Kumpulan Menu Takjil Buka Puasa yang Enak dan Menggiurkan | IndiHome
16 APR 2021        BLOG

Kumpulan Menu Takjil Buka Puasa yang Enak dan Menggiurkan

Waktu berbuka puasa adalah waktu yang paling dinanti-nanti oleh anak di rumah. Ada berbagai menu takjil buka puasa yang sudah diidam-idamkan untuk dapat dinikmati saat berbuka. Mempersiapkan menu berbuka puasa tidak cukup hanya dengan yang enak dan segar saja, namun juga harus tetap sehat.

Berikut adalah rekomendasi menu berbuka puasa yang sehat sekaligus enak yang bisa menjadi pilihan keluarga. 

Rekomendasi Menu Takjil Buka Puasa Enak Sekaligus Sehat

  1. Jus dan Smoothie

    Jus dan smoothie merupakan minuman sekaligus menu takjil berbuka puasa paling sehat yang tidak boleh dilupakan. Tidak hanya sehat, namun mengonsumsi jus dan smoothie saat berbuka akan memberikan kesegaran bagi tubuh dan mengganti cairan tubuh yang hilang. 

    Jus yang sehat adalah jus yang dibuat dari buah murni tanpa campuran pemanis seperti gula sama sekali. Jika Anda ingin ada tambahan pemanis, sebaiknya pilih pemanis alami seperti madu yang sehat dan baik untuk tubuh. 

    Sementara untuk smoothie, sebaiknya Anda menggunakan yoghurt asli rendah lemak tanpa gula agar lebih sehat. Di dalam smoothie sudah terkandung kalori yang cukup untuk mencegah Anda merasa lapar.

  2. Es Buah

    Saat berbuka memang paling enak mengonsumsi takjil segar apalagi yang berasal dari buah-buahan. Es buah bisa menjadi menu andalan terbaik untuk keluarga ketika berbuka puasa. Di dalamnya terkandung buah-buahan asli tanpa proses berlebihan sehingga kandungan vitaminnya masih terjaga.

    Namun, Anda harus lebih teliti ketika memilih campuran pemanis di dalam es buah. Sebaiknya hindari pemanis dari gula ataupun pemanis buatan lainnya seperti sirup karena dapat menyerap cairan di dalam tubuh dan membuat tubuh mengalami dehidrasi saat berbuka puasa. 

    Gantikan pemanis buatan dari gula dan sirup dengan pemanis alami dari madu, susu ataupun perasan lemon untuk sedikit rasa masam manis di dalamnya.

  3. Bubur Kacang Hijau

    Bubur kacang hijau dapat menjadi menu andalan sehat untuk berbuka puasa. Di dalam bubur kacang hijau terkandung mineral dan vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh agar kembali bugar dan bertenaga. Di dalamnya terkandung magnesium, folat, potassium, zinc, dan mangan. 

    Sebuah penelitian yang diterbitkan pada Journal of Human and Experimental Toxicology menunjukkan bahwa konsumsi kacang hijau bermanfaat untuk menghambat terjadinya oksidasi kolesterol jahat di dalam tubuh. Sehingga, tubuh dapat lebih terjaga dari bahaya oksidasi kolesterol jahat seperti penyakit jantung.

    Selain mengandung mineral yang baik untuk tubuh, kacang hijau juga merupakan sumber protein nabati yang baik dikonsumsi saat berbuka puasa. Di dalamnya terkandung antioksidan, antitumor dan antiinflamasi yang berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh dari serangan penyakit. 

  1. Puding Buah

    Gantikan cemilan makanan di saat berbuka yang kurang sehat seperti gorengan ataupun kue dengan puding buah. Cemilan berbuka seperti gorengan dan kue sebenarnya kurang sehat jika dikonsumsi di saat berbuka puasa.

    Hal ini karena kandungan minyak, garam, dan gula di dalamnya justru dapat memicu munculnya penyakit yang serius seperti hipertensi dan juga diabetes. Apalagi jika makanan tersebut Anda konsumsi di saat berbuka puasa yang sebenarnya membutuhkan makanan sehat dan bernutrisi tinggi. 

    Gantikan cemilan kurang sehat tersebut dengan puding buah yang terbuat dari buah-buahan segar kaya nutrisi. Sebaiknya hindari penggunaan gula dalam jumlah besar saat membuat puding buah supaya kadar gula di dalam darah tidak meningkat secara drastis. 

    Untuk saus pudding yang lebih sehat gunakanlah susu rendah lemak. 

  1. Kolak 

    Kolak menjadi menu takjil buka puasa andalan masyarakat Indonesia. Menu satu ini sudah dikenal secara turun temurun dari generasi ke generasi. Kolak dibuat dari campuran pisang, ubi kayu, biji salak, labu, dan berbagai jenis umbi yang memiliki cita rasa manis.

    Campuran umbi dan buah pisang tersebut akan dimasak bersama dengan santan serta diberi tambahan gula aren. Buah pisang serta umbi di dalam kolak mengandung mineral dan vitamin yang baik untuk tubuh. Bahkan, umbi-umbian seperti ubi kayu dan ubi jalar merupakan sumber karbohidrat terbaik pengganti nasi.

    Agar manfaat kolak bagi kesehatan tubuh yang Anda peroleh lebih besar, sebaiknya kurangi jumlah pemanis di dalamnya. Penambahan gula aren yang terlalu banyak dikhawatirkan dapat meningkatkan kadar gula dalam darah secara drastis. 

  1. Es Susu Kedelai Campur Cincau

    Menu minuman berbuka puasa berupa es susu kedelai campur cincau memang sudah lama dikenal oleh masyarakat. Bahkan, di hampir setiap daerah di Indonesia pasti selalu ada pedagang susu kedelai yang menjajakan dagangan susu kedelainya ketika bulan puasa.

    Susu kedelai mengandung protein yang sangat baik untuk kebutuhan tubuh terutama ketika berpuasa. Di dalam susu kedelai terkandung vitamin B yang baik untuk tubuh. 

    Dalam secangkir susu kedelai terkandung 4 gram karbohidrat, protein 7 gram, 4,5 gram lemak baik serta tidak memiliki kolesterol. Konsumsi susu kedelai dicampur cincau dapat meningkatkan manfaat di dalamnya. Cincau hitam kaya akan kandungan antioksidan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

    Cincau hitam juga sangat baik untuk mencegah terjadinya diabetes. Bahkan, cincau hitam bisa menjadi opsi minuman terbaik bagi mereka yang sedang diet karena dapat menjaga berat badan.

  1. Es Kelapa Muda

    Siapa yang tidak kenal minuman daerah tropis yang super menyegarkan ini? Minuman dari es kelapa muda ditambah daging kelapa merupakan pilihan takjil terbaik yang bisa dikonsumsi ketika berbuka puasa. Di dalam air kelapa dan daging kelapa muda terkandung protein, lemak baik, karbohidrat dan serat. 

    Rasa manis dalam kelapa muda membuatnya dapat menjadi pengganti pemanis bagi minuman es lainnya. 

 

Streaming YouTube Makin Lancar dengan Add-On Upgrade Speed dari IndiHome

Tren kebutuhan akses internet masyarakat Indonesia terus meningkat dari waktu ke waktu. Apalagi di bulan Ramadan ketika Anda mungkin akan lebih sering streaming video di YouTube untuk mencari ide dan inspirasi menu berbuka puasa yang sehat dan menyegarkan. 

Jika kecepatan internet Anda di rumah serasa kurang mumpuni untuk menunjang kebutuhan semua anggota keluarga, Anda dapat meningkatkan kecepatan internet dengan menggunakan add-on Upgrade Speed. 

Layanan add-on Upgrade Speed dari IndiHome memungkinkan para pengguna layanan internet IndiHome untuk meningkatkan kecepatan internet hingga mencapai 50 Mbps. Ada empat pilihan kecepatan Upgrade Speed yang ditawarkan oleh IndiHome yakni:

  1. Kecepatan internet 20 Mbps
  2. Kecepatan internet 30 Mbps
  3. Kecepatan internet 40 Mbps 
  4. Kecepatan internet 50 Mbps

Keuntungan yang diperoleh oleh pengguna IndiHome dari add-on Upgrade Speed adalah:

  1. Lebih mudah tambah kecepatan internet secara permanen 
  2. Penambahan kecepatan internet sesuai kebutuhan
  3. Layanan add-on Upgrade Speed akan langsung aktif dengan biaya yang otomatis ditagihkan setiap bulannya. 

Berbuka dengan menu makanan yang sehat tidak hanya dapat mengenyangkan perut dan menghilangkan dahaga, namun juga memenuhi kebutuhan nutrisi pada tubuh yang hilang selama berpuasa. Mencari ide takjil sehat dan enak lebih nyaman dengan add-on Upgrade Speed untuk streaming YouTube yang lancar.