Mengenal 10 Stadion Bola Terbesar di Dunia | IndiHome
20 DEC 2022        BLOG

Mengenal 10 Stadion Bola Terbesar di Dunia

Pertandingan sepak bola menjadi salah satu tontonan yang selalu dinantikan. Itu sebabnya kapasitas penonton di stadion harus bisa menampung banyak orang yang ingin menyaksikan aksi jagoannya secara langsung di lapangan hijau. 

Berbicara tentang kapasitas penonton, saat ini tercatat ada beberapa stadion bola terbesar di dunia yang mampu menampung lebih dari 100.000 orang. Di mana saja stadion tersebut?


Ini Dia 10 Stadion Bola Terbesar di Dunia!

Berdasarkan kapasitasnya, tercatat ada 10 stadion sepak bola terbesar yang mampu menampung puluhan ribu pentonton, yaitu:

  • Stadion Borg El Arab, Mesir
    Stadion ini selesai dibangun pada tahun 2007 dan mampu menampung 86.000 penonton. Stadion Borg El Arab sendiri merupakan stadion terbesar kedua di Afrika. Pada tahun 2017, stadion ini sempat dipadati penonton yang ingin menyaksikan babak kualifikasi Piala Dunia 2018 antara Mesir dan Kongo.
  • Stadion Nasional Bukit Jalil, Malaysia
    Ternyata negara di Asia Tenggara juga masuk ke dalam daftar pemilik stadion bola terbesar di dunia, lho! Terletak di Kuala Lumpur, Stadion Nasional Bukit Jalil selesai dibangun pada tahun 1998. Stadion ini juga sempat menjadi tuan rumah Commonwealth Games 2019 dan event sepak bola internasional lainnya. Stadion Nasional Bukit Jalil mampu menampung 87.411 penonton. 
  • Stadion Estadio Azteca, Meksiko
    Berbasis di Mexico City, Stadion Estadio Azteca diresmikan pada tahun 1966 dengan kapasitas penonton mencapai 87.523 orang. Stadion ini juga memiliki ruang pribadi dengan tempat duduk premium untuk menampung 856 orang. Pada tahun 1970 dan 1986, Estadio Azteca sempat digunakan ketika Meksiko menjadi tuan rumah Piala Dunia 1970 dan 1986. 
  • Stadion Wembley, Inggris
    Stadion ini memiliki ciri khas, yakni lengkungan raksasa yang merupakan tiang utama atau struktur penyangga atap. Berlokasi di London, Stadion Wembley dibangun dalam kurun waktu 5 tahun dan selesai pada tahun 2007. Stadion ini mampu menampung 90.000 penonton dan kerap dijadikan sebagai tuan rumah final FA Cup. 
  • Stadion Rose Bowl, Amerika Serikat
    Selanjutnya di Pasadena, California, terdapat stadion bola terbesar di dunia yang mampu menampung 92.542 penonton. Pembangunan stadion ini dimulai pada tahun 1922 dan kerap diperluas dari  waktu ke waktu. 
  • Stadion FNB, Afrika Selatan
    Stadion FNB sempat dijadikan tuan rumah pada Piala Dunia 2010 lalu. Lokasinya berada di Kota Johannesburg dan dikenal sebagai Soccer City. Sebenarnya stadion ini merupakan hasil rekonstruksi dari stadion asli yang dibangun pada tahun 1989 atau ketika era Apartheid di Afrika Selatan. Untuk kapasitas penonton, Stadion FNB dapat menampung 94.736 orang. 
  • Stadion Camp Nou, Spanyol
    Penggemar kesebelasan Barcelona FC pasti tidak asing lagi dengan stadion ini. Tak hanya dianggap sebagai salah satu stadion bola terbesar di dunia, Camp Nou juga termasuk stadion terbesar di Eropa dengan kapasitas 99.354 penonton. Stadion ini dibangun pada tahun 1975 dan telah mengalami rekonstruksi besar-besaran. Mengingat begitu ikonik dan dihormatinya stadion ini, bahkan rencana rekonstruksi stadion memerlukan persetujuan para penggemar.
  • Stadion Melbourne Cricket Ground, Australia
    Tak hanya cricket, stadion ini juga sering digunakan untuk pertandingan sepak bola taraf internasional. Klub Eropa populer seperti Juventus dan Manchester United pun pernah merumput di Melbourne Cricket Ground. Dikenal juga sebagai The G, stadion ini dapat menampung 100.024 penonton.
  • Stadion AT&T, Amerika Serikat
    Markas dari tim sepak bola Amerika Dallas Cowboys ini berlokasi di Arlington, Texas. Di bagian langit-langit tengah stadion tergantung layar televisi berdefinisi tinggi dan terbesar di dunia. Stadion AT&T mampu menampung 105.000 orang penonton.   
  • Stadion Rungrado May Day, Korea Utara
    Berlokasi di Pyongyang, Rungrado Stadium dapat menampung 114.000 - 150.000 orang penonton. Stadion ini diresmikan pada tahun 1989 dan sering digunakan sebagai tuan rumah Olimpiade Arirang. Menurut Guinness Book of Records, Stadion Rungrado May Day layak mendapat gelar stadion bola terbesar di dunia.


Temukan Serba-serbi Dunia Sepak Bola dengan Berlangganan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar)

Setelah mengetahui 10 stadion bola terbesar di dunia, kamu juga bisa menggali informasi lain terkait olahraga favorit ini, lho. Nah, agar kamu tidak ketinggalan berita terkini seputar sepak bola, pastikan kamu berlangganan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar).

Dengan jaringan internet IndiHome berkecepatan hingga 300 Mbps, kamu bisa berselancar di dunia maya untuk menikmati berbagai konten menarik seputar sepak bola. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan benefit lain berupa bebas nonton ribuan tayangan favorit dari ratusan channel TV unggulan, bonus nelpon di jaringan lokal/interlokal hingga 100 menit, serta diskon 50% untuk biaya pasang baru.

Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar) tersedia dalam tiga pilihan, yaitu Paket 2P (Internet + Phone), Paket 2P (Internet + TV), dan Paket 3P (Internet + TV + Phone). Ketiga pilihan paket tersebut hadir dengan beragam kecepatan internet dan benefit yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Yuk, langganan sekarang dan nikmati serunya kemeriahan sepak bola dengan berlangganan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar)!