Intip Cara Agar Video Kamu Bisa FYP di TikTok! | IndiHome by Telkomsel
9 JUL 2024        BLOG

Intip Cara Agar Video Kamu Bisa FYP di TikTok!

TikTok bisa dibilang telah menjadi aplikasi video pendek paling populer saat ini di dunia. TikTok menghadirkan ruang bagi penggunanya untuk membuat video-video kreatif. Maka tak heran para content creator berlomba-lomba menemukan cara FYP di TikTok. 

FYP atau For You Page adalah halaman utama yang muncul ketika kamu pertama kali membuka aplikasi TikTok. FYP menampilkan video-video yang menurut algoritma TikTok akan kamu sukai berdasarkan aktivitasmu sebelumnya di aplikasi tersebut.

Konten atau video yang masuk FYP memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk bisa viral. Video yang viral akan menambah jumlah viewer, pengikut, dan mendulang banyak like. Itu sebabnya banyak content creator yang ingin videonya masuk di FYP. Di sinilah pentingnya mengetahui cara agar TikTok FYP dan banyak like.

Untuk bisa masuk FYP sendiri bukanlah hal yang mudah. Selain faktor luck atau keberuntungan, kamu bisa mencoba sejumlah cara FYP di TikTok.

Cara Kerja Algoritma TikTok

Algoritma TikTok menggunakan sistem open social network. Dengan sistem ini, kamu akan mendapatkan berbagai video rekomendasi dari pengguna lain selama akun tersebut tidak di-private. Dengan memahami cara kerja algoritma TikTok, kamu bisa lebih kreatif melakukan cara agar video TikTok FYP.

Cara kerja algoritma TikTok ada tiga:

  • Interaksi Pengguna dengan Konten

    Algoritma TikTok akan merekomendasikan video berdasarkan interaksi pengguna dengan konten. Misalnya, kamu sering berinteraksi dengan akun atau konten tertentu, maka kamu itu akan sering melihat konten dari akun tersebut.

    Saat video diunggah, algoritma akan membagikannya kepada pengguna dalam kelompok kecil. Kelompok kecil ini dianggap TikTok lebih mungkin berinteraksi dengan konten. 

    Jika salah satu pengguna dalam kelompok kecil itu menyukai atau menonton konten sampai habis, terlebih lagi membagikannya, algoritma akan mendistribusikan ke pengguna lain yang dianggap mempunyai minat yang sama. Proses ini kan terus berulang dan jika mendapatkan respons bagus, maka konten akan masuk di FYP dan menjadi viral.


  • Informasi Video (Caption, Hashtag, dan Audio)

    Algoritma TikTok juga dipengaruhi informasi dari video atau konten, seperti caption, hashtag, dan audio. Usahakan caption tidak terlalu panjang dan mudah dimengerti. Tambahkan juga hashtag yang relevan dan pilihlah audio yang menarik.


  • Pengaturan Akun

    Pada saat pertama kali mendaftarkan akun TikTok, kita diminta untuk memilih topik apa saja yang disukai. Nah, algoritma TikTok membagikan video berdasarkan topik-topik yang dipilih. Jika ada video yang tidak disukai mampir di beranda, kamu bisa mengatur ulang kembali di profile

Cara Agar FYP di TikTok

Berikut sejumlah cara agar video TikTok FYP yang bisa kamu coba.

  • Upload Video di Prime Time

    Waktu mengunggah video sangat menentukan. Waktu terbaik untuk mengunggah video pada umumnya antara siang dan sore hari saat TikTok sedang banyak dibuka pengguna.


  • Buat Hook yang Menarik

    Hook atau pengait adalah elemen pembuka video TikTok yang berfungsi menarik perhatian penonton dalam 3 detik pertama. Diibaratkan memancing, hook adalah umpan yang membuat penonton “terjebak” dan ingin terus melihat video sampai habis. 

    Kenapa 3 detik? Karena rata-rata pengguna TikTok membutuhkan waktu 3 detik untuk memutuskan akan meneruskan melihat sampai akhir atau menggulir ke video berikutnya.  


  • Tulis Caption yang Interaktif

    Cara agar FYP di TikTok selanjutnya adalah membuat caption yang menarik dan relevan dengan isi video. Misalnya, kamu bisa membuat caption berupa pertanyaan sebagai cara agar TikTok masuk FYP. Menulis pertanyaan memperbesar interaksi pada video yang diunggah. Semakin besar interaksi, maka video akan berkesempatan muncul di FYP. 


  • Mengikuti Tren dan Challenge

    Setiap saat tren video di TikTok berubah dan berkembang. Cara agar FYP di TikTok adalah membaca video apa yang sedang digemari pengguna TikTok. 

    Selain itu, hampir setiap hari ada video tantangan unik atau video challenge di TikTok. Ketika tantangan itu viral, kamu bisa ikut melakukannya dan mengunggahnya di akun TikTok-mu. Langkah ini bisa meningkatkan traffic sekaligus followers akunmu. 


  • Pakai Audio Viral

    Selain membuat unggahan video menjadi bagus dan menarik, memakai audio atau musik yang sedang populer juga dapat mengundang viewer dan likes. Jadi, sebelum mengunggah video, pelajari dulu musik apa yang sedang viral dan cocok dengan isi videomu.  


  • Pakai Hashtag yang Tepat

    Gunakan 3-5 hashtag yang sedang viral agar video kamu dapat dengan mudah ditemukan pengguna saat melakukan pencarian. Buka Discover, lalu lihat trending teratas. Cari topik yang relevan pada kolom pencarian hashtag. Temukan hashtag pada unggahan dengan jumlah viewer dan likes terbanyak. 


  • Kolaborasi 

    Melakukan kolaborasi dengan pengguna lain akan meningkatkan exposure video kamu. Kolaborasi dengan kreator TikTok lain juga dapat membantu akun TikTok kamu terkenal, misalnya membuat video duet atau challenge bersama-sama. Bila duetnya menarik, akan mendatangkan banyak komentar dan memperbesar peluang masuk FYP.

Jangan lupa, supaya TikTok-an lebih lancar, gunakan jaringan internet IndiHome yang cepat dan stabil. Mengunggah video TikTok pun jadi cepat dan mudah tanpa khawatir koneksi terputus. Segera pilih paket internet IndiHome yang sesuai dengan kebutuhan kamu!