Rekomendasi 12 Tempat Wisata di Bandung yang Unik, Indah dan Instagramable | IndiHome
5 MAR 2021        BLOG

Rekomendasi 12 Tempat Wisata di Bandung yang Unik, Indah dan Instagramable

Apa yang terbayang di benak Anda ketika mendengar kata “Bandung”?

Bandung adalah salah satu kota wisata populer yang dekat dengan kawasan Jabodetabek. Tak hanya karena letaknya yang strategis, Bandung juga menjadi destinasi wisata yang terkenal karena alamnya asri, cuacanya sejuk, dan bangunan-bangunan bersejarahnya sangat indah. Potensi Bandung turut dimanfaatkan oleh para pengembang untuk mendirikan berbagai tempat wisata menarik. Itulah sebabnya selalu ada tempat wisata di Bandung yang baru dan menggugah rasa penasaran untuk dikunjungi.

Ulasan tentang rekomendasi tempat wisata di Bandung berikut ini akan membantu Anda menentukan pilihan saat hendak berlibur ke Bumi Parahyangan:


Gedung Sate

Bangunan bersejarah yang telah berdiri sejak tahun 1920 ini merupakan salah satu peninggalan Belanda di tanah Pasundan. Elemen unik yang membedakan Gedung Sate dengan bangunan bersejarah lainnya adalah enam ornamen jambu air yang disusun menyerupai bentuk tusuk sate di bagian atap gedung tersebut. Jambu digunakan sebagai simbol kesuburan kota Bandung. Jumlahnya enam karena menandakan biaya yang digunakan untuk membangun gedung tersebut sebesar 6 juta Gulden. Kini Gedung Sate difungsikan sebagai kantor pemerintahan Provinsi Jawa Barat. Karena ramai dikunjungi wisatawan, banyak pedagang kuliner kaki lima yang berjualan di sekitar Gedung Sate setiap hari.


Gedung Indonesia Menggugat

Jejak kemerdekaan Indonesia di Bandung juga tak lepas dari sejarah Gedung Indonesia Menggugat. Di tempat tersebut, Presiden Soekarno pernah membacakan pidato pembelaan untuk ketiga rekannya yang dituduh berniat menggulingkan kekuasaan Hindia Belanda. Gedung Indonesia Menggugat terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan Nomor 5, tak jauh dari Balai Kota Bandung. Sekarang, gedung tersebut sering dikunjungi para wisatawan dan kerap difungsikan sebagai lokasi pameran atau tempat rapat.


Museum Mandala Wangsit Siliwangi

Museum Mandala Wangsit Siliwangi adalah bangunan bekas markas militer yang pernah menjadi sasaran utama serangan Angkatan Ratu Perang Adil (APRA) pada tahun 1950. Sekarang, Museum  Mandala Wangsit Siliwangi digunakan untuk menyimpan koleksi senjata yang digunakan dalam serangan APRA tersebut. Ada berbagai senjata tradisional seperti kujang, pedang bambu, keris dan senjata modern (tank lapis baja dan meriam) yang bisa dilihat di museum ini.


Tebing Keraton

Tempat wisata alam ini terletak di Desa Ciburial, tepatnya di Kampung Ciharegem Puncak. Suasana alam yang sejuk dan asri akan membuat Anda dan keluarga merasa rileks. Hamparan hutan pinus di Tebing Keraton merupakan latar foto yang istimewa dan terkesan natural. Banyak wisatawan yang sengaja menggunakan tenun etnik dan objek lainnya untuk menyempurnakan hasil foto dengan latar alam terbuka di Tebing Keraton.


Floating Market Lembang

Membahas tentang Bandung rasanya memang kurang lengkap jika tidak menyebut Lembang. Salah satu tempat wisata keluarga di Bandung yang patut Anda kunjungi adalah Floating Market Lembang. Saat tiba di kawasan wisata ini, Anda akan disuguhi panorama pasar apung yang asri dan instagramable. Selain bisa berburu foto, Anda dapat menikmati aneka jenis kuliner di Floating Market Lembang. Anda dan keluarga juga dapat mencoba berbagai wahana permainan serta perahu apung yang terbuat dari bambu.


The Lodge Maribaya

Tempat wisata di Bandung yang satu ini selalu ramai pengunjung, terutama pada akhir pekan dan hari libur. Ketika sampai di Lodge Maribaya, Anda akan menyaksikan pemandangan hutan pinus yang asri. Cuaca di tempat wisata ini juga sangat sejuk dan pasti bikin Anda betah. Ada beberapa spot foto menarik yang bisa Anda pilih, dengan tarif masuk berkisar di angka puluhan ribu rupiah. Setelah puas berfoto, Anda dapat bersantai di kafe sembari menikmati keindahan pemandangan yang tak akan Anda temui di ibu kota.


Grafika Cikole

Pilihan tempat wisata di Bandung yang satu ini paling cocok untuk Anda yang ingin mencoba aktivitas glamour camping (glamping) bersama keluarga atau sahabat. Di Grafika Cikole, ada beberapa vila berbentuk unik yang difungsikan sebagai tempat penginapan. Lokasinya yang berada di tengah hutan pinus membuat suasana Grafika Cikole semakin sejuk dan asri. Anda dan keluarga bisa merasakan sensasi liburan yang berbeda karena jauh dari suasana perkotaan.


Dago Dream Park

Berwisata ke kawasan yang jauh dari pusat kota memang membutuhkan banyak waktu dan menyita tenaga. Jika Anda sekeluarga ingin berwisata ke tempat yang dekat dengan pusat kota, Dago Dream Park bisa menjadi salah satu solusinya. Perjalanan ke Dago Dream Park bisa ditempuh dalam waktu relatif singkat. Berbagai spot foto selfie pada tempat wisata keluarga di Bandung ini akan memuaskan keinginan Anda untuk berburu foto-foto instagramable.


Rainbow Garden Lembang

Kalau Anda rindu dengan suasana taman bunga yang indah dan berwarna-warni, Rainbow Garden Lembang adalah pilihan destinasi wisata yang tepat. Tempat wisata ini terdiri dari hamparan tanaman bunga segar yang disusun berwarna-warni. Lokasinya mudah dijangkau dan cocok untuk Anda yang berwisata bersama anak-anak maupun lansia. Selain menikmati keindahan nuansa taman bunga, Anda juga bisa berburu foto dengan memanfaatkan latar tempat yang indah di setiap sudut Rainbow Garden.


Taman Kupu-Kupu

Keindahan taman kupu-kupu memang selalu menarik untuk dilihat. Jika Anda sedang berada di Lembang, sempatkan waktu untuk mengunjungi Taman Kupu-Kupu di sekitar kawasan tersebut. Tempat wisata di Lembang, Bandung ini dibangun di atas tanah seluas 1,7 hektar. Di dalamnya, terdapat kurang lebih 35 spesies kupu-kupu dengan total lebih dari 300 ekor. Bersantai di Taman Kupu-Kupu sambil berburu foto pasti menjadi kegiatan liburan yang mengasyikkan.


Kampung Gajah Wonderland

Kampung Gajah Wonderland terletak di kawasan Parongpong, Bandung Barat. Salah satu keistimewaan destinasi wisata ini adalah beragam wahana air yang seru dan menakjubkan, bahkan ada pula kolam ombak buatan. Sebelum menikmati wahana permainan air, Anda dan keluarga juga bisa menikmati wahana petualangan lainnya. Area wisata Kampung Gajah Wonderland terbilang sangat luas dan pasti bikin Anda puas berpetualang.


De Ranch Lembang

Mau menikmati liburan dengan suasana ala koboi?

Datang saja ke De Ranch Lembang. Ada berbagai wahana permainan menarik yang pasti disukai anak-anak. Selain itu, anak-anak dan orang dewasa juga bisa menaiki kuda terlatih sambil berkeliling area De Ranch. Suasana tempat wisata yang sejuk, nyaman, dan instagramable pasti bikin Anda sekeluarga merasa betah.

Momen berlibur rentan terganggu jika Anda sekeluarga tersesat dan saling terpisah di tempat wisata. Namun, masalah tersebut tak akan terjadi pada Anda bila Anda berlangganan add-on Smooa dari IndiHome. Smooa memungkinkan Anda berbagi kuota internet mobile bersama keluarga. Tersedia beragam pilihan paket hingga 100 GB dengan jangkauan lebih luas yang bisa Anda nikmati saat di rumah atau di mana saja. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan bonus bebas nelpon dan SMS sepuasnya antara sesama pengguna add-on Smooa yang terdaftar dalam satu nomor IndiHome. Proses pembayaran tagihannya juga sangat praktis karena menyatu dengan tagihan IndiHome. Untuk lengkapnya bisa cek melalui https://indihome.co.id/addon/smooa

Kini, Anda tahu kan kalau add-on Smooa dari IndiHome siap memfasilitasi komunikasi Anda dan keluarga. Mari mengandalkan Smooa agar aktivitas di luar rumah senantiasa lancar tanpa kendala komunikasi.