Pencemaran Lingkungan: Kenali Pengertian, Jenis, dan Penyebabnya | IndiHome
19 JUL 2022        BLOG

Pencemaran Lingkungan: Kenali Pengertian, Jenis, dan Penyebabnya

Pencemaran lingkungan terjadi seiring dengan perkembangan teknologi dan ekonomi. Pencemaran itu melampaui ambang batas toleransi ekosistem hingga akhirnya meningkatkan jumlah polutan di lingkungan kita. Beragam faktor berkontribusi pada penyebab pencemaran ini. Sebut saja kegiatan eksploitasi alam yang berlebihan, industrialisasi yang tidak diatur dengan baik, serta meningkatnya jumlah penduduk.

Pencemaran lingkungan juga dapat dipicu oleh proses alam itu sendiri. Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasan di bawah ini!

Apa itu Pencemaran Lingkungan?

Pencemaran pada lingkungan atau environmental pollution merupakan fenomena di mana komponen biologis dan fisik dari sistem bumi dan atmosfer terkontaminasi hingga mengganggu keseimbangan ekosistem. Sedangkan UU No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup memaparkan bahwa pencemaran lingkungan hidup merupakan masuk atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi, dan/atau komponen lain ke dalam lingkungan hidup oleh kegiatan manusia sehingga melampaui baku mutu lingkungan hidup yang telah ditetapkan.

Ada dua komponen utama yang menyebabkan pencemaran lingkungan, yaitu:

  • Degradable; jenis polutan yang dapat diuraikan kembali dan diterima oleh proses alam, seperti hewan, limbah tumbuhan, dan kotoran manusia
  • Non-degradable; jenis polutan yang tidak mampu diuraikan oleh proses alam seperti timah hitam, merkuri, arsenik, dan zat berbahaya lainnya

Tingkat pencemaran lingkungan sendiri dibagi menjadi tiga, antara lain:

  • Pencemaran yang memicu iritasi ringan pada tubuh serta menyebabkan kerusakan pada ekosistem lainnya, seperti gas buangan kendaraan bermotor yang mengakibatkan mata perih
  • Pencemaran yang telah mengakibatkan sakit kronis. Contoh kasusnya adalah pencemaran air raksa (Hg) di Minamata, Jepang, yang memicu kanker dan kelahiran bayi cacat
  • Pencemaran dengan kadar zat polutan yang sangat besar sehingga memicu gangguan kesehatan hingga kematian dalam lingkungan. Contohnya pencemaran yang diakibatkan oleh nuklir


Apa Saja Jenis Pencemaran Lingkungan?

Berdasarkan jenisnya, pencemaran lingkungan terbagi menjadi empat. Di antaranya:

 

  • Pencemaran Udara 

    Jenis pencemaran lingkungan ini terjadi ketika unsur polutan masuk atau bercampur dalam atmosfer. Misalnya gas beracun seperti H2S (Hidrogen Sulfida) yang bersumber dari kawasan gunung berapi juga dapat dihasilkan melalui proses pembakaran batu bara dan minyak bumi. Beberapa dampak dari pencemaran udara adalah:

    • Hujan asam
    • Penipisan ozon
    • Peningkatan kasus kerusakan mata hingga kanker kulit
    • Perubahan cuaca ekstrim 

 

  • Pencemaran Air

    Pencemaran lingkungan yang terjadi karena menurunnya kualitas air di suatu daerah seperti air tanah, sungai, laut, atau danau. Pembuangan limbah industri menjadi contoh kasus pencemaran air yang sering terjadi. Dampak dari pencemaran air meliputi:

    • Tingginya masalah kesehatan akibat terpapar air yang terkontaminasi
    • Meningkatnya pertumbuhan eceng gondok dan alga
    • Menurunnya kadar oksigen dalam air sehingga mengganggu organisme perairan
    • Munculnya bau yang menyengat sehingga mengganggu sistem pernapasan

 

  • Pencemaran Tanah

    Jenis pencemaran lingkungan ini mengakibatkan penurunan kualitas tanah karena masuknya zat polutan ke lingkungan tanah. Zat polutan tersebut bisa berupa debu, zat kimia, radiasi, mikroorganisme, panas, dan suara. Dampak dari pencemaran tanah seperti:

    • Meningkatkan salinitas tanah atau kandungan garam dalam tanah
    • Menurunnya tingkat kesuburan tanah
    • Memicu bencana alam seperti erosi dan tanah longsor
    • Tersumbatnya saluran air

 

  • Pencemaran Suara

    Polusi yang disebabkan oleh suara bising dari kendaraan bermotor, mesin pabrik, radio/tape recorder yang berbunyi keras hingga menyebabkan gangguan pendengaran. Dampak dari pencemaran ini adalah:

    • Terganggunya kualitas tidur karena suara bising
    • Bisa memicu ketulian

Apa Saja Penyebab Pencemaran Lingkungan?

Tanpa disadari, aktivitas sehari-hari dapat menyebabkan pencemaran pada lingkungan. Beberapa aktivitas itu di antaranya:

  1. Pembuangan sampah atau limbah detergen ke tanah atau sungai
  2. Pembuangan limbah elektronik yang tidak sesuai aturan
  3. Sering menggunakan kendaraan pribadi hingga menyebabkan lebih banyak polusi
  4. Penebangan hutan yang menyebabkan hutan tak mampu menyerap karbon dioksida (COz)
  5. Sering menggunakan kantong plastik
  6. Menggunakan AC berlebihan
  7. Pembakaran hutan
  8. Pembuangan limbah pabrik dan kotoran lain ke sungai
  9. Penggunaan pestisida atau DDT (Dikloro Difenil Trikloroetana) di sektor pertanian untuk memberantas hama
  10. Penggunaan racun dan bahan peledak untuk menangkap ikan

Pencemaran lingkungan juga bisa dipicu oleh bencana alam. Misalnya asap vulkanik dari letusan gunung berapi sehingga menebarkan partikel debu ke udara atau terdapat partikel-partikel tanah di perairan karena erosi.


Cari Tahu Seputar Pencemaran Lingkungan dengan Berlangganan Paket Khusus Pelajar, Pengajar, dan Jurnalis dari IndiHome

Mengetahui penyebab pencemaran lingkungan membuat kita semakin waspada untuk mencegah fenomena tersebut. Caranya dengan berkontribusi agar kita tidak melakukan aktivitas yang berdampak pada kerusakan lingkungan. Mulailah dari sesuatu yang kecil seperti tidak membuang sampah sembarangan, kurangi penggunaan kantong plastik, dan kurangi penggunaan AC yang berlebihan.

Kamu juga bisa memperkaya wawasan seputar pencemaran lingkungan dan pencegahannya dengan berlangganan Paket Khusus Pelajar, Pengajar, dan Jurnalis dari IndiHome. Melalui paket ini, kebutuhan digital untuk bekerja dan belajar bisa terpenuhi dengan kecepatan internet hingga 30 Mbps serta bonus lain berupa bebas nelpon, bebas akses ke aplikasi Pijar Belajar, plus nonton sepuasnya tayangan edukatif dan inspiratif di puluhan channel TV interaktif.

Paket Khusus Pelajar, Pengajar, dan Jurnalis ini hadir dalam dua pilihan paket, yaitu:

 

  • Paket 2P (Internet + Phone)
    Nikmati internetan di jaringan super ngebut IndiHome berkecepatan 20 - 30 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp255.000 per bulan. Terdapat juga benefit lainnya berupa gratis nelpon lokal/interlokal hingga 50 menit serta bebas akses konten edukatif sepuasnya melalui aplikasi Pijar Belajar.

 

  • Paket 3P (Internet + TV + Phone)
    Saatnya internetan di jaringan anti lemot IndiHome berkecepatan up to 20 Mbps dan up to 30 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp300.000 per bulan. Selain itu, Kamu juga akan mendapatkan akses sepuasnya ke aplikasi Pijar Belajar yang berisi beragam konten edukatif dan menginspirasi. Terdapat benefit lain yang bisa Kamu nikmati berupa gratis nelpon lokal/interlokal hingga 50 menit dan tontonan menarik di puluhan channel TV unggulan untuk memperkaya wawasanmu.

Yuk, langganan Paket Khusus Pelajar, Pengajar, dan Jurnalis dari IndiHome dan turut berkontribusi dalam gerakan pencegahan pencemaran lingkungan sekarang juga!