Cocok untuk Pemula, Ini 7 Gerakan untuk Workout di Rumah | IndiHome by Telkomsel
9 JUL 2024        BLOG

Cocok untuk Pemula, Ini 7 Gerakan untuk Workout di Rumah

Olahraga di gym banyak dilakukan oleh mereka yang ingin menjaga kebugaran. Namun, kadang timbul rasa malu bagi yang belum pernah melakukannya. Solusi bagi pemula ini adalah melakukan workout di rumah dengan memanfaatkan video latihan online.

Kini ada banyak aplikasi maupun video online yang memberikan ide-ide gerakan workout di rumah. Kamu bisa memanfaatkan fasilitas ini dan melakukan workout di rumah tanpa alat. 

Bagi sebagian orang, workout di rumah menjadi pilihan yang lebih baik karena alasan-alasan berikut:

  • Kenyamanan: Tidak perlu meninggalkan rumah untuk berolahraga.
  • Fleksibilitas Waktu: Workout bisa dilakukan kapan saja sesuai jadwal yang diinginkan.
  • Hemat Biaya: Tidak perlu membayar biaya keanggotaan gym yang relatif mahal ataupun mengeluarkan ongkos untuk pergi ke gym.
  • Privasi: Berolahraga di rumah memberikan privasi dan kenyamanan yang tidak didapatkan di gym. Kamu bisa berolahraga dengan pakaian apa pun dan tidak perlu malu karena merasa diperhatikan orang lain.

Inspirasi Gerakan Workout di Rumah untuk Pemula

Sebagai pemula, kamu mungkin bingung harus mulai workout dengan gerakan apa. Nah, berikut beberapa gerakan workout di rumah yang aman buat dicoba oleh pemula. Semua gerakan ini dapat dilakukan walaupun tidak alat workout di rumah.

  • Push up

    Latihan mendasar yang dapat dilakukan di rumah adalah push up. Gerakan workout di rumah ini dapat membantumu melatih otot di bagian dada, lengan, trisep, dan bagian depan bahu. Push-up termasuk aktivitas workout yang sangat efektif untuk mengencangkan otot.


  • Squat

    Latihan ini berfokus pada tubuh bagian bawah dan juga otot-otot inti. Jika dilakukan secara rutin, otot paha dan bokong bisa jadi lebih kencang. Bahkan, manfaat lebih lanjut dari latihan ini bisa melancarkan sistem pencernaan.


  • Plank

    Gerakan ini membantu membangun kekuatan pada otot inti, atas, dan bawah. Rutin melakukan plank juga baik untuk memperbaiki postur tubuh serta meregangkan otot. Manfaat lainnya, plank dapat meningkatkan stabilitas tulang belakang serta tubuh bagian atas.


  • Sit up

    Buat kamu yang ingin mengencangkan otot perut, mulailah rajin melakukan sit up di rumah. Sebab gerakan ini sangat efektif untuk memperkuat otot-otot perut. Gerakan ini juga sangat sederhana dan tidak perlu bantuan alat apa pun.


  • Wall sit

    Workout tanpa alat ini aman dilakukan oleh pemula. Gerakannya mirip squat, namun bedanya gerakan ini perlu memanfaatkan tembok. Manfaat wall sit adalah membantu membangun kekuatan otot dan meningkatkan daya tahan pada otot di bagian bawah tubuh, terutama paha dan tungkai.


  • Jumping jacks

    Nah, buat kamu yang senang melakukan gerakan-gerakan high impact, jumping jacks merupakan satu pilihan yang pas. Kamu tak perlu menyiapkan alat apa pun. Gerakan ini dilakukan dengan membuka dan menutup tangan serta kaki seirama sembari melompat kecil. Gerakan workout ini bertujuan melatih kekuatan tubuh dan kardiovaskular.


  • Triceps dip

    Gerakan workout di rumah yang ini membutuhkan alat bantu berupa bangku. Dilakukan dengan posisi tubuh membelakangi dan menekan bangku, lalu tubuh didorong ke atas dan ke bawah secara perlahan. Latihan ini bertujuan membantu membentuk otot trisep dan memperkuat tubuh bagian atas.


  • Abdominal crunch

    Gerakan ini mirip dengan sit up karena dilakukan dalam posisi tubuh telentang. Tujuannya pun sama, yaitu untuk membentuk otot perut sekaligus membakar lemak-lemak di daerah tersebut. Kamu bisa melakukan sit up dan abdominal crunch secara bergantian untuk melatih otot perut.


  • Zumba

    Olahraga ini menggabungkan gerakan aerobik dengan iringan musik latin atau internasional. Zumba cocok buat kamu yang senang melakukan gerakan-gerakan aktif. Latihan ini sangat populer di kalangan perempuan dan efektif membakar ratusan kalori dalam satu jam.

Tips Workout di Rumah untuk Pemula

Supaya workout di rumah berjalan efektif, kamu bisa melakukan tips praktis berikut:

  • Tentukan tujuan

    Punya tujuan yang lebih spesifik bisa membuatmu lebih fokus dan termotivasi dalam berolahraga. Misalnya, ingin menurunkan berat badan, memperkuat otot, atau meningkatkan stamina. 


  • Lakukan pemanasan 

    Ini penting dan harus dilakukan. Setiap mau mulai workout, kamu harus melakukan pemanasan dan peregangan untuk mencegah otot- otot tubuh cedera.


  • Siapkan peralatan

    Workout di rumah tanpa alat sebenarnya bisa dilakukan. Namun, kamu bisa melakukan lebih banyak variasi gerakan dengan dukungan alat olahraga yang sederhana, seperti matras, resistance band atau dumbbell


  • Buat jadwal latihan

    Dengan adanya jadwal, kamu bisa lebih konsisten berolahraga. Kalau olahraga sudah masuk ke dalam rutinitas harian, manfaatnya akan lebih terasa bagi tubuh.


  • Makan makanan sehat

    Manfaat olahraga teratur akan lebih maksimal bila didukung dengan pola makan yang sehat. Konsumsilah makanan yang kaya akan nutrisi seperti buah-buahan, sayuran, dan protein. Kurangi makanan yang tidak sehat seperti yang kadar lemaknya tinggi atau junk food.

Buat kamu yang masih clueless untuk workout di rumah, kamu bisa mengandalkan video tutorial yang ada di YouTube. Supaya workout di rumah lancar, gunakan jaringan internet yang cepat dan stabil seperti IndiHome. Dapatkan inspirasi gerakan workout online dengan koneksi IndiHome yang cepat dan terjamin!