Kenali Jenis dan Fungsi Kabel LAN Agar Internetan Makin Lancar | IndiHome
25 NOV 2022        BLOG

Kenali Jenis dan Fungsi Kabel LAN Agar Internetan Makin Lancar

Kabel LAN atau Local Area Network merupakan salah satu jenis kabel jaringan yang umum digunakan untuk menghubungkan internet ke berbagai perangkat seperti PC atau komputer, router, dan saklar dalam jaringan area lokal. Namun beberapa orang belum mengetahui secara pasti apa fungsi lainnya dari kabel LAN.

Kabel LAN memiliki berbagai jenis yang disesuaikan dengan panjang serta daya tahannya. Jika kabel tersebut terlalu panjang atau berkualitas buruk pasti akan mempengaruhi sinyal internet yang dipancarkan.

Lalu, apa saja jenis dan fungsi kabel LAN? Yuk, simak informasinya di bawah ini!

Apa Saja Jenis Kabel LAN?

Di bawah ini terdapat beberapa jenis dari kabel LAN, antara lain:

  • Kabel Coaxial
  • Kabel penghubung jaringan ini memiliki dua pengantar, yaitu bagian inti dan luar. Pada bagian inti terdapat material berbentuk tembaga, sedangkan pada bagian luarnya dilapisi oleh isolasi yang digulung dengan penghantar lain berupa kabel fiber.

    Kabel fiber ini terbuat dari alumunium atau tembaga. Terdapat juga isolator elastis berbahan plastik yang sering digunakan untuk antena televisi agar resisten terhadap air. Kelebihan dari kabel jenis tersebut yaitu dapat menjaga kestabilan dan kecepatan internet sampai 10 Mbps. Itulah sebabnya kabel coaxial dipatok dengan harga lebih mahal dibandingkan jenis kabel LAN lainnya.

  • Kabel UTP
  • Kabel UTP atau Unshielded Twisted Pair banyak digunakan karena harganya yang lebih murah dan pemasangannya juga sangat mudah. Kabel UTP sendiri tidak tertutup, namun dapat meminimalisir kebocoran dan terjadinya induksi sehingga sering dipakai di dalam ruangan. Ciri khas dari material yang digunakan yaitu tembaga mentega serta tidak memiliki pelindung di bagian dalamnya.

  • Kabel STP (Shielded Twisted Pair)
  • Sesuai dengan namanya, kabel penghubung jaringan jenis ini dilengkapi dengan proteksi untuk menghindari gangguan elektromagnetik eksternal. Konsep dari kabel STP tidak berbeda jauh dengan UTP, hanya saja jenis STP memiliki selubung lain yang menutupi empat lilitan kabel di dalamnya.

    Selain itu, kabel STP dilengkapi dengan fiber sehingga tidak mudah rusak. Hal inilah yang membuat jenis kabel LAN tersebut sering digunakan di luar ruangan.


Apa Saja Fungsi Kabel LAN?

Fungsi kabel LAN yang paling utama yaitu untuk menghubungkan satu perangkat komputer dengan yang lainnya di area yang sama. Dengan penggunaan kabel ini, perangkat PC dapat berbagi data dengan mudah tanpa menggunakan flash drive atau hard disk.

Selain itu, kabel LAN juga memiliki fungsi lainnya, yaitu:

  • Penghubung Komputer dengan Perangkat Lain
  • Tidak hanya digunakan untuk menghubungkan antar komputer saja, kabel LAN juga bisa digunakan untuk menghubungkan komputer dengan perangkat lainnya seperti printer atau LCD proyektor. Dengan adanya kabel LAN, penggunaan alat-alat tersebut akan lebih optimal. 

  • Remote Komputer
  • Kamu juga bisa memanfaatkan kabel LAN untuk mengakses PC lain menggunakan remote desktop manager. Dengan begitu, kamu bisa mengakses komputer lain meskipun dalam keadaan offline atau tidak tersambung internet.

  • Penghubung PC ke Router Wi-Fi
  • Kamu juga bisa menghubungkan komputer dengan router Wi-Fi untuk konfigurasi jaringan secara manual dengan kabel LAN. Penggunaanya bisa lebih menguntungkan, khususnya untuk menjaga stabilitas dan mempercepat jaringan.


Internetan di Jaringan Cepat dan Stabil dengan Berlangganan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar)

Fungsi kabel LAN memang bisa menjaga kecepatan dan stabilitas jaringan internet. Tetapi, kamu juga bisa mengatasi masalah internet yang tidak stabil dengan berlangganan paket internet rumah yang menghadirkan koneksi super cepat seperti Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar).

Nikmati serunya internetan dengan kecepatan hingga 300 Mbps serta benefit lainnya yang akan mendukung aktivitasmu. Mulai dari bebas akses Disney+ Hotstar sepuasnya, nonton ribuan tayangan dari ratusan channel TV unggulan, hingga bonus nelpon di jaringan lokal/interlokal hingga 100 menit. Biaya berlangganannya juga terjangkau, yaitu mulai dari Rp200.000-an saja per bulannya, lho!

Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar) hadir dalam tiga pilihan paket yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan, yaitu:

  • Paket 3P (Internet + TV + Phone)
  • Nikmati kecepatan internet hingga 300 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp385.000 per bulan. Dapatkan benefit berupa bonus nelpon lokal/interlokal hingga 100 menit, bebas akses tayangan berkualitas di Disney+ Hotstar serta 100+ channel TV favorit dan bonus tambahan 62 channel TV add-on minipack Upgrade Essential selama 3 bulan. Untuk kecepatan mulai dari 50 Mbps akan mendapatkan akses sepuasnya ke tayangan MOLA, WeTV iflix, Vidio, CATCHPLAY+, dan minipack IndiMovie 2 (+HBO GO).  

  • Paket 2P (Internet + TV)
  • Nikmati kecepatan internet hingga 100 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp370.000 per bulan. Anda juga akan mendapatkan bebas akses tayangan berkualitas di Disney+ Hotstar serta 100+ channel TV favorit dan bonus tambahan 62 channel TV add-on minipack Upgrade Essential selama 3 bulan. Untuk kecepatan mulai dari 50 Mbps akan mendapatkan akses sepuasnya ke tayangan MOLA, WeTV iflix, Vidio, CATCHPLAY+, dan minipack IndiMovie 2 (+HBO GO).

  • Paket 2P (Internet + Phone)
  • Nikmati kecepatan internet hingga 100 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp200.0000-an saja per bulan. Anda juga akan mendapatkan bebas nelpon lokal/interlokal 50 menit, dan akses sepuasnya ke berbagai tayangan Disney+ Hotstar.

Yuk, langganan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar) sekarang dan dapatkan diskon biaya pemasangan baru sebesar 50%!