Rekomendasi Internet Provider Berkualitas Solusi Kebutuhan Digital Keluarga | IndiHome
18 MAR 2021        BLOG

Rekomendasi Internet Provider Berkualitas Solusi Kebutuhan Digital Keluarga

Penggunaan internet memang seolah sudah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang. Bahkan bisa dikatakan bahwa nyaris semua kegiatan sehari-hari membutuhkan peran internet. Namun, untuk mendapatkan layanan internet berkualitas, sudah pasti harus memilih internet provider berkualitas pula.

Tidak bisa dipungkiri bahwa kehadiran internet memberikan sumbangsih besar bagi kehidupan manusia, mulai dari mencari informasi, hiburan, belajar, hingga solusi komunikasi paling praktis. 

Jenis-Jenis Internet Provider

Bagi para pengguna setia layanan internet, pasti sudah sangat familiar dengan kuota internet provider, bukan? 

Meskipun begitu, nyatanya tidak sedikit orang yang kurang menyadari bahwa internet yang disebut juga dengan internet service provider (ISP) ini sebenarnya memiliki berbagai macam jenis. Secara umum internet terdiri atas beberapa kategori, di antaranya adalah:

  1. Dial-up Connection
    Internet service provider yang pertama ini merupakan jenis yang paling sering digunakan oleh pemilik bisnis warnet alias warung internet. 

    Jika menggunakan internet jenis ini, pengguna tidak akan dikenakan biaya terus-menerus, karena biaya akan disesuaikan dengan waktu penggunaan saat terhubung ke sambungan internet. Dial-up connection ini menggunakan modem dan juga kabel telepon untuk terhubung jaringan internet, sehingga dapat digunakan untuk berselancar di dunia maya. Nah, akses yang digunakan pada dial-up ini adalah:

    • Personal dial-up
    • Corporate dial-up
    • LAN dial-up ISDN
    • Night server access
  2. Dedicated Connection
    Kalau jenis yang kedua ini, biasanya digunakan oleh perusahaan besar atau perkantoran serta tempat-tempat yang membutuhkan jaringan internet skala besar. 

    Dedicated connection seringkali digunakan oleh perusahaan yang memiliki jumlah karyawan dan komputer dalam jumlah banyak. Karena dengan jenis internet ini, kapasitas jaringan internet juga besar dan lancar. 

  3. Internet Hotspot
    Jenis ketiga ini mungkin sudah sangat familiar di telinga Anda, karena memang sering disebutkan dalam banyak keadaan. Hotspot merupakan layanan internet yang tidak memerlukan kabel dial-up untuk mendapatkan jaringan internet. 

    Biasanya jenis internet ini digunakan oleh para pemilik café, kantin, rumah makan, dan juga digunakan di bandara. Jika Anda ingin membuka usaha yang akan mengundang pelanggan dalam jumlah banyak dan akan lama singgah, maka ISP satu ini adalah pilihan tepatnya.

  4. Internet Wireless
    Selanjutnya ada internet wireless yang merupakan salah satu jenis layanan ISP yang dapat memberikan jaringan internet tanpa menggunakan satu kabel pun. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya telepon ketika menggunakannya. 

    Anda hanya perlu membayar biaya pemakaian internet saja. Tak heran jika banyak yang menyukai layanan ISP satu ini, karena memang lebih praktis dan efisien ketika digunakan. 

  5. Internet Mobile Access
    Nah, yang terakhir dari layanan ISP adalah internet mobile access yang ditujukan kepada para pengguna perangkat mobile alias smartphone.

    Jadi, Anda tidak perlu menggunakan perangkat lainnya untuk dapat mengakses internet, karena hanya dengan perangkat mobile saja sudah bisa. ISP yang sering digunakan pada layanan internet mobile access adalah GSM dan CDMA.

Fungsi Internet Provider

Semua jenis internet pasti memiliki fungsi sesuai dengan tujuannya masing-masing, begitu juga dengan internet service provider ini. ISP memiliki fungsi yang banyak, hal ini pasti sudah kentara ketika Anda membaca aneka jenisnya pada pembahasan sebelumnya. 

Jika tidak ada internet jenis ini, maka kemungkinan besar Anda tidak bisa mengakses jaringan internet semudah sekarang. Berikut beberapa fungsi ISP yang bisa Anda ketahui:

  1. Menghubungkan pengguna layanan internet dengan gateway internet yang jaraknya paling dekat, sehingga jaringan akan lebih mudah diakses pengguna.
  2. Menyediakan perangkat modem untuk kebutuhan dial-up jaringan atau koneksi internet.
  3. Media perantara yang bisa menghubungkan pengguna layanan internet dengan layanan informasi di WWW.
  4. Media pengiriman surat elektronik alias email.
  5. Media yang digunakan oleh pengguna layanan internet untuk berkomunikasi via suara alias telepon. 
  6. Sebagai lokasi homepage untuk penggunanya.
  7. Media yang digunakan untuk mendukung kegiatan unggah maupun unduh data dari internet.
  8. Proteksi dari penyebaran virus, yakni dengan menerapkan sistem antivirus secara otomatis bagi para pengguna. 

Setidaknya ada delapan fungsi yang bisa Anda nikmati dengan menggunakan layanan internet provider ini. Jadi, siapkah Anda menggunakannya sebagai penunjang kebutuhan internet Anda?

Penuhi Kebutuhan Digital Keluarga dengan Paket 3P dari Internet Provider Berkualitas Tinggi IndiHome

Anjuran stay at home memang mau tidak mau membuat sebagian besar orang menjalankan berbagai kegiatannya di dalam rumah. Pada masa seperti ini, tidak bisa dipungkiri bahwa televisi dan internet sangat dibutuhkan sebagai media hiburan untuk mengusir rasa bosan.

Selain sebagai hiburan, Anda juga bisa mengakses beragam informasi yang informatif dan berwawasan edukasi melalui televisi dan internet. Tidak heran kalau selama pandemi semakin banyak orang ketagihan berselancar di internet, baik yang tua maupun muda.

Supaya kegiatan online tetap lancar tanpa hambatan, sudah pasti Anda membutuhkan internet provider yang memiliki layanan berkualitas. Pasalnya, sudah menjadi rahasia umum bahwa koneksi internet dari beberapa provider di Indonesia memang sering bermasalah.

Apabila Anda termasuk salah satu orang yang membutuhkan koneksi internet yang stabil untuk menunjang berbagai kegiatan saat pandemi, seperti work from home, dan memiliki anak-anak yang juga harus melakukan kegiatan belajar secara online, maka dianjurkan untuk berlangganan Paket 3P dari IndiHome.

Paket 3P meliputi layanan internet, TV, dan telepon yang bisa diakses oleh seluruh keluarga. Jadi, Anda tinggal memilih paket sesuai jumlah anggota keluarga dan kecepatan internet yang diinginkan.

Tentunya sangat menarik sekali, bukan? Dengan langganan Paket 3P, Anda berkesempatan menikmati internet di jaringan super cepat hingga 300 Mbps.

Selain itu, bisa menonton ratusan tayangan informatif dan edukatif di ratusan channel televisi lokal dan mancanegara. Benefit lainnya adalah Anda akan langsung mendapatkan gratis nelpon menggunakan telepon rumah selama 300 menit.


Apa Saja Manfaat Berlangganan Paket 3P (Internet+TV+Phone) dari IndiHome?

Kalau Anda masih merasa ragu untuk berlangganan Paket 3P dari IndiHome, yuk kenali terlebih dahulu mengenai manfaat yang bisa didapatkan:

  • Mendukung Aktivitas Bekerja dari Rumah
    Work from home memang bisa membuat frustasi, terlebih saat koneksi internet tidak stabil. Namun, dengan berlangganan Paket 3P Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut lagi. Karena IndiHome didukung teknologi broadband sehingga kecepatan internet lebih optimal.

  • Belajar Online Lebih Menyenangkan
    Anjuran belajar dari rumah bagi para siswa mengharuskan orang tua memiliki kuota internet yang bukan hanya unlimited, namun juga cepat dan stabil. Paket 3P merupakan solusi terbaik study from home, sehingga aktivitas belajar atau menghadiri kelas online tidak terganggu.

  • Sebagai Media Hiburan

    Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, bahwa Paket 3P menawarkan layanan termasuk internet dan televisi interaktif yang dapat dijadikan sebagai media hiburan selama pandemi. Jadi, Anda dan keluarga akan merasa betah meskipun harus berlama-lama di rumah.

    Setelah mengetahui apa saja benefit berlangganan Paket 3P dari internet provider berkualitas tinggi IndiHome, Anda tidak perlu merasa bimbang lagi untuk segera berlangganan Paket 3P untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Apalagi, seluruh keluarga Anda juga bisa merasakan manfaat positifnya.