Pengertian Self-Love serta Pentingnya Mencintai Diri Sendiri | IndiHome
29 JUN 2022        BLOG

Pengertian Self-Love serta Pentingnya Mencintai Diri Sendiri

Self-love merupakan istilah yang tengah populer di media sosial sejak kesadaran akan kesehatan mental menjadi topik yang kerap dibicarakan oleh netizen. Tetapi, apakah Anda tahu apa definisi sebenarnya dari self-love dan seberapa pentingnya untuk melakukan hal tersebut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!


Apa itu
Self-Love?

Self-love artinya menghargai diri sendiri atau mencintai diri sendiri. Tindakan ini bisa mengembangkan setiap individu untuk lebih percaya diri, menerima, dan menghargai kekurangan yang ada dalam diri sehingga akan merasakan kebahagiaan lebih banyak.

Definisi lain dari self-love artinya mengontrol emosi. Itulah kenapa banyak orang yang menerapkan istilah ini dalam kehidupannya agar lebih mudah berpandangan positif. Apalagi saat mereka merasa marah, kecewa ataupun sedih sekalipun

Terdapat banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencintai diri sendiri, salah satunya yaitu dengan melakukan segala hal yang disukai seperti membaca buku, berolahraga, melukis atau mendengarkan musik. Karena self-love artinya kebahagiaan, jadi lakukan aktivitas yang bisa membuat Anda bahagia demi kesehatan fisik dan mental.


Manfaat Menerapkan
Self-Love

Ketika menerapkan self-love, artinya Anda mulai menerima kekurangan yang ada dalam diri sendiri dan hal ini sangat bermanfaat bagi kehidupan pribadi. Manfaat tersebut di antaranya:

  • Memiliki Kepuasan dalam Hidup
    Seperti yang telah diketahui sebelumnya bahwa self-love artinya penerimaan, baik itu kebaikan, kesedihan, atau kekecewaan. Dari sikap penerimaan tersebut, Anda akan merasakan kepuasan dalam hidup karena bisa mengontrol diri sendiri tanpa adanya paksaan orang lain.
  • Terhindar dari Gangguan Mental
    Seseorang akan cenderung merasakan depresi, gangguan kecemasan, bahkan gangguan makan ketika ia tidak menghargai diri sendiri. Untuk itu, penting untuk melakukan self-love agar bisa menghargai apa yang dimiliki, baik itu kekurangan atau kelebihan supaya tidak berpikiran negatif dan menyebabkan stres berkepanjangan.
  • Berani Hidup Sehat
    Definisi umum self-love artinya mencintai diri sendiri. Orang yang menerapkan hal ini cenderung memperhatikan kesehatannya. Caranya bisa dengan berolahraga secara rutin dan mengkonsumsi makanan sehat kaya nutrisi di dalamnya.


Cara yang Tepat dan Pentingnya Mencintai Diri Sendiri

Mencintai diri sendiri memang seharusnya dilakukan untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik tanpa adanya gangguan dari diri sendiri. Istilahnya, self-love artinya pondasi yang bisa menopang individu untuk bersikap lebih tegas, menjalin hubungan dengan sehat, mengejar mimpi, dan bangga akan pencapaian yang diraih sekecil apapun itu.

Ingin menerapkan self-love dalam kehidupan Anda? Berikut ini berbagai cara yang bisa Anda lakukan:

  • Mengenali Diri Sendiri
    Self-love bukan hanya sebuah ungkapan. Untuk mencintai diri sendiri, Anda harus mengenali diri Anda terlebih dahulu. Cari tahu seperti apa impian yang ingin dicapai, ketakutan terbesar apa yang dimiliki, sampai seberapa besar kekuatan yang ada dalam diri sendiri. Dengan begitu, setiap orang bisa lebih memperhatikan dirinya secara lebih dalam lagi.
  • Tidak Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang lain
    Mungkin tanpa disadari, setiap orang hidup dengan sikap kompetitif yang tinggi. Apalagi ketika bersosialisasi bersama masyarakat dan membandingkan pencapaian atau kemampuan yang dimiliki orang lain. Pada akhirnya kita akan merasa insecure. Padahal pada dasarnya tidak ada manusia yang sempurna. Semuanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, jadi jangan pernah membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Fokuskan pikiran untuk mengejar segala mimpi yang ingin dicapai. Mulailah hidup dengan mencintai apa yang dipunya karena melakukan self-love artinya seseorang harus bisa menerima dan menghargai sesuatu yang ada dalam dirinya.
  • Jangan Marah Ketika Orang Lain Berpendapat      
    Jangan pernah khawatir dengan semua kritikan dan masukan yang orang lain utarakan. Sebab, selain mencintai diri sendiri, self-love artinya bisa menerima berbagai hal, termasuk pendapat baik atau buruk dari orang lain. Karena, bisa jadi yang orang lain bicarakan adalah sebuah pesan untuk lebih memperhatikan diri agar menjadi lebih baik.


Temukan Berbagai Inspirasi Tentang
Self-Love dengan Berlangganan Paket IndiHome (Dengan Akses Netflix)

Setelah mengetahui betapa pentingnya self-love bagi kesehatan fisik maupun mental, kini Anda perlu mempraktikkan hal-hal yang bisa membuat Anda mencintai diri sendiri. Salah satunya dengan menemukan berbagai inspirasi tentang self-love dari berbagai sumber, mulai dari buku hingga konten digital inspiratif yang mudah ditemukan melalui internet. IndiHome siap menemani perjalananmu dalam mewujudkan self-love yang sesungguhnya dengan Paket IndiHome (Dengan Akses Netflix).

Melalui Paket IndiHome (Dengan Akses Netflix), mencari inspirasi tentang self-love akan semakin mudah dan lancar dengan jaringan internet cepat hingga 100 Mbps. Tidak hanya itu, Anda juga bisa memberikan reward pada diri sendiri dengan menyaksikan berbagai tayangan seru dari Netflix. Mulai dari film, serial drama, TV show, hingga Netflix Original Series, bisa Anda nikmati sepuasnya sembari memberikan rehat pada diri sendiri setelah beraktivitas seharian.

Selain itu, Anda juga bisa mengakses berbagai tayangan di Disney+ Hotstar tanpa perlu membayar biaya berlangganan secara terpisah. Ditambah lagi, Anda juga akan mendapatkan bonus nelpon 100 menit di jaringan lokal/interlokal dan bebas akses 107 channel TV berkualitas. Semua ini bisa Anda nikmati dengan biaya berlangganan mulai dari Rp615.000/bulan. Yuk, wujudkan self-love dengan berbagai konten hiburan dan inspiratif melalui jaringan internet cepat dari IndiHome.