Apa Itu Financial Freedom dan Bagaimana Cara Mencapainya Sebelum Usia 30 Tahun? | IndiHome
7 SEP 2021        BLOG

Apa Itu Financial Freedom dan Bagaimana Cara Mencapainya Sebelum Usia 30 Tahun?

Sudah sering mendengar istilah financial freedom dan ingin tahu cara mencapainya? Yuk, kita bahas bareng-bareng di artikel ini. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara mencapainya, sebaiknya ketahui terlebih dahulu tentang financial freedom

Secara umum, istilah tersebut mengacu pada kondisi seseorang yang sudah mapan secara keuangan tanpa harus bekerja sangat keras dan aktif untuk memenuhi kebutuhannya. Mapan dari segi keuangan dapat diartikan sebagai kondisi, dimana seseorang sudah memiliki tempat tinggal tetap, pekerjaan bagus, dan tabungan cukup. Namun sayangnya, hal tersebut sulit untuk diraih. Eits, tenang, ada 10 tips untuk Anda yang ingin mencapai financial freedom sebelum menginjak umur 30 tahun.

 

10 Tips Mapan Secara Finansial Sebelum Umur 30 Tahun

Mapan secara keuangan tanpa harus bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan merupakan impian banyak orang. Bagi Anda yang ingin mencapai financial freedom sebelum umur 30 tahun, berikut tipsnya:

  1. Memiliki Mindset yang Benar
    Hal pertama yang harus diperbaiki dan dibentuk adalah mindset atau cara berpikir. Apabila dari awal Anda sudah memiliki cara pikir yang salah, maka akan sulit mencapai financial freedom.

    Robert T. Kiyosaki, seorang investor dan motivator mengatakan, “financial freedom is a mental emotional and educational process”, yang artinya, “kebebasan keuangan merupakan hasil dari pikiran dan juga proses edukasi.” Oleh sebab itu, penting untuk membangun mindset Anda terlebih dahulu.


  2. Mengenal Aset Diri

    Setiap individu tentu dianugerahi aset diri, seperti pengetahuan atau wawasan, keterampilan, dan sebagainya. Akan tetapi, tidak semua menyadari apa potensi terbesar yang dimiliki. Padahal, salah satu kunci mapan secara finansial adalah mengenali aset diri dan kemudian mengembangkannya.

    Terus mengasah skill atau aset yang dimiliki sama dengan upgrade diri ke versi lebih baik. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi Anda untuk mendapatkan pekerjaan dengan nominal gaji sesuai ekspektasi, sehingga Anda bisa berinvestasi dan menabung lebih banyak lagi.


  3. Mempunyai Perencanaan Keuangan yang Baik

    Tidak sedikit orang yang mengalami kegagalan dalam sektor finansial dikarenakan tidak memiliki rencana keuangan yang matang. Meskipun tampak sepele, membuat perencanaan finansial secara baik dan benar dapat mengontrol jumlah pengeluaran, lho.

    Jika Anda ingin mapan secara finansial di usia muda, mulailah merencanakan keuangan dan buatlah daftar kemana saja pengeluaran akan dialokasikan. Agar lebih terarah, Anda bisa menetapkan rencana keuangan secara berkala, seperti bulanan, tiga bulanan, hingga tahunan.

     

  4. Gaya Hidup Sederhana

    Tidak dapat disangkal bahwa semakin tinggi penghasilan maka semakin meningkat pula gaya hidup seseorang. Hal tersebut umumnya bukan disebabkan oleh kebutuhan yang semakin banyak, namun tingginya hasrat untuk membeli semua yang diinginkan.

    Apabila tidak dikontrol, lambat laun gaya hidup mentereng bisa menguras isi rekening Anda. Oleh sebab itu, sebaiknya tahan diri untuk berfoya-foya dan menghabiskan uang pada hal-hal tidak perlu. Sebaliknya, sisihkan uang dengan cara ditabung atau berinvestasi untuk masa depan.


  5. Segera Lunasi Hutang

    Salah satu hambatan terbesar untuk mencapai kemapanan finansial adalah memiliki pinjaman atau hutang dengan suku bunga tinggi. Maka dari itu, segera lunasi hutang tersebut sehingga lebih mudah bagi Anda untuk menata keuangan dan merencanakan hidup mapan.

    Selain itu, jangan lupa pula untuk membayar tagihan tepat waktu agar tidak menumpuk. Misalnya, tagihan kartu kredit, kendaraan, rumah, listrik, pulsa, iuran, dan sebagainya.

     

  6. Investasi
    Di era modern ini, ada banyak sekali platform digital yang bisa menjadi pilihan Anda untuk berinvestasi. Dengan berinvestasi, pendapatan Anda tidak akan habis dengan sia-sia. Bagi pemula, Anda dapat mengikuti investasi paling aman, seperti reksadana, cryptocurrency, gold bar, dan instrumen investasi lainnya.


  7. Memiliki Target Menabung

    Salah satu kebiasaan tidak baik yang dimiliki sebagian besar orang adalah baru menabung saat ada sisa penghasilan di akhir bulan. Padahal, jika ingin mencapai financial freedom di usia muda, Anda perlu punya target nominal yang ingin dialokasikan untuk tabungan.

    Saat penghasilan meningkat, Anda juga harus menambah uang yang ditabung. Menabung secara konsisten bukan hanya bertujuan untuk membuat uang di rekening Anda meningkat, tetapi juga bisa menjadi pegangan apabila sewaktu-waktu Anda membutuhkan dana mendesak. Meski sebenarnya, alangkah lebih baik jika kebutuhan mendesak bisa dipenuhi dengan menggunakan dana darurat, bukan uang tabungan.


  8. Mencari Sumber Penghasilan Lainnya

    Memahami financial freedom saja tidak akan bisa membuat Anda mapan. Anda juga harus memutar otak dan mencari cara untuk bisa mendapatkan sumber penghasilan baru. Dengan kata lain, jangan fokus pada satu sumber pendapatan dari pekerjaan utama saja.

    Gunakan waktu luang dengan sebaik-baiknya. Anda bisa mencari pekerjaan sampingan yang sesuai dengan skill atau passion, mulai dari membuat karya dan menjualnya, atau memulai bisnis berbasis online yang lebih mudah dikelola dan tentunya juga menjanjikan.


  9. Memperluas Networking

    Memperbanyak jaringan pertemanan tidak hanya akan membuat Anda bisa mempelajari ragam hal baru, namun juga mempermudah Anda bertemu dengan relasi potensial. Networking yang baik dan positif sudah pasti akan membuka peluang yang menguntungkan.

    Bagaimana cara memperluas networking? Anda yang memiliki kepribadian extrovert atau introvert memiliki kesempatan yang sama untuk bisa berkenalan dengan siapa saja. Bahkan, networking juga bisa dibangun secara tidak sengaja, misalnya saat Anda menghadiri suatu acara. 


  10. Berani Mengambil Risiko

    Semua cara di atas akan nihil jika Anda masih maju mundur dan tidak berani mengambil keputusan berisiko. Selagi masih muda, pergunakanlah waktu dengan sebaik-baiknya. Jangan takut gagal atau pun salah, karena hal tersebut bisa dijadikan pengalaman berharga.

    Misalnya, Anda tertarik dengan dunia bisnis di bidang fashion. Daripada pusing memikirkan risiko kegagalan yang mungkin akan dialami, akan lebih baik jika Anda mulai mengambil langkah maju. Jika Anda takut untuk mengambil keputusan, maka selamanya Anda hanya akan jalan di tempat.

 

Mencari Berbagai Tips Ampuh Mencapai Financial Freedom di Usia Muda Jadi Lebih Mudah dengan Berlangganan Paket 3P (Internet + TV + Phone) dari IndiHome

Anda memiliki keinginan untuk mapan secara finansial sebelum memasuki usia ke-30 tahun, namun banyak kendala yang dihadapi dalam mencapainya? Menerapkan hal-hal positif sebagai cara untuk mencapai financial freedom memang tidak mudah. Namun, dengan konsistensi dan keinginan yang kuat, bisa mapan secara finansial sebelum usia 30 tahun bukanlah hal yang mustahil untuk dicapai.

Di era serba digital seperti sekarang, Anda tidak perlu bingung memikirkan bagaimana cara untuk memulai kebiasaan baik agar bisa mencapai kebebasan finansial di usia muda. Karena, Anda dapat menemukan informasi dan tips yang dibutuhkan melalui berbagai platform digital.

Dengan dukungan koneksi internet yang cepat, tentunya aktivitas browsing, membaca berbagai artikel informatif, atau menonton tayangan dari sosok yang berhasil mapan di usia muda jadi lebih mudah. Sehingga, Anda bisa langsung belajar mengenai berbagai hal baik yang perlu diterapkan.

Aktivitas browsing terhambat oleh koneksi internet yang tidak stabil? Tenang, solusinya adalah dengan berlangganan Paket 3P (Internet + TV + Phone) dari IndiHome. Selain bisa mendapatkan jaringan internet stabil dengan kecepatan hingga 300 Mbps, Anda juga bisa mendapatkan berbagai keuntungan lainnya, yaitu:

  • Bebas nonton berbagai acara favorit dari ratusan channel TV unggulan.
  • Bebas nelpon lokal/interlokal hingga 300 menit dari telepon rumah.
  • Bebas nonton acara TV favorit di aplikasi UseeTV GO.
  • Bebas pilih bonus menarik sesuai keinginan, yaitu Kids, Movies, Entertainment, Music, atau Gamers.

Dengan berlangganan Paket 3P (Internet + TV + Phone) dari IndiHome, Anda bisa mencari informasi lebih banyak seputar financial freedom dan bagaimana cara mencapainya. Yuk, terus semangat untuk bisa mencapai financial freedom di usia muda!