Internet Broadband: Pengertian dan Perbedaan dengan Internet Dedicated | IndiHome
28 OCT 2022        BLOG

Internet Broadband: Pengertian dan Perbedaan dengan Internet Dedicated

Dalam dunia digital terdapat dua istilah yang mungkin sering Kamu dengar, yaitu internet broadband dan internet dedicated. Kedua jenis internet ini tentu memiliki perbedaan, terutama dari segi peruntukan dan kecepatannya.

Lantas manakah dari kedua jenis internet itu yang sebaiknya Kamu pilih? Nah, sebelum memutuskan, simak dulu penjelasan berikut ini!


Apa itu Internet
Broadband?

Broadband internet merupakan koneksi internet domestik yang biasa disambungkan pada berbagai perangkat seperti smartphone, tablet, atau laptop. Untuk kecepatan atau bandwidth akan dibagi-bagi berdasarkan jumlah pengguna atau perangkat yang tersambung.

Itu sebabnya kecepatan internet broadband akan berkurang jika terlalu banyak pengguna. Apalagi bila aktivitas digitalnya tergolong berat. Sebaliknya, performa kecepatan akan meningkat jika penggunanya lebih sedikit atau aktivitas digitalnya tergolong ringan.

Pemasangan internet broadband sendiri lebih dianjurkan untuk penggunaan domestik seperti di rumah, apartemen, kos-kosan, atau usaha skala kecil dengan pengguna internet yang terbatas.


Apa itu Internet
Dedicated?

Jenis internet ini umum digunakan di dunia bisnis berskala besar, seperti perkantoran dan co-working space. Internet dedicated memiliki bandwidth yang lebih besar guna menjamin performa koneksi tetap stabil ketika digunakan oleh banyak orang.

Dengan kata lain, pengguna internet dedicated tidak perlu mengkhawatirkan kecepatan internet akan melambat meski aktivitas digital berat dengan lalu lintas yang padat. Itu sebabnya jenis internet ini lebih dianjurkan untuk pelaku bisnis, area perkantoran, atau co-working space berskala besar yang bergantung pada stabilitas jaringan internet.


Perbedaan Internet
Broadband dan Internet Dedicated

Sekilas Kamu sudah mengetahui perbedaan kedua jenis internet ini melalui definisinya. Namun, untuk lebih jelasnya, internet broadband dan internet dedicated dapat dibedakan berdasarkan hal ini:

  • Kecepatan Unduh dan Unggah
    Karena bandwidth lebih besar, kecepatan unduh dan unggah dari internet dedicated cenderung konsisten. Alhasil, jenis internet ini lebih banyak diandalkan oleh para pengusaha dan pekerja supaya operasi bisnis tidak terhambat jaringan.

    Berbeda dengan internet broadband dengan bandwidth yang dibatasi berdasarkan jumlah penggunanya. Sehingga kecepatan unduh dan unggah pun kurang stabil jika lalu lintas pemakaian terlalu tinggi.

  • Jaminan Service Level Agreement (SLA)
    Pengguna internet dedicated akan mendapatkan jaminan Service Level Agreement (SLA). Jaminan tersebut bermanfaat ketika down atau gangguan koneksi yang menghambat operasional bisnis. Masalah tersebut mampu diatasi dalam waktu kurang dari 4 jam sesuai jaminan.

  • Biaya Langganan
    Dari segi biaya berlangganan, internet broadband lebih terjangkau dari internet dedicated. Tentunya ini sesuai dengan jumlah bandwidth, layanan, serta peruntukannya. Dibanding internet dedicated, internet broadband merupakan opsi paling tepat dan hemat untuk internet rumahan atau pelaku bisnis kecil.


Promo Paket IndiHome, Internet
Broadband Rumahan dengan Bonus Melimpah

Kesimpulannya, internet dedicated lebih cocok digunakan untuk cangkupan bisnis yang lebih besar. Dengan begitu, operasional bisnis tidak akan terhambat jaringan. Sedangkan internet broadband cocok bagi Kamu yang memerlukan koneksi internet di rumah, kosan, atau bisnis berskala kecil. Selain lebih terjangkau, penggunaannya pun  dapat disesuaikan dengan kebutuhan digital sehari-hari.  

Khawatir jaringan jadi lelet dan tak stabil karena banyak pemakaian? Tidak perlu khawatir kalau Kamu mempercayakan layanan internet broadband pada IndiHome. Selain terdapat banyak pilihan paket, kecepatan koneksi internetnya pun dijamin kencang dan stabil. Ditambah lagi biaya berlangganan yang terjangkau, plus, bonus yang melimpah. Misalnya saja Promo Paket IndiHome yang menawarkan kecepatan internet anti lelet sekaligus biaya berlangganan istimewa!

Mulai dari Rp200.000-an saja, Kamu bisa internetan di jaringan IndiHome berkecepatan hingga 300 Mbps. Dapatkan juga benefit lain berupa akses ke ribuan tayangan berkualitas dari ratusan channel TV pilihan, bonus cashback, hingga gratis nelpon lokal dan interlokal.

Promo Paket IndiHome tersedia dalam tiga opsi, yaitu: 

  • Paket 2P (Internet + Phone)
    Internetan ngebut di kecepatan 20 Mbps – 100 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp275.000 saja per bulan. Kamu bisa mendapatkan benefit lain berupa bebas nelpon lokal/interlokal hingga 50 menit, dan akses sepuasnya ke berbagai tayangan Disney+ Hotstar.
     
  • Paket 2P (Internet + TV)
    Internetan dengan kecepatan mulai dari 30 Mbps – 100 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp370.000 per bulan. Nikmati juga bonus 62 channel TV add-on minipack Upgrade Essential selama 3 bulan, plus, sepuasnya nonton tayangan Disney+ Hotstar dan UseeTV GO. 

    Untuk opsi kecepatan mulai dari 50 Mbps, Kamu akan mendapat bonus tambahan akses ke tayangan berkualitas dari MOLA, WeTV iflix, Vidio, CATCHPLAY+, UseeTV, dan minipack IndiMovie 2 (+HBO GO). 
     
  • Paket 3P (Internet + TV + Phone)
    Nikmati kecepatan internet hingga 300 Mbps dengan biaya berlangganan mulai dari Rp385.000 per bulan. Dapatkan benefit berupa bonus nelpon lokal/interlokal hingga 100 menit ditambah bebas akses tayangan berkualitas di Disney+ Hotstar dan UseeTV GO serta 100+ channel TV favorit dan bonus tambahan 62 channel TV add-on Minipack Upgrade Essential selama 3 bulan. 

    Untuk opsi kecepatan mulai dari 50 Mbps akan mendapat akses sepuasnya ke tayangan MOLA, WeTV iflix, Vidio, CATCHPLAY+, dan minipack IndiMovie 2 (+HBO GO). 

Yuk, berlangganan Promo Paket IndiHome sekarang juga dan dapatkan diskon 50% Biaya Pemasangan!