Manfaat yang Bisa Didapat dengan Menambah Relasi Secara Online | IndiHome by Telkomsel
19 AUG 2021        BLOG

Manfaat yang Bisa Didapat dengan Menambah Relasi Secara Online

Kecanggihan teknologi membuat komunikasi dengan siapa pun jadi semakin mudah dan menyenangkan. Anda bisa mengandalkan teknologi untuk terhubung dengan saudara, sahabat, dan kerabat lain yang tinggal saling berjauhan dengan Anda. Hal ini kian dipermudah dengan hadirnya beragam aplikasi instant messaging, media sosial, dan lainnya yang dilengkapi dengan fitur chatting hingga video call.

Selain bisa berkomunikasi jarak jauh dengan orang-orang yang Anda kenal, kini Anda juga bisa cari teman online secara leluasa, sehingga pergaulan Anda tidak sebatas dengan orang-orang terdekat yang sudah lama Anda kenal. Pandemi Covid-19 memang membuat semua orang harus menaati protokol kesehatan dan melakukan physical distancing. Namun, bukan berarti hal tersebut membuat Anda tidak bisa memiliki ruang lingkup pergaulan yang luas. Anda justru dapat memanfaatkan teknologi untuk mencari banyak teman secara online.

Manfaat yang Bisa Didapat Jika Punya Teman Online

Bila Anda memiliki banyak teman online, maka Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat berikut ini:


Mempraktikkan Teknik Komunikasi Secara Luwes

Ilmu formal seputar teknik berkomunikasi saja tidak cukup sebagai bekal kehidupan. Anda patut mempraktikkan pengetahuan yang Anda miliki untuk berkomunikasi dengan banyak orang, salah satu caranya yaitu menjalin pertemanan dengan banyak orang, termasuk yang Anda kenal di dunia maya. Jika Anda bisa berkomunikasi secara luwes dengan banyak orang, dijamin Anda akan berkembang menjadi sosok yang percaya diri dan memiliki banyak pengetahuan.


Mengenal Berbagai Karakter yang Dimiliki Orang Lain

Menjalin pertemanan dengan banyak orang membuat Anda mengenal dan belajar tentang berbagai karakter yang dimiliki orang lain. Manfaat cari teman online yang satu ini akan membuat Anda menjadi pribadi yang bijaksana, sehingga Anda memahami cara bersikap yang tepat dalam menghadapi beraneka ragam karakter orang. Tidak hanya bisa dipraktikkan di dunia maya, kemampuan mengenal berbagai karakter yang dimiliki orang lain juga akan membantu Anda menjalani pertemanan di kehidupan nyata.


Mendapat Banyak Pengetahuan dan Ide Baru

Bukan rahasia lagi jika Anda berpeluang mendapat banyak pengetahuan, ide, dan informasi baru bila menjalin relasi secara luas. Begitu juga dengan memiliki banyak teman online, Anda akan mengetahui beragam informasi yang belum tentu Anda ketahui. Hal ini juga membuat Anda memiliki perspektif yang luas terhadap suatu hal. Pandangan yang luas penting untuk membentuk pribadi yang bijaksana dan tidak mudah emosi akibat suatu pemahaman tertentu yang dihayati secara berlebihan.


Mendukung Penyebaran Informasi Secara Cepat dan Luas

Koneksi di dunia maya juga dapat membantu penyebaran informasi secara cepat dan luas. Misalnya, bila Anda sedang mencari calon pendonor darah untuk anggota keluarga yang sakit, Anda bisa meminta bantuan teman-teman online untuk menyebarkan informasi di media sosial. Informasi yang tersebar secara cepat dan luas tentunya akan membantu Anda.


Membantu Proses Belajar Bahasa Asing

Jangan malas untuk mencari teman online dari berbagai negara, karena kehadiran mereka bisa membantu Anda mempelajari bahasa asing, lho. Ketika Anda tergerak untuk berkomunikasi secara lancar dengan teman online, Anda pasti berusaha mempelajari kosakata dan grammar bahasa asing semaksimal mungkin. Bila Anda melakukannya secara konsisten, dijamin kemampuan bahasa asing Anda akan semakin baik dan lancar. Kemungkinan besar Anda pun tidak ragu untuk mempraktekkannya secara langsung.


Membuka Peluang Kerja atau Bisnis

Kesempatan kerja atau bisnis bisa berasal dari mana saja, termasuk dari dunia maya. Jika Anda memiliki banyak teman online, maka Anda bisa mencari informasi yang banyak tentang peluang kerja atau bisnis terbaru. Bukan hal yang mustahil bila kesempatan besar berasal dari jalinan pertemanan di dunia maya. Namun, Anda harus tetap berhati-hati memilih teman online supaya tidak terjebak dalam penipuan berupa cyber crime yang marak terjadi dalam beberapa tahun terakhir.


Meminimalkan Konflik dengan Teman

Manfaat lainnya yang bisa didapat bila memiliki teman online adalah mengurangi risiko konflik. Tidak dapat dipungkiri bahwa pertemuan tatap muka dengan intensitas tinggi kerap memicu konflik, apalagi bila Anda dan teman sedang berbeda pendapat. Namun, tidak demikian halnya dengan pertemanan online. Dengan intensitas komunikasi yang tidak terlalu tinggi, pertemanan akan minim drama.


Berani untuk
Traveling

Teman online di dunia maya bisa menjadi kawan baik yang memotivasimu melakukan hal-hal positif, salah satunya traveling. Jika Anda memiliki hubungan baik dan telah berkawan dekat dengan teman online di negara atau kota lain, Anda pasti tidak ragu untuk traveling ke tempat teman Anda menetap. Hal ini akan membawa kepuasan tersendiri dan membuat wawasan Anda jadi semakin luas.


Membuat Anda Leluasa Jadi Diri Sendiri

Ketika menjalani pergaulan di dunia nyata, tidak jarang seseorang harus menunjukkan sikap tertentu supaya tidak menyinggung orang tersebut. Namun, Anda tidak perlu melakukannya bila memiliki teman online. Anda bisa bergaul secara leluasa dan menjadi diri sendiri meskipun tanpa bertatap muka dengan teman-teman. Itulah sebabnya pergaulan di dunia nyata dan dunia maya harus seimbang supaya kesehatan mental dan kemampuan komunikasi Anda tetap terjaga.

Tips dalam Mencari Teman Online

Jika saat ini Anda tertarik untuk mencari teman online, Anda bisa melakukan beberapa hal ini untuk mewujudkannya:

  • Mengandalkan media sosial populer yang digunakan banyak orang, misalnya Facebook, Instagram, dan Twitter. Sebaiknya Anda menghindari aplikasi online dating jika tujuan Anda hanya mencari teman secara umum, bukan teman kencan.
  • Menjalin pertemanan dengan orang-orang dari berbagai negara yang punya kesamaan latar belakang dengan Anda, misalnya punya hobi atau pekerjaan serupa. Hal sederhana ini akan membuat Anda dan si teman online cepat memiliki chemistry pertemanan.
  • Jika sudah berkenalan dengan teman online, jangan malas menjaga komunikasi agar hubungan pertemanan semakin kompak.
  • Sedekat apapun Anda dengan teman online, usahakan untuk tidak memberikan materi, misalnya transfer uang dengan alasan apapun. Terutama jika Anda belum mengetahui latar belakang, tempat tinggal, dan informasi tentang dirinya.

Hadirkan Momen Seru Bersama Keluarga dengan Internet dan Hiburan Favorit di Rumah. Langganan IndiHome sekarang!

Solusi lengkap internet cepat dan hiburan yang IndiHome hadirkan kepada pelanggan, dengan menyediakan berbagai Paket untuk berbagai aktivitas di rumah. Untuk mengetahui detail Paket dari IndiHome, pelanggan bisa mengunjungi website https://indihome.co.id/paket/daftar. Harga paket yang ditawarkan belum termasuk PPN.