Pahami Pengertian, Fungsi, dan Contoh Alat Musik Ritmis | IndiHome
24 MAY 2022        BLOG

Pahami Pengertian, Fungsi, dan Contoh Alat Musik Ritmis

Alat musik adalah benda yang dibuat untuk menghasilkan suara berirama. Setiap jenisnya dapat membantu seseorang mengekspresikan perasaannya melalui karya yang dihasilkan, salah satunya seperti alat musik jenis ritmis. Lantas apa pengertian, fungsi dan contoh alat musik ritmis? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!


Pengertian Alat Musik Ritmis

Merupakan alat musik yang tidak menghasilkan nada diatonis atau pentatonis. Dengan artian, semua alat musik ritmis memiliki suara yang unik sehingga terdengar berbeda dengan jenis alat musik yang melodis dan harmonis. Meskipun tidak mempunyai nada pasti, alat musik ini akan memberikan irama ketukan maupun birama.


Fungsi Alat Musik Ritmis

Jika dilihat dari contoh alat musik ritmis sendiri, jenis alat ini memiliki fungsi utama sebagai pengiring dan pengatur tempo lagu. Namun, ada berbagai fungsi lain yang harus Anda ketahui, yaitu:

  • Penyempurna Instrumental
    Dalam acara musik orkestra, biasanya alat musik ritmis selalu berperan sebagai pelengkap instrumen lainnya. Tujuannya untuk menghasilkan nada yang sempurna dan indah didengar.   
  • Tanda Pemain Musik
    Tidak hanya sebagai pelengkap instrumen, alat musik ritmis juga dijadikan sebagai patokan bagi para pemain alat musik. Tanda tersebut digunakan untuk mengetahui kapan sebuah lagu mulai dimainkan.  
  • Penanda Koreografi
    Alat musik ritmis juga terkadang digunakan sebagai tanda perpindahan gerak dalam sebuah tarian. Dengan begitu, setiap gerakan akan terlihat harmonis dan kompak.


7 Contoh Alat Musik Ritmis

Setelah Anda mengetahui fungsinya, di bawah ini terdapat beberapa contoh alat musik ritmis yang perlu diketahui:

  • Triangle
    Contoh alat musik ritmis yang pertama adalah triangle. Sesuai dengan namanya, alat ini memiliki bentuk segitiga yang terbuat dari baja. Namun, bagian bawahnya tidak menyatu secara utuh dan memiliki bunyi nyaring seperti bel. Cara memainkan alat musik ini pun cukup mudah, Anda hanya perlu memukulnya menggunakan stik khusus. 
  • Kendang
    Alat musik ritmis yang satu ini berasal dari Jawa dan termasuk ke dalam bagian dari gamelan. Kendang terbuat dari kayu luang yang dirapatkan oleh kawat, sedangkan bagian atasnya dilapisi oleh kulit lembu maupun kulit kerbau. Terdapat dua cara untuk memainkannya, tergantung di acara apa alat ini digunakan. Jika digunakan sebagai pengiring lagu, maka pemainnya cukup memukul menggunakan tangan. Sementara itu, jika digunakan untuk mengiringi pencak silat atau jaipong, penabuh kendang harus menggunakan stik khusus berupa panggul kendang.
  • Tamborin
    Biasanya tamborin akan dimainkan dengan cara digoyangkan atau ditabuh. Alat musik ritmis ini menghasilkan suara gemerincing yang dipadukan dengan tabuhan alat musik ritmis lainnya. Tamborin terbuat dari kayu atau besi tergantung peminatnya. Sedangkan bulatan kerincingnya terbuat dari logam kecil yang dipasang di antara kayu tamborin.
  • Drum
    Seperti yang kita tahu, drum terdiri atas beberapa bagian yaitu bass, snare, tom-tom, dan simbal serta sering digunakan dalam genre musik modern. Cara memainkan drum yaitu dengan memukulnya menggunakan stik serta menginjak pedal untuk menghasilkan bunyi bass dan simbal. Biasanya drum akan banyak ditemukan dalam berbagai genre musik modern seperti rock, pop, dan reggae. 
  • Gong
    Terbuat dari leburan logam dan menghasilkan bunyi menggema, alat musik ritmis ini berukuran sedang hingga besar tergantung kebutuhan penggunanya. Untuk memainkan gong, Anda perlu menabuhnya dengan menggunakan stik khusus berukuran besar.
  • Rebana
    Bentuknya sekilas mirip dengan tamborin, tetapi biasanya alat musik ritmis ini digunakan dalam acara qasidah. Beberapa jenis kayu seperti jati, nangka, mangga, dan mahoni bisa dijadikan sebagai rebana. Bagian atas rebana biasanya terbuat dari kulit kambing betina. Cara memainkannya yaitu dengan memegang rebana di tangan kanan, sedangkan tangan kiri digunakan untuk menabuh kulit rebana.
  • Marakas
    Contoh alat musik ritmis yang terakhir adalah marakas yang berasal dari Amerika Latin. Biasanya alat musik ini akan banyak ditemui sebagai pengiring tarian salsa. Anda hanya perlu menggoyangkan alat tersebut untuk menghasilkan bunyi gemercik.


Cari Tahu Lebih Banyak Tentang Alat Musik Ritmis dengan Berlangganan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar)

Itulah pengertian, fungsi serta contoh alat musik ritmis yang perlu Anda ketahui. Umumnya alat musik ini akan banyak ditemukan dalam berbagai macam acara. Jadi, tidak sulit untuk menemukannya dalam kehidupan sehari-hari. Anda juga bisa mengetahui lebih banyak tentang alat musik ritmis dan cara penggunaannya dengan berlangganan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar). Didukung oleh kecepatan internet hingga 300 Mbps, Anda bisa menggali informasi terkait alat musik ritmis di dunia maya. Anda juga bisa menyaksikan cara menggunakan alat musik tersebut melalui berbagai video yang tersedia di internet.

Selain bisa internetan di jaringan cepat dan stabil, Anda juga akan mendapatkan benefit lainnya berupa bebas nonton tayangan favorit dari ratusan channel TV unggulan, bonus nelpon di jaringan lokal/interlokal hingga 100 menit, serta cashback LinkAja Rp100.000.  Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar) terdiri dari tiga pilihan; yaitu Paket 2P (Internet + Phone), Paket 2P (Internet + TV), dan Paket 3P (Internet + TV + Phone). Ketiga pilihan paket tersebut hadir dengan beragam kecepatan internet yang bisa dipilih sesuai kebutuhan Anda.

Oh ya, Anda juga akan mendapatkan diskon biaya pemasangan sebesar 50%, lho! Promo ini berlaku sampai 31 Mei 2022.

Dengan biaya berlangganan mulai dari Rp200.000-an saja per bulannya, Anda bisa menikmati berbagai benefit lengkap untuk menunjang kebutuhan digital Anda. Yuk, langganan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar) sekarang!