Ternyata Begini Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri dengan Lingkungannya! | IndiHome
17 NOV 2022        BLOG

Ternyata Begini Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri dengan Lingkungannya!

Untuk bertahan hidup, tumbuhan perlu menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Tak hanya itu, proses adaptasi tumbuhan sangatlah penting guna memperoleh makanan sekaligus menghindari serangan makhluk lain yang dapat mengancam kelangsungan hidup mereka.

Cara tumbuhan menyesuaikan diri pun berbeda-beda, tergantung dari empat proses berikut:

  • Anatomi, yaitu penyesuaian diri dengan mengubah struktur fisik
  • Morfologi, yaitu penyesuaian diri dengan mengubah perilaku sesuai makhluk hidup di sekitarnya
  • Fisiologi, yaitu penyesuaian diri berdasarkan fungsi organ makhluk hidup
  • Perilaku, yaitu penyesuaian diri melalui perilaku makhluk hidup tertentu di sekitarnya

Selain empat proses di atas, cara tumbuhan menyesuaikan diri dapat dilihat berdasarkan tipe lingkungannya. Untuk lebih jelasnya lagi, yuk simak penjelasan di bawah ini!


Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri Beserta Contohnya

Setiap jenis tumbuhan menyesuaikan diri dengan cara yang berbeda-beda. Berikut ini cara tumbuhan beradaptasi berdasarkan tipe lingkungannya:

 

  • Air

    Tumbuhan yang hidup dalam air disebut hidrofil. Ciri tumbuhan yang beradaptasi dalam air adalah:

    • Terdapat batang berpori seperti spons
    • Adanya daun lebar dan tipis untuk membantu proses penguapan
    • Memiliki tekstur batang yang lentur dan lunak untuk menyesuaikan dengan aliran air

    Contoh tumbuhan yang beradaptasi dalam air adalah teratai. Umumnya, teratai tumbuh subur di kolam, rawa, atau danau. Teratai memiliki daun yang tipis dan lebar sehingga mempermudah proses penguapan air. Tumbuhan ini juga memiliki batang rongga sebagai alat bernapas sementara akar dan batangnya berada di dalam air.

 

 

 

  • Habitat Air Asin

    Sebenarnya air asin bukanlah habitat ideal bagi tumbuhan, tetapi ada juga jenis tumbuhan yang bisa tumbuh di lingkungan ini dengan cara menyaring garam dengan air menggunakan akar. Setelah disaring, garam akan dikeluarkan melalui permukaan batang dan daun.

    Akar tumbuhan yang hidup di air asin terendam dalam lumpur, akibatnya oksigen yang ditangkap pun sangatlah minim. Namun, jenis tumbuhan tersebut memiliki akar napas yang berfungsi menangkap udara kemudian menyalurkannya pada akar yang terendam.

    Contoh tumbuhan yang hidup di air asin adalah bakau. Tanaman ini biasa hidup di pesisir laut dengan kadar garam tinggi. Tanaman bakau mampu menyaring garam dalam air laut lalu dikeluarkan melalui batang.

 

 

 

  • Daerah Bersalju

    Hibernasi merupakan cara tumbuhan menyesuaikan diri di tempat bersalju. Sedangkan proses fotosintesis akan dimulai pasca hibernasi atau ketika musim panas. Hasil fotosintesis itu akan disimpan sebagai cadangan energi, khususnya untuk hibernasi di musim salju.

    Tumbuhan yang dapat bertahan di area bersalju adalah pohon cemara. Pohon ini bisa hidup sepanjang tahun, terlebih ketika cuaca sangat dingin dan bersalju. Cara tumbuhan ini menyesuaikan diri adalah dengan mengandalkan daunnya yang runcing. Daun tersebut berfungsi untuk mengurangi penguapan.

 

 

 

  • Padang Pasir atau Gurun

    Ciri khas lingkungan ini adalah kurang air, panas, dan kering. Meski begitu, beberapa jenis tumbuhan tertentu dapat hidup dengan baik di sana. Ciri tumbuhan yang hidup di area gurun atau padang pasir adalah:

    • Terdapat permukaan daun yang sempit atau berduri untuk meminimalisir penguapan di siang hari
    • Memiliki cadangan air yang diserap dalam batang tanaman atau daun
    • Memiliki akar halus panjang untuk menyerap air dengan cepat, terlebih saat hujan turun

    Kaktus merupakan contoh tumbuhan yang mampu bertahan hidup di area kering, panas, dan minim air seperti gurun. Duri yang dimilikinya digunakan untuk menurunkan intensitas penguapan. Selain itu, kaktus juga memiliki daun yang tebal dan dilapisi lilin untuk menyimpan cadangan air. Sedangkan akarnya yang panjang tipis digunakan untuk mencari persediaan air dalam tanah.

 

 

Mengenal Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri dengan Berlangganan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar)

Cara makhluk hidup beradaptasi dengan lingkungannya sangatlah unik, tak terkecuali tumbuhan. Itu sebabnya mempelajari seluk beluk makhluk hidup dan cara mereka bertahan di habitat masing-masing  menjadi hal yang menarik.

Nah, jika kamu tertarik tentang materi ini, banyak konten digital yang bisa kamu akses untuk menambah wawasan kamu. Mulai dari informasi tertulis seperti di atas hingga konten audio-visual yang membuat proses belajar makin menyenangkan.

Pastikan kamu berlangganan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar) yang menghadirkan kecepatan internet hingga 300 Mbps agar kamu bisa menggali wawasan di dunia maya dengan cepat dan mudah. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan benefit lain berupa bebas nonton ribuan tayangan favorit dari ratusan channel TV unggulan, bonus nelpon di jaringan lokal/interlokal hingga 100 menit, serta diskon 50% untuk biaya pemasangan.

Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar) tersedia dalam tiga pilihan, yaitu Paket 2P (Internet + Phone), Paket 2P (Internet + TV), dan Paket 3P (Internet + TV + Phone). Ketiga pilihan paket tersebut hadir dengan beragam kecepatan internet dan benefit yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Yuk, langganan sekarang dan nikmati beragam benefit-nya!