Ketahui Bahasa Cinta Pasanganmu dengan Love Language Test | IndiHome
18 OCT 2022        BLOG

Ketahui Bahasa Cinta Pasanganmu dengan Love Language Test

Belakangan ini love language test atau tes bahasa cinta tengah ramai di media sosial. Tes ini dilakukan bagi yang ingin mengetahui cara mengekspresikan rasa cinta yang tepat pada pasangan. Love language test sendiri diambil dari konsep bahasa cinta yang dikenalkan pada tahun 90an.

Ingin tahu tentang konsep bahasa cinta ini? Bagaimana cara melakukan love language test agar hubungan kamu dan pasangan makin langgeng? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!


Mengenal Teori Bahasa Cinta

Konsep bahasa cinta atau love language ini sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Tepatnya, teori bahasa cinta ini diperkenalkan oleh seorang psikolog sekaligus konsultan pernikahan, Dr. Gary Chapman di tahun 1992.

Melalui bukunya yang bertajuk The Five Love Languages: How To Express Heartfelt Commitment To Your Mate, Chapman mengenalkan lima bahasa cinta yang paling dominan dalam diri seseorang. Lima bahasa cinta itu meliputi: 

  • Words of Affirmation (Kata-kata Pujian)

    Jika bahasa cinta ini yang lebih dominan, itu artinya kamu akan merasa dicintai ketika menerima apresiasi atau pujian, baik secara lisan maupun tulisan. Pemilik bahasa cinta ini memiliki pemikiran bahwa ucapan memiliki makna paling mendalam dibanding hal lainnya. Dengan kata lain, kamu memiliki kepekaan yang sangat tinggi terhadap kata-kata yang diterima.

    Bila ini adalah bahasa cinta pasanganmu, sering-seringlah mengekspresikan rasa cinta dengan kata-kata pujian. Jangan gengsi mengatakan “I love you” atau kata-kata romantis lainnya, sebab pasangan akan merasa dicintai ketika ia mendengar perkataan tersebut.
     

  • Acts of Service (Tindakan)

    Berbeda dengan tipe sebelumnya, pemilik bahasa cinta ini akan merasa dicintai melalui tindakan pasangannya. Mereka memandang pertolongan atau bantuan dari pasangan merupakan bentuk pelayanan yang berharga. Tidak masalah rasa cinta jarang diungkapkan melalui kata-kata, yang penting tindakannya mencerminkan hal tersebut.

  • Receiving Gifts (Menerima Hadiah)

    Sesuai namanya, pemilik bahasa cinta ini paling senang menerima hadiah dari pasangan dan orang-orang terdekatnya. Bukan hanya nilai hadiahnya saja yang berarti, tetapi waktu untuk menyiapkan hadiah tersebut mampu membuat mereka tersentuh, lho!

    Tak sedikit orang yang salah kaprah bahwa karakter ini menunjukkan sikap materialistis. Padahal, pemilik bahasa cinta ini cenderung melihat hadiah tersebut dari sisi sentimentalnya. Selain itu, mereka juga akan selalu mengingat apa saja hadiah yang diberikan.

    Nah, bila pasanganmu memiliki bahasa cinta ini, kamu bisa menunjukkan rasa cinta dengan memberikannya hadiah. Pastikan hadiah tersebut mampu menunjukkan bahwa kamu memahami karakter serta seleranya.

  • Quality Time (Waktu Berkualitas)

    Seseorang dengan tipe bahasa cinta ini akan merasa dicintai ketika pasangan meluangkan waktu bersamanya. Ia menghargai setiap waktu yang diisi untuk saling berkomunikasi, melakukan aktivitas bersama, dan bentuk quality time lainnya.

    Karena menghargai waktu berkualitas bersama pasangan, pemilik bahasa cinta ini juga akan memusatkan waktu dan perhatian padanya. Jadi, jangan kaget bila pasangan kamu tak segan mematikan gawai dan menolak ajakan hangout di luar demi menghabiskan waktu tanpa distraksi bersamamu.

  • Physical Touch (Sentuhan Fisik)

    Pemilik bahasa cinta ini tak segan menunjukkan perasaannya melalui sentuhan fisik. Begitu pun sebaliknya, mereka menganggap sentuhan dari pasangan merupakan bentuk cinta. Mulai dari belaian, pelukan, genggaman tangan, dan sentuhan fisik lainnya mampu membuat pasangan luluh dan merasa dicintai.

    Dari kelima bahasa cinta di atas, kira-kira mana sih yang paling mendominasi? Jawabannya bisa kamu temukan melalui love language test di bawah ini. Tes ini juga dikembangkan oleh Chapman agar setiap pasangan dapat dengan mudah mengetahui bahasa cinta masing-masing.

Cara Melakukan Love Language Test

Cara melakukan love language test sangatlah mudah. Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Kunjungi situs Love Language Test https://5lovelanguages.com
  2. Pilih menu Quizzes, lalu klik Love Language
  3. Mulai love language test dengan menekan opsi Start The Quiz
  4. Jawab setiap pertanyaan sesuai preferensi kamu, setidaknya ada 30 pertanyaan dengan dua opsi berbeda untuk mengetahui tipe bahasa cinta kamu

Setelah menjawab semuanya, hasil love language test akan menunjukkan persentase dari masing-masing tipe bahasa cinta. Melalui persentase tersebut, kamu pun akan mengetahui bahasa cinta yang paling mendominasi.


Ketahui Lebih Banyak Tips Percintaan dengan Berlangganan Paket IndiHome (Dengan Akses Netflix)

Tidak sulit kan untuk mengetahui bahasa cinta kamu dan pasangan? Dengan melakukan love language test, diharapkan para pasangan dapat memahami satu sama lain lebih baik lagi dan menjalani hubungan yang lebih erat.

Yuk, temukan berbagai tips relationship dan percintaan dengan berlangganan Paket IndiHome (Dengan Akses Netflix). Dengan paket ini, kamu bisa browsing berbagai tips dan informasi seputar percintaan agar hubungan kamu dan pasangan semakin langgeng

Kamu juga bisa quality time bersama pasangan dengan nonton beragam tayangan berkualitas di Netflix, lho! Mulai dari film, series, dan lainnya bisa kamu saksikan melalui layar IndiHome TV* serta perangkat lain seperti laptop, tablet, atau smartphone.

Paket IndiHome (Dengan Akses Netflix) menghadirkan dua pilihan paket, yaitu:

  • Paket 3P (Internet + TV + Phone)
    Nikmati kecepatan internet hingga 100 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp475.000 per bulan. Kamu akan mendapatkan beragam benefit berupa bebas akses tayangan berkualitas di Netflix, Disney+ Hotstar serta 100+ channel TV favorit, dan bonus nelpon lokal/interlokal hingga 100 menit. Kamu juga bisa mendapatkan ekstra bonus streaming sebesar 50 GB.
     
  • Paket 2P (Internet+ TV)
    Nikmati kecepatan internet hingga 100 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp415.000 per bulan. Kamu akan mendapatkan beragam benefit berupa bebas akses tayangan berkualitas di Netflix, Disney+ Hotstar serta 30+ channel TV favorit. Kamu juga bisa mendapatkan ekstra bonus streaming sebesar 50 GB.

    Dengan berlangganan Paket IndiHome (Dengan Akses Netflix), kamu bisa menikmati semua benefit di atas hanya dalam satu tagihan saja, lho! Jadi, tidak perlu repot lagi bayar tagihan Netflix secara terpisah tiap bulannya. Yuk, langganan sekarang juga dan dapatkan diskon biaya pasang baru sebesar 50%!

    *Sementara tersedia di STB tertentu