Yuk, Simak Cara Mempercepat Jaringan Wi-Fi | IndiHome by Telkomsel
7 JUL 2024        BLOG

Yuk, Simak Cara Mempercepat Jaringan Wi-Fi

Koneksi internet yang kurang stabil tentu mengganggu aktivitas digital sehari-hari. Apalagi saat ini hampir semua aspek kehidupan seperti bekerja dan belajar sangat membutuhkan akses internet. Untuk itu, penting bagi kamu mengetahui bagaimana cara mempercepat jaringan WiFi.

Langkah-langkah mempercepat koneksi internet ini bisa kamu lakukan dengan sederhana, apa saja? Yuk simak penjelasan selengkapnya di sini!

Penyebab Jaringan Wi-Fi Kurang Stabil

Tetapi sebelumnya kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebab yang membuat koneksi internet Wi-Fi jadi kurang stabil. Beberapa kemungkinan bisa saja terjadi, di antaranya:

  • Terlalu Banyak Perangkat Tersambung

    Semakin banyak perangkat yang terhubung, semakin terbagi pula bandwidth Wi-Fi yang tersedia. Hal ini dapat mengakibatkan ketidakstabilan konektivitas sinyal yang diterima oleh setiap perangkat.


  • Router atau Perangkat Membutuhkan Restart

    Alasan lain mengapa internet Wi-Fi bisa tiba-tiba menjadi kurang stabil adalah karena router yang memerlukan restart. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu mematikan router selama 1 menit, lalu menyalakannya kembali.


Cara Mempercepat Koneksi WiFi

Agar jaringan internet bisa optimal kembali, berikut beberapa cara mempercepat koneksi Wi-Fi:

  • Menggunakan Range Extender Nirkabel 

    Meskipun tidak dapat meningkatkan kecepatan internet, extender dapat membantu menguatkan sinyal ke area yang tidak terjangkau oleh router di rumah atau kantor kamu. Hal ini sangat bermanfaat di area dengan tembok tebal atau struktur fisik lainnya yang menghalangi penyebaran sinyal nirkabel.


  • Taruh Router di Area Terbuka 

    Menempatkan router di area strategis dapat meningkatkan kecepatan Wi-Fi. Sebagai pemancar sinyal Wi-Fi, posisi router yang tertutup atau terhalang bisa menghambat jangkauan internet. Maka, disarankan untuk meletakkan router di tempat yang mudah diakses.


  • Batasi pengguna WiFi 

    Membatasi penggunaan jaringan Wi-Fi dapat membantu mempercepat koneksi internet. Namun, hal ini perlu diperhatikan terutama jika ada pengguna lain yang menggunakan internet di rumah.

    Membatasi pengguna jaringan Wi-Fi bukan berarti tidak ingin berbagi. Semakin banyak pengguna yang terhubung ke satu jaringan internet, semakin besar penggunaan bandwidth yang diperlukan. Akibatnya, koneksi internet bisa menjadi kurang optimal.


  • Reboot Router 

    Tidak ada salahnya untuk melakukan reboot router sesekali, apalagi jika perangkat Wi-Fi yang kamu gunakan sudah lama. Untuk menjaga kecepatan koneksi jaringannya, kamu harus mengatur ulang pengaturan reboot minimal 1 bulan sekali selama 1 menit.


  • Upgrade Speed Internet 

    Cara mempercepat jaringan Wi-Fi yang terakhir yaitu dengan melakukan Upgrade Speed Internet. Hal ini dikarenakan kurang optimalnya koneksi internet tidak selalu berasal dari penyedia. Bisa disebabkan juga oleh kecepatan yang tidak seimbang dengan jumlah pengguna yang menggunakan jaringan.

    Sebagai contoh, kamu menggunakan internet dari IndiHome dengan kecepatan 10MB/s. Namun, jika terdapat banyak pengguna internet di rumah, ini akan menyebabkan koneksi menjadi kurang optimal. 


Solusi Internet Anti Lelet dari IndiHome by Telkomsel

IndiHome by Telkomsel tidak hanya menawarkan paket internet lengkap, tetapi juga menyediakan layanan add-on untuk menambah keseruan internetan kamu. Salah satu layanan tambahan tersebut adalah Upgrade Speed, yang memungkinkan penambahan kecepatan internet secara permanen.

Tanpa repot dan tanpa ribet, tersedia banyak pilihan kecepatan mulai dari 20 Mbps hingga 100 Mbps, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu.