Saatnya Coba Streaming TV Online Gratis, Ini Caranya! | IndiHome by Telkomsel
7 JUL 2024        BLOG

Saatnya Coba Streaming TV Online Gratis, Ini Caranya!

Menonton siaran TV masih menjadi hiburan yang diminati masyarakat. Namun, sejak pemerintah menghapuskan siaran TV analog, tren menonton siaran TV beralih ke dalam platform digital. Bahkan, kini hanya dengan gawai masih bisa menonton siaran TV melalui streaming TV online.

Menonton streaming TV menggunakan gawai yang lebih kecil seperti smartphone, tablet atau laptop memang lebih praktis. Kamu bisa melakukannya kapan saja dan di mana saja, tidak harus duduk di depan TV di rumah.

Dan, dengan cara streaming TV, kamu juga bisa mengatur waktu tontonan sesuai preferensi mu sehingga pekerjaan atau hal-hal lainnya masih dapat dilakukan.

Pengertian TV Digital

TV digital atau sering disingkat DTV adalah siaran televisi yang menggunakan modulasi sinyal digital dan sistem kompresi yang akan menghasilkan kualitas gambar lebih bersih dan suara lebih jernih. Modulasi sinyal digital itu berbentuk bit data layaknya komputer. Kehadiran TV digital merupakan perkembangan paling signifikan sejak kemunculan televisi pada tahun 1950-an.

Siaran TV digital sudah terelakkan lagi keberadaannya di Indonesia. Sistem penyiaran digital merupakan perkembangan yang sangat pesat di dalam dunia penyiaran di mana ada peningkatan kapasitas layanan melalui efisiensi pemanfaatan frekuensi radio.

Penyiaran TV digital terestrial adalah penyiaran yang menggunakan frekuensi radio VHF/UHF. Prinsipnya sama dengan TV analog, hanya saja memakai format konten yang digital. Dengan sistem digital, penerimaan gambar dan suara akan lebih baik dibandingkan siaran analog.

Untuk menangkap siaran TV digital, jika perangkat belum memiliki fitur smart, harus menambahkan alat bantu penerima siaran digital. Tapi, tenang saja, saat ini untuk menikmati siaran TV bisa melalui gawai seperti ponsel, laptop, tablet atau yang disebut streaming TV online

Cara Praktis Streaming TV Online

Sebelum mengulas cara praktis streaming TV online, kita bahas dulu apa itu streaming

Streaming TV melibatkan pemanfaatan internet untuk mengakses siaran televisi. Streaming TV bisa ditonton secara realtime atau sesukanya tanpa menggunakan antena. Semua perangkat yang terhubung ke internet dapat memanfaatkan streaming TV, termasuk ponsel, smart TV, komputer dan tablet.

Untuk dapat mengakses layanan streaming TV,  termasuk live streaming TV, kamu harus menggunakan aplikasi, salah satunya IndiHome TV.  Melalui aplikasi ini, kamu dapat menyaksikan berbagai program TV yang dilengkapi fitur-fitur terkini. 

Aplikasi IndiHome TV merupakan sebuah aplikasi untuk menonton siaran TV secara online yang menghadirkan konten menarik seperti film, video dan live streaming event secara mobile tanpa adanya biaya tambahan alias gratis. Aplikasi ini bisa diakses melalui smart TV, tablet atau laptop.

Aplikasi ini juga dilengkapi fitur-fitur canggih yang akan membuat semakin nyaman saat menggunakannya, yaitu:

  1. TV On Demand

    Fitur ini memungkinkan untuk menonton tayangan ulang secara live TV dengan jarak 7 hari ke belakang. Dengan fitur ini, tidak perlu khawatir akan ketinggalan acara TV favorit karena kesibukan sehari-hari. 

    Cara menggunakan fitur TV On Demand (TVOD) di aplikasi:

    • Masuk ke menu Live TV
    • Cari channel TV yang diinginkan
    • Pilih acara TV yang sebelumnya telah tayang dari channel tersebut
    • Klik tombol Play pada tayangan tersebut

  2. Playback (Pause, Rewind and Forward)

    Fitur Playback (Pause, Rewind and Forward) ini untuk menghentikan sejenak acara TV yang sedang ditonton atau diulang kembali jika ada sesi yang terlewat. Jika mau menonton acara favorit, gunakan fitur Playback agar bisa menonton kembali tayangan yang sudah terlewat hingga 7 hari ke belakang.

    Cara menggunakannya:

    • Klik layar saat tayangan berlangsung hingga muncul tombol Pause (II) untuk menghentikan sementara tayangan program TV
    • Untuk Rewind, geser mundur alur tayangan yang berlangsung
    • Saat menonton tayangan sebelumnya, bisa melakukan Fast Forward dengan menggeser maju alur tayangan yang sedang ditonton.  

  3. Video On Demand

    Selain TVOD, ada juga fitur Video On Demand (VOD) yang hadir di aplikasi IndiHome TV agar bisa memilih sendiri program video yang ingin ditonton. 

    Cara menggunakannya:

    • Pada tampilan awal, klik menu Videos dan pilih Free Video.
    • Cari video yang diinginkan, kemudian pilih OK.
    • Klik Play untuk memutar video pilihan.

Cara Menonton IndiHome TV

Di IndiHome TV, kamu bisa nonton sebanyak 160 saluran pilihan dengan 40 channel lokal dan sisanya channel internasional. Semua saluran tersebut bisa dinikmati dengan dua cara:

  1. Cara menonton TV dari IndiHome TV melalui browser
    • Masuk ke alamat indihometv.com.
    • Kamu tidak perlu login akun atau registrasi karena bisa langsung klik stasiun TV yang ingin ditonton.
    • Siaran TV yang sudah dipilih langsung bisa dinikmati.

  2. Cara menonton TV dari IndiHome TV di ponsel
    • Unduh aplikasi IndiHome TV  melalui Play Store (Android) atau App Store (iOS).
    • Kamu bisa langsung mencari tayangan yang diinginkan seperti Live TV, Movie, Video atau Event
    • Ada juga tayangan olahraga, berita, dan acara khusus untuk anak-anak.

Jadi, tunggu apa lagi? Saatnya rasakan kemudahan berinternet dengan membeli paket IndiHome yang beragam sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga.