Nikmati Tayangan Berkualitas untuk Anak Bersama Channel IndiKids dari IndiHome | IndiHome
21 SEP 2021        BLOG

Nikmati Tayangan Berkualitas untuk Anak Bersama Channel IndiKids dari IndiHome

Memberikan hiburan melalui tayangan televisi berkualitas untuk anak sangat penting dalam membentuk kepribadian hingga kecerdasan sejak dini. Namun, sayangnya saat ini sangat sulit menemukan tayangan mendidik di saluran televisi.

Padahal, ada banyak alasan penting mengapa para orang tua harus sangat selektif dalam memberikan tontonan untuk anak, terutama sedari dini. Yuk, kita bahas lebih dalam di artikel ini!

Alasan Pentingnya Orang Tua Harus Selektif dalam Memilih Tayangan Televisi Berkualitas untuk Anak

Sebagai konten yang mudah dijangkau untuk ditonton sehari-hari, tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh orang tua agar lebih selektif dalam memilih acara televisi untuk si kecil, yaitu:

  1. Tontonan adalah Tuntunan
    Pada prinsipnya, tontonan memang bisa menjadi tuntunan terutama jika dikonsumsi secara terus-menerus setiap hari. Tontonan yang tidak baik akan menjadi tuntunan bagi para anak untuk meniru apa yang ia lihat di televisi.

    Oleh karena itu diperlukan tontonan yang baik dan mendidik serta sesuai dengan masa tumbuh kembang anak. Dengan begitu, anak tidak akan terpengaruh oleh tayangan tidak mendidik yang mengganggu pertumbuhan mereka.

  2. Tontonan untuk Menjaga Moral Bangsa
    Masih berkaitan dengan poin pertama bahwa tontonan memiliki peran sangat besar terhadap penjagaan moral bangsa. Tontonan yang berkualitas dan baik dapat mengajarkan anak-anak bagaimana tingkah laku yang sesuai dengan norma yang berlaku.

    Hal ini diharapkan dapat membentuk generasi yang kuat dan bermoral baik di masa depan. Apalagi tontonan sangat mudah diserap anak karena bersifat audio visual yang memang lebih menarik dan akan tertancap kuat di pikiran.

  3. Tontonan Mendukung Tumbuh Kembang Anak
    Kualitas suatu tontonan juga mempengaruhi tumbuh kembang anak. Oleh karena itu, konten yang mendidik akan berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak.

    Anak yang menonton tayangan kartun dengan nilai edukasi baik terkait moral hingga akademik akan mempengaruhi mental dan psikisnya. Ia akan meniru tontonan tersebut hingga membawanya ke perilaku di dunia nyata.

 
Daftar Rekomendasi Acara TV yang Mendidik Anak dan Seru di IndiKids

Bingung mau cari tayangan yang seru dan mendidik untuk si buah hati? Tenang, ada channel IndiKids di IndiHome TV yang hadir sebagai teman bermain dan belajar anak Anda. Berikut ini beragam tayangan menarik, menghibur dan tentunya edukatif untuk anak:

  1. Kuku Rock You
    Salah satu acara televisi andalan yang ditayangkan di IndiKids adalah Kuku Rock You. Acara ini sebelumnya diberi nama Kukuruyuk, yang merupakan acara televisi animasi asli Indonesia yang dibuat oleh Achmad Rofiq. Serial animasi ini sudah ditayangkan di tanah air sejak tahun 2014.

    Serial animasi tiga dimensi ini bercerita mengenai seekor ayam kampung asli Indonesia bersama teman-teman hewan lainnya yang ingin menjadi seorang penyanyi rock. Namun, perjalanan mereka agar bisa dikenal hingga di kancah internasional tidaklah mudah.

    Anak-anak bisa menonton bagaimana keseruan serta kegigihan Kuku dan kawan-kawannya untuk bisa menjadi penyanyi yang mendunia.

  2. Rimba
    Rimba merupakan salah satu acara televisi untuk anak yang ditayangkan di IndiHome TV pada pagi, siang, sore, dan malam hari dengan durasi per episodenya selama 30 menit.

    Rimba adalah judul serial animasi khusus anak buatan studio asli Indonesia. Latar cerita dalam serial animasi ini adalah hutan lebat yang memperlihatkan berbagai hewan asli Indonesia. Dengan menonton animasi ini, diharapkan akan menumbuhkan sikap positif terhadap lingkungan, alam dan sesama manusia pada anak.

    Rimba sendiri adalah nama dari tokoh utama dalam serial animasi ini. Ia bersama teman-temannya para hewan liar selalu berusaha menjaga dan merawat hutan agar tetap asri.

  3. Bernard Bear
    Animasi Bernard Bear sangat fenomenal di tanah air saat pertama kali ditayangkan. Animasi pendek buatan negeri ginseng ini hanya berdurasi sekitar 3 menit saja per episodenya. Bernard Bear bercerita mengenai kehidupan sehari-hari seekor beruang kutub putih bernama Bernard yang penuh tawa.

    Selain tokoh beruang kutub, anak-anak juga akan dihibur oleh aksi lucu tokoh hewan yang lain seperti penguin, kadal hijau, chihuahua, landak, dan anjing.

  4. Vicky and Johnny
    Serial animasi Vicky and Johnny juga menjadi salah satu serial andalan yang tayang di IndiKids. Serial animasi pendek ini berasal dari Korea Selatan yang bekerjasama dengan Spanyol. Animasi ini telah ditayangkan di berbagai saluran televisi, baik di Asia hingga Eropa.

    Animasi Vicky and Johnny berbentuk boneka dengan pegas yang membuat gerakan para boneka sangat lucu saat ditonton. Keduanya tinggal di kota Spring dengan kehidupan yang sangat unik dan seru.

    Anak-anak akan disuguhkan cerita berupa keseruan aktivitas sehari-hari Vicky dan Johnny. Tokoh di dalam serial animasi Vicky and Johnny tidak berbicara dan tidak memiliki ekspresi wajah sama sekali. Cara mereka berkomunikasi adalah melalui gestur dan tarikan alis mata.

  5. Gon
    Serial animasi Gon menceritakan kisah seekor dinosaurus kecil berwarna oranye yang sangat aktif dan juga keras kepala. Sifat dinosaurus kecil Gon sangatlah lucu namun juga menjengkelkan karena jika ia menginginkan sesuatu, maka teman-temannya harus menurutinya.

    Meski tubuh Gon kecil, namun Gon sangatlah kuat. Gerakan Gon juga sangat lincah. Dijamin anak-anak akan senang dan terhibur menonton tingkah lucu makhluk kecil satu ini.

  6. Film Musikal – Murid Terbaik
    Film pendek musikal ini menceritakan seorang guru bernama Adiwilaga yang harus mencari salah satu murid terbaiknya demi melakukan pengembaraan. Adiwilaga memiliki empat orang murid terbaik yakni Kama, Nala, Raksa, dan Cakara.

    Dapatkah Adiwilaga menemukan murid terbaik? Saksikan keseruan ceritanya hanya di film musikal Murid Terbaik.

Nikmati Berbagai Acara TV Berkualitas untuk Buah Hati Hanya di Channel IndiKids dari IndiHome

Melihat pentingnya menghadirkan tontonan berkualitas untuk buah hati, maka dibutuhkan peran aktif orang tua dalam memilih tontonan yang sesuai tumbuh kembang anak. Sayangnya, mayoritas tayangan di televisi saat ini kurang ramah anak.

Oleh karena itu, IndiHome menghadirkan channel IndiKids untuk memberikan tayangan televisi berkualitas kepada anak-anak Indonesia. Channel IndiKids mulai hadir tepat di Hari Anak Nasional 2021 sebagai harapan bisa memberikan hiburan dan juga memperluas wawasan anak Indonesia.

IndiHome juga bekerjasama dengan DBS-Lokanima sebagai studio konten animasi lokal agar dapat secara kontinu menghadirkan tayangan animasi menarik dan mendidik.

Para pelanggan IndiHome dapat menyaksikan berbagai tayangan di channel IndiKids melalui Hybrid Box (STB) IndiHome TV (314 SD | 934 HD). Jika tidak sedang berada di rumah, Anda juga bisa mengakses channelnya melalui aplikasi UseeTV GO di gadget Anda atau website UseeTV.com.

Yuk, segera berlangganan layanan IndiHome TV untuk bisa menyaksikan tayangan-tayangan menarik dan mendidik untuk anak melalui channel IndiKids. Karena, sudah seharusnya orang tua memberikan tayangan televisi berkualitas untuk anak di rumah.