Penyebab HP Cepat Panas dan Cara Mengatasinya | IndiHome
8 JUN 2021        BLOG

Penyebab HP Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Secanggih apapun ponsel sudah pasti memiliki kelemahan. Khususnya jika digunakan terus-menerus, maka akan menyebabkan HP cepat panas. Kalau sudah begini secara otomatis performa HP juga akan melambat. Akan tetapi, ada cara agar HP tidak cepat panas yang dapat dijadikan solusi.

Ada berbagai macam faktor yang menyebabkan HP cepat panas. Apalagi, di zaman modern ini ponsel hadir mengusung konsep multifungsi, karena dapat digunakan untuk berbagai hal, mulai dari komunikasi, hiburan, dsb. Tingginya kinerja CPU pastinya ikut memicu HP menjadi cepat panas.


5 Penyebab HP Cepat Panas

Ada beberapa faktor yang menyebabkan HP menjadi panas, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Pengaturan Tidak Optimal
    Tanpa disadari, setelan ponsel juga dapat memengaruhi jumlah energi yang digunakan. Misalnya, penerapan tingkat kecerahan layar terlalu tinggi atau penggunaan wallpaper animasi. Hal tersebut bisa mempengaruhi daya baterai ponsel dan membebani CPU.

 

  • Menonton Konten Streaming
    Menyaksikan tayangan streaming dalam jangka waktu lama akan membuat HP harus memuat data dari video serta menjaga tampilan layar agar tetap aktif. Jadi, jangan kaget kalau HP jadi cepat panas kalau selalu digunakan untuk nonton video streaming dari berbagai platform.

 

  • Bermain Game
    Main game memang merupakan salah satu aktivitas hiburan yang begitu digilai pengguna ponsel. Akan tetapi, Anda juga perlu paham bahwa HP memiliki batas kemampuan. Aplikasi game mempunyai intensitas tinggi yang bisa menyebabkan ponsel cepat terasa panas.

 

  • Aplikasi Membutuhkan Pembaruan
    Ponsel cepat panas bisa jadi disebabkan aplikasi belum diperbarui sehingga menimbulkan masalah bug. Perlu diketahui, bahwa bug akan menggunakan terlalu banyak prosesor sehingga ponsel jadi panas. Untuk mengatasinya, maka Anda harus update aplikasi.

 

  • Faktor Lingkungan
    Paparan sinar matahari menjadi salah satu faktor penyebab paling umum kenapa ponsel jadi cepat panas. Di samping itu, kebiasaan meletakan HP di dekat kaca jendela saat matahari sedang terik, atau menggunakan HP di luar ruangan juga memicunya menjadi cepat panas.

10 Tips Agar HP Tidak Cepat Panas

Supaya HP tidak cepat panas, di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa diaplikasikan:

    1. Tidak Menggunakan Ponsel Saat Di-charge
      Kebiasaan menggunakan ponsel saat sedang di-charge tidak bagus untuk kesehatan HP karena dapat membuat baterai menjadi lebih cepat mengembung. Bukan hanya itu, ponsel juga akan lebih cepat panas ketika digunakan. Oleh karenanya, ada baiknya hindari hal ini.

 

    1. Menggunakan Adaptor dan Baterai Original
      Charger dan baterai tiruan memiliki kualitas di bawah standar sehingga bisa membahayakan ponsel. Penggunaan produk tiruan biasanya akan membuat proses mengecas HP menjadi lebih lama dan daya yang masuk tidak optimal sehingga ponsel cepat panas.

 

    1. Membersihkan Ponsel dari Debu
      Debu yang menempel di ponsel dapat menyebabkan HP menjadi overheating atau cepat panas. Pasalnya, lubang yang terdapat pada tubuh HP berfungsi menutup jalur suhu panas yang keluar dari ponsel. Kalau HP tertempel debu,sudah pasti suhu panas tidak bisa keluar.
       

 

    1. Menggunakan Aplikasi Pendingin Ponsel
      Meskipun tampaknya tidak penting, namun penggunaan aplikasi pendingin ponsel terbukti cukup ampuh dalam mengatasi ponsel yang cepat panas. Cooler dapat menjaga suhu HP sehingga tetap stabil dan umumnya diikuti perubahan setelan otomatis saat ponsel panas.
       

 

    1. Hindarkan Ponsel dari Paparan Matahari
      Cara paling mudah namun sering diabaikan pengguna ponsel untuk mencegah HP overheating adalah dengan meletakkannya di tempat aman, atau tidak terkena cahaya matahari. Ponsel dapat menangkap panas sinar matahari dan menahannya.

 

    1. Tutup Aplikasi Tidak Digunakan
      Saat sedang hectic, tidak jarang orang lupa menutup aplikasi yang sedang digunakan atau langung beralih ke recent apps. Jika ada terlalu banyak aplikasi berjalan tanpa ditutup, maka akan berpotensi menyebabkan HP cepat panas, dan kinerjanya juga semakin melambat.
       

 

    1. Menghapus Aplikasi Tidak Penting
      Menginstal berbagai macam aplikasi akan memberatkan RAM, namun tentu hal ini tidak berlaku pada ponsel yang dibekali dengan RAM besar. Supaya performa HP tidak terganggu, bagi pengguna ponsel dengan RAM 2 GB ke bawah, sebaiknya tidak instal aplikasi berat.

 

    1. Install Aplikasi Penghemat Baterai
      Sebagian aplikasi penghemat baterai juga mengusung kinerja multifungsi. Karena biasanya dibekali fitur lain, seperti menutup aplikasi yang berjalan di background dan menurunkan kecerahan layar otomatis, di mana kedua hal tersebut berpotensi membuat HP panas.

 

    1. Hindari Menyalakan WiFi Non-Stop
      Saat berada di area publik, sebaiknya hindari mengaktifkan fitur WiFi supaya ponsel tidak cepat panas. Menyalakan WiFi pada saat tidak menggunakan internet, akan membuat ponsel terus mencari jaringan secara otomatis walaupun Anda berada di kawasan tanpa WiFi.
       

 

  1. Lepaskan Casing Ponsel
    Apabila ponsel sudah terlanjur panas, salah satu cara mengatasinya adalah dengan melepaskan casing HP. Hal ini akan memungkinkan ventilasi menjalankan fungsinya secara optimal untuk menurunkan suhu. Supaya lebih cepat dingin, letakkan ponsel di lantai sejuk


Yuk, Cari Tahu Lebih Banyak Informasi agar HP Tidak Cepat Panas dengan Paket 2P dari IndiHome

Ponsel cepat panas saat sedang dibutuhkan mengakses berbagai hal penting memang bisa menjadi suatu hal yang menyebalkan. Apalagi, kenaikan suhu ponsel umumnya juga diikuti dengan penurunan kinerja, termasuk membuat ponsel menjadi lemot saat digunakan, dan tidak jarang nge-blank.

Namun, pengguna setia ponsel pintar sebenarnya tidak perlu merasa risau. Karena saat ini Anda dapat mencari tahu berbagai informasi mengenai HP secara online melalui platform internet. Dengan begitu, bisa lebih mudah mengetahui tips mencegah HP cepat panas dan cara mengatasinya.

Untuk browsing di internet, pastinya Anda membutuhkan koneksi internet stabil. Supaya lebih hemat, maka bisa berlangganan Paket 2P (Internet+TV) atau 2P (Internet+Phone) dari IndiHome sebagai alternatif solusinya. Menariknya lagi, Paket 2P juga dapat digunakan anggota keluarga di rumah.

Apa itu Paket 2P IndiHome?

Paket 2P merupakan alternatif solusi untuk memenuhi kebutuhan digital masyarakat Indonesia. Selain dapat menikmati kenyamanan internetan di jaringan cepat, pelanggan juga akan mendapatkan gratis nelpon hingga 300 menit, maupun akses ke ratusan tayangan TV berkualitas.

Secara umum, Paket 2P terdiri atas dua jenis yang dapat dipilih sesuai kebutuhan, yaitu:

  • Paket 2P (Internet+TV)
    Pelanggan bebas internetan dan menyaksikan tayangan interaktif di lebih dari 100 channel yang sudah mendukung kualitas SD dan HD. Bukan hanya itu, Anda juga bebas mengakses aplikasi UseeTV GO dan memilih bonus menarik, yaitu Study, Movies, dan Music.
     
  • Paket 2P (Internet+Phone)
    Dengan berlangganan Paket Internet+Phone, Anda bisa menikmati kecepatan internet up to 100 Mbps dan bebas nelpon lokal/interlokal selama 300 menit. Setiap pembelian paket ini juga akan mendapatkan bonus. Anda bisa memilih bonus Study, Entertainment, atau Smart.


Mencari tahu cara agar HP tidak cepat panas jadi lebih mudah dengan berlangganan Paket 2P dari IndiHome. Apalagi, paket 2-in-1 ini memungkinkan Anda mendapatkan dua benefit sekaligus, yaitu puas internetan di jaringan cepat dan akses ke ratusan tayangan TV atau nelpon sepuasnya.