Menjelajahi Keindahan 5 Pantai Eksotis di Mandalika | IndiHome
15 MAR 2022        BLOG

Menjelajahi Keindahan 5 Pantai Eksotis di Mandalika

Mandalika dikenal sebagai salah satu destinasi wisata di daerah Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat yang menyimpan banyak hidden gem. Perbukitan hijau, desa adat, hingga kumpulan pantai Lombok yang mempesona berhasil memikat para wisatawan dalam maupun luar negeri. Itu sebabnya Mandalika masuk dalam daftar 5 Destinasi Super Prioritas Indonesia, yakni program pemerintah untuk mempromosikan daya tarik wisata sekaligus menumbuhkan ekosistem ekonomi kreatif di wilayah setempat.

Nama Mandalika sendiri semakin hangat diperbincangkan setelah diresmikannya Pertamina Mandalika International Street Circuit, lintasan untuk event balapan bertaraf internasional seperti World Superbike dan MotoGP. Lintasan tersebut dibangun di kawasan wisata The Mandalika, rumah bagi berbagai pantai Lombok dan perbukitan hijau yang mengelilinginya. Perhelatan MotoGP Mandalika yang akan dilaksanakan bulan Maret ini menjadi momen yang tepat untuk menyaksikan aksi pembalap favorit Anda secara langsung di Sirkuit Mandalika sekaligus menikmati keindahan pantai di sekitarnya. Setidaknya, ada lima pantai eksotis di Mandalika yang akan membuat Anda terpukau dengan pesonanya, antara lain:

 

  • Pantai Kuta Mandalika
    Memiliki kesamaan nama dengan Pantai Kuta Bali, pantai Lombok ini berada di kawasan bagian barat Mandalika. Pantai Kuta Mandalika juga dikenal sebagai pantai terpanjang di Mandalika yang dikelilingi oleh banyak pepohonan rindang. Terdapat juga beberapa gazebo yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk berteduh atau beristirahat sembari menikmati keindahan pantai ditemani hembusan angin segar. Tidak jauh dari Pantai Kuta Mandalika, Anda bisa mengunjungi Desa Adat Sade, tempat Suku Sasak bermukim. Penduduk asli Lombok ini akan mengenalkan Anda pada berbagai tradisi dan budaya asli Lombok yang masih dilestarikan hingga saat ini.

 

  • Pantai Gerupuk
    Terletak di ujung paling timur Pantai Kuta Mandalika, Pantai Gerupuk dikenal sebagai tempat berselancar terbaik di Mandalika. Wajar saja karena salah satu pantai Lombok ini memiliki ombak yang cukup besar dan bervariasi. Bahkan peselancar pemula pun bisa menjajal ombak di Pantai Gerupuk. Karena sering dikunjungi para peselancar, terdapat juga beberapa surf camp bagi wisatawan yang ingin berlibur sekaligus unjuk gigi kemampuan berselancarnya. Pantai Gerupuk memiliki lima titik andalan untuk para peselancar. Lima titik itu di antaranya Batu Lawang atau Kids Point, Batu Teong atau Dondon, Terasaq atau Outside Left, Prigi atau Inside, dan Giligoleng atau Outside. Di antara kelima titik tersebut, Batu Lawang dianggap paling aman untuk anak-anak. Selain surfing, Anda juga bisa mengunjungi balai konservasi kelautan untuk menambah pengetahuan terkait biota laut dan ekosistemnya. 

 

  • Pantai Seger
    Tidak jauh dari Pantai Kuta Mandalika, Anda bisa mengunjungi pantai eksotis lainnya yaitu Pantai Seger. Pantai ini terbilang populer di kalangan wisatawan karena setiap tahunnya diadakan Festival Bau Nyale. Acara ini diadakan setiap pertengahan Februari dan Maret sebagai simbol penghormatan terhadap pengorbanan yang dilakukan oleh sosok legenda Mandalika, Putri Mandalika. Karena itulah, di pantai Lombok ini terdapat juga Monumen Putri Mandalika. Salah satu tradisi populer dalam Festival Bau Nyale adalah berburu cacing laut di sekitar Pantai Seger. Keunikan tradisi ini membuat Pantai Seger memiliki kesan tersendiri di mata para wisatawan.

 

  • Pantai Serenting
    Pantai ini menyimpan panorama alam yang tak kalah indahnya dari pantai Lombok lain. Pantai Serenting diapit oleh perbukitan hijau yang ditumbuhi oleh tanaman rindang. Jika dilihat dari atas bukit, keindahan Pantai Serenting mampu membuat setiap mata terpesona. Dari sana Anda bisa melihat gugusan pantai beserta terumbu karang yang tersembunyi di bawah air laut yang jernih. Pantai Serenting juga cocok dijadikan sebagai spot berkemah, lho!

 

  • Pantai Tanjung Aan
    Dari Pantai Serenting, Anda bisa sekalian menjelajahi keindahan pantai Lombok lainnya yaitu Pantai Tanjung Aan. Pantai ini menghadap langsung ke arah Samudera Hindia dan dikenal memiliki warna air biru yang jernih. Itu sebabnya banyak wisatawan yang tergoda untuk snorkeling sambil menikmati keindahan biota laut di dalamnya. Anda juga bisa sekalian menaklukkan ombak Pantai Tanjung Aan dengan berselancar. Selain dikenal sebagai spot snorkeling dan surfing, Pantai Tanjung Aan juga memiliki berbagai spot eksotis seperti Batu Payung dan Bukit Merese. Sembari berswafoto ria di atas Bukit Merese atau Batu Payung, jangan lupa untuk menikmati keindahan sunset di Pantai Tanjung Aan ya!


Temukan Informasi Seputar Tempat Wisata Populer di Mandalika dengan Berlangganan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar)

Sebelum liburan, biasanya kita selalu mencari informasi lengkap seputar tempat wisata yang hendak dikunjungi. Anda pun bisa memperkaya pengetahuan Anda tentang tempat wisata menarik di Mandalika dengan mengandalkan informasi yang terdapat di dunia maya. Pencarian informasi tersebut tentunya harus didukung oleh provider internet yang menghadirkan sinyal stabil dan koneksi super cepat. Kini, Anda tidak perlu khawatir lagi, karena Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar) siap mendukung aktivitas digital Anda

Selain menghadirkan layanan internet dengan kecepatan hingga 100 Mbps, Anda juga bisa menikmati  berbagai konten dan tayangan favorit dari ratusan channel TV unggulan dan bebas nelpon di jaringan lokal atau interlokal. Paket ini tersedia dalam tiga pilihan, yaitu;

  • Paket 3P (Internet+TV+Phone)
    Menghadirkan kecepatan internet mulai dari 30 Mbps hingga 100 Mbps dan biaya berlangganan mulai dari Rp385.000 per bulan. Melalui paket lengkap ini, Anda akan mendapatkan bonus nelpon hingga 100 menit di jaringan lokal/interlokal, cashback LinkAja Rp100.000, bebas akses tayangan berkualitas di 100 channel TV dan ekstra 57 channel TV selama 3 bulan serta bebas nonton berbagai tayangan berkualitas dari Disney+ Hotstar. Untuk kecepatan internet 50 Mbps hingga 100 Mbps, Anda juga mendapatkan bebas akses MOLA, WeTV iflix, CATCHPLAY+, Vidio dan minipack IndiMovie 2.
  • Paket 2P (Internet+TV)
    Menghadirkan kecepatan internet mulai dari 30 Mbps hingga 100 Mbps dan biaya berlangganan mulai dari Rp370.000 per bulan. Anda juga akan mendapatkan bonus cashback LinkAja Rp100.000, bebas akses tayangan berkualitas di 100 channel TV dan ekstra 57 channel TV selama 3 bulan serta bebas nonton berbagai tayangan berkualitas dari Disney+ Hotstar. Untuk kecepatan internet 50 Mbps dan 100 Mbps, Anda juga mendapatkan bebas akses MOLA, WeTV iflix, CATCHPLAY+, Vidio dan minipack IndiMovie 2.
  • Paket 2P (Internet+Phone)
    Menghadirkan kecepatan internet hingga 100 Mbps dan biaya berlangganan mulai dari Rp300ribu-an saja per bulan. Anda akan mendapatkan bonus nelpon lokal/interlokal selama 100 menit, bonus cashback LinkAja Rp100.000, dan bebas akses berbagai tayangan berkualitas dari Disney+ Hotstar.

Mau browsing seputar Mandalika dan mencari tips liburan seru hingga menyaksikan tayangan edukatif terkait dunia pariwisata, semuanya bisa Anda nikmati dengan berlangganan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar). Spesial di bulan Maret 2022, dapatkan diskon biaya pasang baru sebesar 50% untuk berlangganan paket ini. Yuk, langganan sekarang!