Camilan dan jajanan bisa Anda jual secara online untuk mendapatkan penghasilan
yang lebih tinggi. Terlebih lagi, peluang penjualan camilan menjelang tahun
baru bisa semakin meningkat. Untuk mendapatkan pembeli, Anda bisa melakukan
teknik pemasaran jualan via Instagram.
Mengapa harus Instagram? Instagram merupakan salah satu media sosial paling
besar saat ini dan jumlah penggunanya telah mencapai ratusan juta orang di
seluruh dunia. Hampir semua orang memiliki akun Instagram dan hal ini
merupakan kabar baik bagi pemilik bisnis online.
Tips Pemasaran Jualan Via Instagram
Untuk mendapatkan hasil penjualan yang maksimal dari Instagram, ada beberapa
hal yang perlu Anda lakukan. Berikut ini tipsnya.
-
Tentukan Target PasarHal pertama yang perlu Anda lakukan
adalah menentukan siapa target pasar atau calon konsumen yang akan membeli
produk. Dalam hal ini diasumsikan bahwa Anda sudah memiliki produk berupa
camilan atau jajanan.
Umumnya, target utama konsumen jajanan dan
camilan adalah remaja usia 15-22 tahun dan ibu-ibu muda. Namun Anda juga
bisa membidik target pasar lain yang lebih sesuai dengan produknya. Target
pasar harus ditentukan di awal untuk menentukan strategi atau pola pemasaran
selanjutnya. Mengingat setiap kalangan memiliki ketertarikan yang
berbeda.
Dengan menentukan target pasar yang tepat, Anda akan
lebih mudah menentukan strategi pemasaran. Artinya, modal berupa tenaga dan
pemikiran yang Anda keluarkan pun lebih sedikit karena arah dan tujuannya
sudah jelas dari awal.
-
Akun BisnisTarget pasar sudah ditentukan secara rinci,
sekarang saatnya untuk membuat akun Instagram yang akan dipakai untuk
berjualan. Jenis akun yang disarankan untuk berjualan adalah jenis akun
bisnis. Dibandingkan akun personal, akun bisnis memiliki fitur yang lebih
lengkap dan mendukung untuk kegiatan marketing. Contohnya fitur insight
serta promosi.
Anda juga bisa menambahkan beberapa tombol di
profil, contohnya mengarahkan ke alamat email atau nomor telepon. Tombol
tersebut juga akan membantu para calon pembeli ketika akan melakukan
pemesanan. Untuk membuat sebuah akun bisnis, Anda hanya perlu melakukan
registrasi akun seperti biasanya. Ketika akun sudah selesai dibuat, masuk ke
halaman profil. Setelah itu buka menu Pengaturan atau Settings –-> Akun atau
Account –-> Switch to Business. Ikuti langkah berikutnya sesuai panduan.
-
Membuat Konten yang MenarikAkun sudah selesai dibuat dan
kini Anda sudah siap untuk mengunggah konten ke akun bisnis. Konten yang
diupload tidak melulu harus berupa promosi produk. Hal tersebut justru akan
membuat para pengikut bosan dengan akun bisnis Anda.
Berikut ini
ide konten yang bisa Anda upload di akun Instagram bisnis:
-
Video behind the scene (BTS)Konten berupa behind the scene atau di
balik pembuatan produk bisa menjadi ide yang sangat menarik. Anda bisa
menampilkan proses pembuatan camilan atau jajanan melalui sebuah video
timelapse. Pastikan gambar atau video tampak terang dan jelas.
-
Gambar edukasiSudah disebutkan di atas bahwa pengikut atau
followers akan merasa bosan jika Anda terus-terusan mengunggah foto atau
video produk. Sekali-kali cobalah untuk mengupload gambar berupa edukasi
yang masih berkaitan dengan produk Anda.
-
Gambar bersama influencerInfluencer di Instagram atau juga bisa
disebut sebagai selebgram merupakan orang yang pekerjaannya memengaruhi
pengikutnya untuk menggunakan atau membeli suatu produk. Tak ada
salahnya jika Anda memasang foto produk Anda yang sedang dipegang oleh
selebgram.
-
Gambar atau video dari pelangganKetika pelanggan membeli produk
Anda, mintalah kepada mereka untuk mengunggahnya di Instagram dan
menandai Anda. Setelah itu, repost atau kirim ulang gambar atau video
dari konsumen. Selain menghargai konsumen yang sudah mendokumentasikan
produk, foto tersebut juga bisa difungsikan layaknya testimoni.
-
Gambar saat hari besarUntuk menambah insight dan engagement,
jangan lupa untuk membuat gambar khusus untuk memperingati hari besar.
Unggah konten gambar khusus hari besar misalnya ketika Natal, Lebaran,
Tahun Baru, Hari Ibu, dan lain sebagainya.
-
Perbanyak Jumlah FollowersTips yang berikutnya adalah
menambah jumlah pengikut atau followers. Anda bisa menggunakan cara
sederhana seperti di bawah ini:
-
Carilah akun yang menjual produk serupa dengan milik Anda, terutama akun
yang memiliki banyak pengikut.
- Buka tab “Followers”.
- Ikuti satu per satu orang yang ada di daftar tersebut.
-
Jangan follow orang-orang tersebut dengan terburu-buru atau mengikuti
banyak orang sekaligus agar tidak dibanned oleh Instagram.
-
Beri waktu sekitar 1 hingga 2 hari sampai orang-orang tersebut follow
akun Anda.
- Unfollow orang-orang tersebut setelah melewati batas waktu.
Dengan begitu, jumlah followers Anda bisa meningkat. Orang-orang pun
akan merasa tertarik dengan produk camilan atau jajanan yang Anda jual.
-
Gunakan Hashtag yang SesuaiTips ini masih berhubungan
dengan upload konten. Instagram sendiri memiliki hashtag atau tanda pagar
(#) untuk menandai suatu topik tertentu. Hashtag memudahkan orang mencari
produk yang Anda jual. Oleh karena itu, Anda harus menggunakan hashtag yang
tepat.
Usahakan untuk mencari hashtag yang sedang populer dan
berhubungan dengan produk Anda. Sebaiknya, Anda tidak menggunakan hashtag
terlalu banyak untuk mempermudah calon pembeli menemukan postingan
promosi.
-
Diskon dan PromoSiapa yang tidak suka dengan potongan
harga atau diskon serta promo? Hampir semua orang menyukainya. Bagaimana
tidak, adanya diskon dan promo akan membuat pembeli membayar lebih sedikit
dari yang seharusnya.
Memberikan diskon dan promo pada
waktu-waktu tertentu dapat menjadi strategi yang tepat untuk mendongkrak
penjualan camilan di Instagram.
Saat menentukan potongan harga
atau promo lainnya, usahakan jangan sampai Anda rugi. Artinya, sebisa
mungkin jangan sampai Anda harus mengeluarkan uang untuk menutup kekurangan
ketika mengadakan promo. Minimal harga akhir produk yang ditawarkan sama
dengan jumlah modal yang dikeluarkan supaya tidak merugi.
-
Gunakan Instagram Stories dan Instagram LiveKonten atau
unggahan di feeds saja masih kurang untuk mendapatkan perhatian dari
pembeli. Sebaiknya, akun bisnis Anda membuat Instagram Stories setiap hari
untuk meningkatkan kunjungan. Untuk konten Instagram Stories sendiri bebas
sesuai dengan kreativitas Anda. Tetapi, pastinya harus sesuai dan
berhubungan dengan produk yang dijual.
Selain Instagram Stories,
Anda juga bisa mengadakan Instagram Live atau siaran langsung pada
waktu-waktu tertentu. Carilah informasi mengenai jam aktif para calon
konsumen Anda. Lakukan Instagram Live atau siaran langsung ketika banyak
orang yang online agar konten Anda bisa ditonton oleh mereka.
-
Jangan Rusak Kepercayaan KonsumenTips terakhir yang tidak
kalah penting adalah selalu menjaga kepercayaan konsumen dengan memberikan
produk serta pelayanan terbaik. Sebisa mungkin jangan sampai Anda membuat
konsumen merasa kecewa atau marah.
Jangan pernah menipu konsumen
dengan memberikan produk camilan yang tidak sesuai gambar. Jika konsumen
mendapatkan produk yang tidak sesuai ekspektasi, dirinya pun enggan untuk
kembali.
Tips pemasaran jualan via Instagram di atas memang tidak langsung
membuahkan hasil. Anda perlu bersabar dan terus berusaha sampai mendapatkan
banyak konsumen. Intinya, jangan pernah berhenti memahami keinginan konsumen.
Hadirkan Momen Seru Bersama Keluarga dengan Internet dan Hiburan Favorit di Rumah. Langganan IndiHome sekarang!
Solusi lengkap internet cepat dan hiburan yang IndiHome hadirkan kepada pelanggan, dengan menyediakan berbagai Paket untuk berbagai aktivitas di rumah. Untuk mengetahui detail Paket dari IndiHome, pelanggan bisa mengunjungi website https://indihome.co.id/paket/daftar. Harga paket yang ditawarkan belum termasuk PPN.