Manfaat CCTV dalam Dunia Bisnis Perumahan dan Perkantoran | IndiHome
6 APR 2021        BLOG

Manfaat CCTV dalam Dunia Bisnis Perumahan dan Perkantoran

Riset membuktikan bahwa memasang kamera CCTV dapat meningkatkan sistem keamanan dan mencegah tindak kejahatan pada suatu properti. Oleh sebab itu, tidak mengherankan kalau di era modern ini semakin banyak bisnis properti dan perkantoran yang melakukan instalasi CCTV online.

Seiring perkembangan teknologi, saat ini Anda bisa menemukan beragam pilihan smart camera yang telah dibekali dengan teknologi tinggi seperti Internet of Thing, dan memungkinkan Anda untuk mengoperasikan, memonitor, hingga mengontrol CCTV melalui perangkat smartphone.

Apa itu CCTV?

CCTV (Closed Circuit Television) apabila diterjemahkan berarti televisi sirkuit tertutup. Cara kerja sistem CCTV adalah menggunakan sinyal bersifat tertutup, jadi bukan seperti televisi biasa. Umumnya, CCTV difungsikan untuk memperkuat keamanan, baik di rumah maupun perkantoran.

Secara umum, CCTV dapat diartikan sebagai suatu perangkat kamera video digital dan digunakan untuk mengirim sinyal ke layar monitor. Wajar saja kalau CCTV juga kerap kali disebut kamera pengintai.

Pemasangan CCTV bertujuan memantau kondisi dan situasi tempat tertentu sebagai langkah pencegahan hal-hal yang tidak diinginkan, khususnya tindak kejahatan. Bahkan, tidak jarang pula CCTV dijadikan bukti atas tindak kejahatan yang pernah terjadi di suatu tempat.

Sistem CCTV terdiri atas beberapa perlengkapan, yaitu:

  • Kamera
  • Digital Video Recorder
  • Monitor

7 Manfaat CCTV untuk Penggunaan Personal, Bisnis Properti, dan Perkantoran

Di era modern seperti sekarang, penggunaan CCTV memang kian marak. Selain dipasang di area publik dan perkantoran, tidak sedikit pula yang memasang CCTV untuk mengawasi kawasan hunian. Hal tersebut tentu tidak terlepas dari manfaat penggunaan CCTV yang terbukti efektif.

Berikut ini adalah manfaat menggunakan CCTV, baik di areal bisnis perumahan maupun perkantoran:

  1. Meningkatkan Keamanan
    Seperti diketahui, bahwa fungsi utama CCTV adalah guna meningkatkan keamanan. Dengan kata lain, sebagai upaya pencegahan terhadap aksi kriminal dan kejahatan. Khususnya bagi pelaku bisnis, baik itu di bidang properti, kuliner, perkantoran, dsb.

    CCTV mampu merekam sekaligus menampilkan video secara live sehingga Anda dapat memantau kondisi suatu tempat secara langsung. Bahkan di area minim atau tanpa cahaya sekalipun, kamera akan berfungsi dengan baik karena dilengkapi dengan infra red.

  2. Memantau Aktivitas Pegawai
    Dalam dunia bisnis, closed circuit television terbukti mumpuni untuk mengawasi kegiatan yang dikerjakan pegawai. Dengan begitu, Anda bisa memantau produktivitas pekerja dari semua divisi sehingga stabilitas sistem dalam suatu perusahaan bisa terus terjaga.

    Sebab, sudah menjadi rahasia umum bahwa kelalaian atau kurang produktifnya pegawai dalam mengemban tugas akan memberikan dampak bagi perusahaan. Apabila hal tersebut tidak segera ditindaklanjuti, maka akan berimbas pada penurunan kualitas kerja.

  3. Menjaga Aset Perusahaan
    Aset bisnis, baik itu berukuran besar maupun kecil merupakan salah satu elemen paling penting bagi suatu perusahaan. Dengan aset tersebut pula, perusahaan bisa beroperasi secara normal. Adapun aset tersebut terdiri atas 2 bentuk, berwujud dan tidak berwujud.

    Salah satu upaya menjaga aset berwujud, seperti gedung yang berisi barang berharga dan mobil adalah dengan menempatkan CCTV pada tempat di mana aset tersebut berada. Jadi, Anda tidak perlu merasa was-was ketika harus bepergian dalam waktu yang lama.

  4. Barang Bukti Tindak Kejahatan
    Rekamanan CCTV akan tersimpan secara otomatis, sehingga apabila terjadi hal-hal negatif di kawasan tersebut, maka hasil rekaman dapat dijadikan sebagai barang bukti. Arsip rekaman tentu akan sangat membantu proses penyelidikan oleh pihak berwajib.

    Oleh sebab itulah, CCTV dapat dijadikan sebagai pengawas paling ampuh untuk aset pribadi, maupun perusahaan. Karena dengan adanya kamera tersebut, Anda dapat memonitoring seluruh aktivitas yang terjadi di tempat-tempat yang telah dipasangi CCTV.

  5. Mencegah Insiden Keamanan
    Kamera CCTV bisa dipasang di area yang rawan kecelakaan, misalnya lokasi yang berpotensi tinggi dapat terjadi kebakaran. Apabila instalasi diletakkan pada tempat yang tepat, maka bisa mencegah terjadinya kecelakaan maupun kerusakan.

    Hal tersebut dikarenakan Anda dapat melihat apa yang sedang terjadi pada seluruh area, sehingga ketika tampak gelagat tidak beres, Anda bisa segera mengambil tindakan.

  6. Menilai Kinerja Pegawai
    Bagi yang bergelut di bidang bisnis, tentu tidak mungkin Anda melakukan penilaian terhadap pegawai satu per satu dan terjun langsung ke lapangan. Namun, dengan memasang CCTV, aktivitas menilai mana pegawai yang benar-benar produktif jadi lebih mudah.

  7. Arsip Kegiatan Usaha
    Jika Anda menjalankan usaha komersial, seperti membuka penginapan, rumah makan, swalayan, toko retail, dan lain-lain, maka rekaman CCTV di Digital Video Recorder (DVR) dapat dijadikan sebagai arsip terbaik. Jadi, Anda bisa memutar ulang peristiwa yang terjadi di tempat usaha kapan saja.

 

Percayakan Keamanan Properti dengan Berlangganan Layanan Add-on IndiHome Smart

Terkadang, mempekerjakan security untuk menjaga kompleks rumah atau bangunan saja masih belum cukup. Apalagi, kalau area jangkauannya cukup luas dan minim akan cahaya. Mengandalkan kemampuan pandang mata normal saja tidak cukup, khususnya pada malam hari.

Meskipun begitu, sebenarnya Anda tidak perlu merasa khawatir, sebab di era modern saat ini Anda bisa memanfaatkan berbagai teknologi digital sebagai solusi meningkatkan keamanan. Dengan begitu, keamanan keluarga, properti, dan aset akan selalu terjaga kapan saja.

Maraknya tindak kejahatan, seperti perampokan memang tidak dapat dihilangkan. Namun, bukan berarti tidak bisa dicegah. Dengan menerapkan cara yang tepat, maka akan meminimalisir terjadinya peristiwa negatif. Salah satunya adalah dengan memasang kamera CCTV berteknologi canggih.

Nah, kalau Anda sedang mencari produk maupun layanan teknologi CCTV canggih yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja melalui gadget, maka add-on IndiHome Smart bisa menjadi solusi agar rumah dan properti bisnis Anda menjadi lebih aman dan terpantau.

Apa Itu Add-on IndiHome Smart?

IndiHome Smart Camera merupakan salah satu kamera pengintai pintar yang telah dibekali dengan teknologi IoT (Internet of Thing), serta fungsi-fungsi home surveillance. IndiHome Smart Camera adalah solusi terbaik untuk keamanan dan kenyamanan hunian maupun tempat usaha Anda.

Degan berlangganan add-on IndiHome Smart, kegiatan mengawasi rumah dan properti bisnis akan menjadi semakin mudah dan praktis. Apalagi, kamera pintar yang memungkinkan pemantauan dalam jarak jauh ini bisa diakses melalui gadget maupun smartphone. Jadi, sangat recommended sekali.

Kenapa Harus Berlangganan Add-on IndiHome Smart?

Terlepas dari fungsi utama CCTV sebagai pemantau suatu tempat, ada beberapa alasan lain yang mengharuskan Anda untuk memilih IndiHome Smart Camera sebagai solusi meningkatkan keamanan hunian dan properti bisnis, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Proses aplikasi mudah karena pelanggan IndiHome bisa langsung mengisi form registrasi melalui situs website official.
  • Harga sewa terjangkau, yaitu Rp38.000/bulan.
  • Mendapatkan full garansi selama berlangganan.
  • Tersedia di seluruh wilayah Indonesia.

Nikmati semua manfaat CCTV online tercanggih dengan berlangganan layanan add-on IndiHome Smart. Kamera pintar ini memungkinkan Anda mengawasi bangunan rumah dan properti secara lebih mudah hanya dengan gadget dan koneksi internet saja.