bertindak dengan cepat.

  • Brain Out 

Dalam permainan ini kamu akan disuguhi teka-teki yang beragam dengan konsep out of the box. Untuk melewati stage selanjutnya, maka pemain harus memecahkan permasalahan yang ada dalam game tersebut.

Semakin tinggi level yang berhasil dilewati, semakin sulit pula teka-teki yang harus dipecahkan. Permainan mengasah otak satu ini bisa melatih pemain untuk melihat masalah dari berbagai sudut pandang dan menemukan solusi inovatif.

Main Permainan Mengasah Otak di Jaringan Internet Cepat dari IndiHome by Telkomsel

Permainan mengasah otak di atas tidak hanya menghadirkan keseruan, tetapi juga bermanfaat untuk mempertajam kemampuan kognitif kamu. Tak hanya itu, kebanyakan permainan juga disajikan dengan gameplay sederhana dan mudah diikuti.

Selain  rekomendasi di atas, ada banyak game asah otak lain yang tak kalah serunya lho! Yuk temukan game seru lainnya bareng jaringan internet anti-lelet dari IndiHome by Telkomsel! 

IndiHome by Telkomsel hadir dengan beragam pilihan paket internet terbaik untuk mendukung berbagai aktivitas online kamu, termasuk main game. Bahkan buat para gamer, ada paket internet unlimited khusus biar kamu bisa seru-seruan main game populer di jaringan internet yang lebih stabil.

Ditambah lagi ada beragam benefit yang bisa kamu dapatkan, mulai dari exclusive items, free gifts, sampai bebas akses ratusan cloud gaming berlisensi. 

Yuk berlangganan paket internet dari IndiHome by Telkomsel sekarang juga buat kamu yang ingin internetan cepat, berkelas, dan cerdas untuk aktivitas tanpa batas!