Mengenal Makna dan Sejarah Singkat Hari Pahlawan | IndiHome
31 OCT 2022        BLOG

Mengenal Makna dan Sejarah Singkat Hari Pahlawan

Selepas proklamasi dideklarasikan pada tanggal 17 Agustus 1945, kondisi Indonesia masih belum stabil. Sebab peperangan masih bergejolak antara rakyat Indonesia dan tentara asing di berbagai wilayah, terutama di Surabaya, Jawa Timur. Pergolakan inilah yang akan mengantarkan kita pada makna dan sejarah singkat Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November. 

Yuk, kita pelajari sejarah dan makna Hari Pahlawan lewat penjelasan di bawah ini!


Sejarah Singkat Hari Pahlawan

Pasca kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945, Indonesia masih dihadapkan dengan situasi perang melawan tentara asing di wilayah Surabaya, Jawa Timur. Hal tersebut mendorong terjadinya insiden perobekan bendera merah putih biru milik Belanda yang berkibar di atas Hotel Yamato pada tanggal 19 September 1945.

Setelah itu, tentara Inggris yang bergabung dengan organisasi AFNEI (Allied Forces Netherlands East Indies) mendarat di Jakarta berbarengan dengan tentara NICA (Netherlands Indies Civil Administration). Kemudian mereka menuju Surabaya dan menginjakkan kaki di sana pada tanggal 25 Oktober 1945.

Tentara asing itu bertugas untuk memulangkan penjajah Jepang ke negaranya serta membebaskan tawanan perang. Para tentara kolonial pun menuntut Jepang untuk mengembalikan Indonesia sebagai negara jajahan ke tangan Belanda.  

Hal tersebut membuat pribumi murka dan merasa terhina, apalagi Indonesia telah mendeklarasikan kemerdekaannya. Aksi tentara kolonial dianggap melecehkan bendera merah putih milik Indonesia yang sudah berkibar. Itulah mengapa arek-arek Suroboyo melayangkan protes di depan Hotel Yamato dan meminta pihak Belanda menurunkan benderanya.

Berlanjut ke tanggal 29 Oktober 1945, Ir. Soekarno memerintahkan pasukan militer untuk melakukan gencatan senjata dengan tentara Inggris. Pasca kesepakatan itu, para penjajah meminta warga pribumi menyerahkan diri sampai pukul 06.00 di tanggal 10 November. Tidak terima dengan hal tersebut, terjadilah pertempuran antara warga Surabaya melawan Inggris selama 3 minggu yang mengakibatkan 6.000 rakyat Indonesia gugur dalam peperangan.

Demi mengenang perjuangan para pahlawan di Surabaya, pada tanggal 16 Desember 1959, Ir. Soekarno menetapkan 10 November sebagai Hari Pahlawan. Hingga saat ini, bangsa Indonesia masih tetap merayakannya. Makna dan sejarah singkat Hari Pahlawan ini tentu harus dipahami dari generasi ke generasi agar kita semua selalu ingat akan jasa-jasa pahlawan yang berjuang untuk Indonesia.


Makna Hari Pahlawan Bagi Bangsa Indonesia

Bagi masyarakat Indonesia, kisah perjuangan para pahlawan bangsa memiliki makna mendalam yang harus diapresiasi. Perwujudan tersebut tertuang dalam peringatan Hari Pahlawan, dimana kita akan mengenang serta menghormati jasa para pahlawan dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan NKRI.

Selain itu, makna dan sejarah singkat Hari Pahlawan ini mengajarkan muda-mudi untuk meneladani sikap pantang menyerah, jujur, gigih, dan memiliki semangat juang tinggi dalam meraih cita-cita, seperti yang dimiliki oleh para pahlawan.


Mengenal Makna dan Sejarah Hari Pahlawan dengan Berlangganan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar)

Informasi di atas tentunya dapat memberikan kamu wawasan baru mengenai sejarah tercetusnya Hari Pahlawan yang dirayakan setiap tanggal 10 November. Kamu juga bisa mempelajari sejarah Hari Pahlawan lebih banyak lagi dengan cara yang menyenangkan, misalnya dengan browsing di internet atau streaming video maupun film mengenai sejarah Hari Pahlawan.

Pastikan aktivitas digital kamu dalam mempelajari sejarah berjalan lancar dengan berlangganan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar) yang menghadirkan kecepatan internet hingga 300 Mbps. Jadi, kamu bisa berselancar di dunia maya sepuasnya dengan nyaman, deh.

Benefit lainnya yang bisa kamu dapatkan dengan berlangganan paket ini yaitu kamu bisa nonton ribuan tayangan berkualitas dari ratusan channel TV unggulan, bonus nelpon di jaringan lokal/interlokal hingga 100 menit serta bebas akses Disney+ Hotstar sepuasnya!

Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar) menghadirkan tiga pilihan paket, yaitu:

  • Paket 3P (Internet + TV + Phone)
    Nikmati kecepatan internet hingga 300 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp385.000 per bulan. Dapatkan benefit berupa bonus nelpon lokal/interlokal hingga 100 menit, bebas akses tayangan berkualitas di Disney+ Hotstar serta 100+ channel TV favorit dan bonus tambahan 62 channel TV add-on minipack Upgrade Essential selama 3 bulan. Untuk kecepatan mulai dari 50 Mbps akan mendapatkan akses sepuasnya ke tayangan MOLA, WeTV iflix, Vidio, CATCHPLAY+, dan minipack IndiMovie 2 (+HBO GO).   
     
  • Paket 2P (Internet + TV)
    Nikmati kecepatan internet hingga 100 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp370.000 per bulan. Anda juga akan mendapatkan bebas akses tayangan berkualitas di Disney+ Hotstar serta 100+ channel TV favorit dan bonus tambahan 62 channel TV add-on minipack Upgrade Essential selama 3 bulan. Untuk kecepatan mulai dari 50 Mbps akan mendapatkan akses sepuasnya ke tayangan MOLA, WeTV iflix, Vidio, CATCHPLAY+, dan minipack IndiMovie 2 (+HBO GO). 

  • Paket 2P (Internet + Phone)
    Nikmati kecepatan internet hingga 100 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp200.0000-an saja per bulan. Anda juga akan mendapatkan bebas nelpon lokal/interlokal 50 menit, dan akses sepuasnya ke berbagai tayangan Disney+ Hotstar.

Yuk, langganan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar) sekarang juga! Ada diskon 50% untuk biaya pasang baru, lho!