Learning From Home, Apa Saja yang Harus Disiapkan? | IndiHome
16 DEC 2020        BLOG

Learning From Home, Apa Saja yang Harus Disiapkan?

Di masa pandemi seperti saat ini, yang mengharuskan Anda untuk menjaga jarak dengan orang lain, tentunya membuat semua aktivitas menjadi terganggu. Salah satu aktivitas yang terkena dampaknya dari pandemi ini adalah sekolah, karena harus melakukan pembelajaran melalui rumah atau LFH.

Tentunya pembelajaran secara daring jauh berbeda dengan pembelajaran secara tatap muka langsung. Walaupun begitu, tentunya Anda tetap harus menyesuaikan karena belum memungkinkan untuk langsung bertatap muka dalam proses pembelajaran di masa seperti ini. Maka dari itu, Anda perlu menyiapkan beberapa hal dalam melakukan LFH seperti di bawah ini.

Persiapan dalam Menghadapi LFH (Learning From Home)

  1. Mencari Tempat yang Tidak Bising

    Dalam proses pembelajaran tentunya Anda harus memberikan fokus yang lebih tinggi untuk si anak. Pasalnya, dalam memahami materi yang diberikan, tentunya akan menjadi lebih sulit disebabkan sistem online tersebut. Hal inilah yang membuat Anda harus menyiapkan tempat yang jauh dari keramaian, supaya tetap dapat fokus ketika melakukan LFH. Dengan mempersiapkan tempat yang tidak bising, tentunya bisa lebih fokus dalam memahami materi yang dijelaskan oleh guru.

    Anda bisa menghindari ruangan di dalam rumah yang kemungkinan terdapat gangguan suara, contohnya seperti ruang tamu karena biasanya akan terdapat suara kendaraan yang lalu lalang. Anda dapat memilih melakukan LFH di kamar supaya terhindar dari gangguan suara.


  2. Kenyamanan Tempat

    Selain menjauhi tempat yang bising, Anda pun harus menyiapkan tempat yang nyaman ketika melakukan LFH. Dengan tempat yang lebih nyaman, tentunya membuat konsentrasi Anda akan menjadi lebih tinggi karena tidak akan terganggu oleh hal-hal lainnya. Tempat yang nyaman pun dapat membuat proses LFH menjadi lebih efektif karena dalam memahami penjelasan akan lebih mudah. Anda dapat mencari tempat yang sekiranya nyaman untuk digunakan LFH, seperti meja belajar, meja lipat, dan tempat yang tidak akan membuat kerepotan.

    Pilihlah jenis meja belajar yang sesuai dengan kebutuhan anak Anda, misalnya, jika anak ingin melakukan pembelajaran daring dengan laptop. Nah, pilihlah meja belajar yang kokoh dan memiliki ukuran agak besar, agar laptop muat saat diletakkan di atas meja. Namun, jika tidak menggunakan laptop untuk daring, Anda bisa menggunakan meja lipat dengan ukuran standar. Hal yang paling penting adalah meja belajar tersebut nyaman dan aman digunakan untuk Learning From Home, serta tidak mengganggu proses belajar. 

    Tak hanya meja belajar saja, namun lingkungan saat belajar pun harus diperhatikan. Lebih baik tanyakan pada anak, di mana mereka akan bersemangat ketika LFH? Apakah di kamar, di ruang tengah, atau bahkan mereka lebih menyukai lingkungan pembelajaran di ruang lainnya?


  3. Alat Tulis

    Tentunya Anda tetap harus menyiapkan alat tulis, walaupun sedang melakukan LFH. Hal ini diperlukan supaya Anda dapat mencatat penjelasan yang sudah disampaikan, seperti halnya dalam melakukan pembelajaran secara tatap muka.

    Walaupun saat ini Anda sudah dapat mencatat materi melalui gadget, namun tidak ada salahnya untuk tetap menyediakan alat tulis jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Beberapa alat tulis yang akan Anda butuhkan ketika melakukan LFH yaitu, pulpen/pensil, buku, penggaris, atau penghapus.

    Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi Anda yang tidak biasa menulis atau mencatat materi di layar gadget. Pasalnya, setiap orang memiliki cara tersendiri untuk menangkap pembelajaran dan memahaminya, baik melalui tulisan dalam gadget maupun catatan di buku. Terlebih lagi, kegiatan pencatatan juga akan meningkatkan kemampuan motorik si anak, lho.


  4. Terapkan Aturan LFH Bersama

    Terkadang anak-anak akan sulit membiasakan diri untuk belajar dari rumah, bahkan dikhawatirkan anak akan merasa LFH merupakan kegiatan yang tidak serius karena tidak ada guru yang mengawasi. Hal ini tentu akan membawa efek yang tidak baik, karena bisa menurunkan motivasi belajar pada anak.

    Nah, bagi Anda para orangtua yang mempersiapkan segala hal untuk kegiatan LFH anak-anak, maka perlu menerapkan aturan bersama. Aturan ini bertujuan agar anak-anak tetap melaksanakan LFH sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh sekolah masing-masing.

    Apabila terdapat informasi terkait peraturan dari pihak sekolah, sebaiknya orangtua langsung memberitahukan pada anak. Hal ini bertujuan agar anak belajar untuk bertanggung jawab dengan apa yang seharusnya mereka taati dan lakukan.


  5. Tetap Fleksibel Namun Disiplin

    Ketika anak-anak berada di rumah, mungkin kebanyakan dari mereka cenderung ingin banyak bermain bersama orang tua dibandingkan belajar. Sebagai orang tua, Anda disarankan lebih fleksibel dan mengedepankan kebutuhan anak terlebih dulu.

    Misalnya saja, anak sedang tidak semangat mengikuti pembelajaran online, maka berdiskusilah dengan mereka, bicarakan apa yang terjadi dan berilah solusi seperti layaknya peran orang tua.

    Tidak hanya peran sebagai orang tua saja, namun Anda juga berperan menjadi guru di rumah, yaitu dengan menerapkan kedisiplinan waktu serta memberikan pengertian bagi anak-anak agar proses pembelajaran melalui LFH tetap kondusif.


  6. Internet yang Tak Terbatas

    Karena melakukan aktivitas dengan sistem online, tentunya Anda harus menyediakan jaringan internet untuk LFH. Jaringan internet yang Anda gunakan pun tentunya harus bagus agar proses pembelajaran secara online tetap dapat efektif. Demi mendukung kegiatan LFH yang semakin efektif, IndiHome menyediakan paket Learning From Home yang bisa membantu pembelajaran di rumah menjadi lebih nyaman.

    Dengan koneksi internet yang stabil, tentunya akan membantu anak Anda untuk menyelesaikan tugas harian tanpa perlu ke luar rumah.

    Semua kegiatan pembelajaran dapat Anda lakukan di rumah saja dengan menggunakan IndiHome.

    Paket Learning From Home dari IndiHome sendiri memiliki 2 pilihan, yaitu paket Dual Play dan paket Triple Play. Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai 2 paket Learning From Home dari IndiHome:

    Dual Play

    • Kecepatan internet dapat mencapai 10 Mbps (untuk 1-3 perangkat).
    • Mendapatkan bebas biaya telepon rumah selama 50 menit.
    • Harga dari paket Dual Play yaitu Rp169.000/bulan.
    • Di dalam paket ini sudah termasuk akses aplikasi IndiHome Study

    Triple Play

    • Kecepatan internet dapat mencapai 10 Mbps (untuk 1-3 perangkat).
    • Mendapatkan bebas biaya telepon rumah selama 50 menit.
    • Sudah dilengkapi dengan TV interaktif.
    • Harga dari paket Triple Play yaitu Rp199.000/bulan.
    • Di dalam paket ini sudah termasuk akses aplikasi IndiHome Study.

    Dalam melaksanakan kegiatan Learning From Home (LFH) tentunya Anda harus menyiapkan beberapa hal agar jalannya kegiatan belajar anak menjadi lebih lancar. Salah satu aspek yang perlu dipersiapkan secara matang adalah akses internet untuk LFH tersebut.

    Internet berperan cukup penting karena dapat membantu dalam melaksanakan kegiatan LFH yang efektif dan efisien. Dengan jaringan internet yang handal, tentunya anak Anda akan dapat lebih mudah fokus dalam pembelajaran dan materi yang disampaikan akan lebih mudah dipahami.