Ide Bisnis Online Modal Kecil Untung Besar di Masa Pandemi | IndiHome
12 MAR 2021        BLOG

Ide Bisnis Online Modal Kecil Untung Besar di Masa Pandemi

Selama masa pandemi Covid-19, menjalankan bisnis online seolah menjadi solusi menjanjikan untuk menambah penghasilan. Khususnya bagi pihak-pihak yang terimbas pandemi. Selain itu, ada berbagai ide bisnis online dengan modal kecil tapi untungnya menjanjikan yang bisa dicoba.

Di samping mudah dijalankan, bisnis online dapat di handle dari rumah dengan modal jaringan internet, dan opsi jenis usaha yang bisa dilakukan juga beragam. Beberapa diantaranya bahkan tidak membutuhkan modal sama sekali, sehingga direkomendasikan bagi yang memiliki budget terbatas.

10 Ide Bisnis Online dengan Modal Minim tapi Untungnya Sangat Menjanjikan

  1. Dropshipper

    Menjalankan bisnis sebagai dropshipper memang terbilang sangat mudah, dan untungnya juga menjanjikan. Selain itu, Anda bisa memulai usaha ini dengan modal 0. Caranya adalah dengan menjual produk terlaris dari toko lain di online store Anda.

    Supaya bisa meraup untung dalam jumlah yang lebih besar, maka Anda harus cerdas dalam memilih produk yang hendak dijual kembali. Hal tersebut dilakukan supaya produk cepat terjual, dan Anda bisa cepat merasakan keuntungan dari bisnis dropshipping ini.

  2. Reseller

    Selain menjadi dropshipper, salah satu bisnis online yang banyak digandrungi anak muda zaman sekarang adalah dengan menjadi reseller. Khususnya dari produk-produk yang sedang booming dan viral. Apalagi, untuk jadi seorang reseller tidak memerlukan modal besar.


  3. Web Developer

    Di era digital seperti saat ini, ada banyak sekali perusahaan yang menawarkan posisi sebagai web developer, baik itu part time atau full time. Menariknya lagi, pekerjaan ini umumnya dikerjakan secara remote. Jadi, kalau Anda memiliki skill programming, wajib mendaftar. 

    Bukan hanya berkesempatan berkarir di perusahaan lokal, Anda juga bisa mendaftar di situs freelance global dengan skala internasional untuk mendapatkan klien dari luar negeri. Dengan begitu, maka kesempatan memperoleh gaji tinggi menjadi lebih besar.

  4. Blogger

    Bagi Anda yang memiliki hobi menulis, maka bisa mempertimbangkan untuk memulai karir sebagai seorang blogger. Meskipun pada awalnya tampak tidak meyakinkan, namun jika dijalankan dengan sungguh-sungguh, bukan tidak mungkin hobi tersebut akan menghasilkan.

    Apabila blog Anda banyak dikunjungi, maka kesempatan memperoleh pendapatan dari iklan juga semakin terbuka lebar. Selain itu, Anda bisa menghubungkan blog dengan Google AdSense, atau promosikan produk Anda sendiri yang memang sesuai dengan konten di blog.

  5. Membuat Makanan Ringan

    Siapa yang tidak suka ngemil? Apalagi di tengah masa pandemi, ketika sebagian besar orang beraktivitas di rumah, dan tentu makanan ringan selalu menjadi pelengkap setiap kegiatan. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk memulai bisnis memproduksi makanan ringan.

    Selain tidak membutuhkan modal besar, membuat makanan ringan juga terbilang tidak begitu sulit. Namun, karena tingkat persaingannya tinggi, Anda harus kreatif dan inovatif dalam memproduksi makanan ringan yang bukan saja enak dan murah, tapi juga unik.

  6. Cafe Delivery Order

    Kebutuhan manusia akan makanan memang akan terus berlanjut. Di masa pandemi seperti sekarang, Anda bisa memanfaatkannya dengan membuka kafe online, di mana pesanan pelanggan akan langsung diantarkan ke alamat alias delivery order.

    Menyediakan layanan delivery order tentu akan menjadi nilai plus di mata pelanggan, sebab tidak perlu keluar rumah untuk membeli makanan yang diinginkan. Supaya minim modal, Anda tidak harus membuka kafe fisik, namun memanfaatkan promosi secara online saja.

  7. Jasa Desain Grafis

    Apabila Anda memiliki skill di bidang desain grafis, maka tidak akan sulit untuk mendapatkan penghasilan tambahan secara online. Anda bisa mempromosikan keahlian Anda secara online, baik melalui grup media sosial, maupun platform lowongan kerja tertentu.

    Jadi, Anda tidak perlu susah payah membuka toko fisik untuk menawarkan jasa Anda. Cukup memanfaatkan internet sebagai cara praktis mencari klien potensial.

  8. Afiliasi

    Sama seperti dropshipping, bisnis afiliasi juga tidak membutuhkan modal. Namun bedanya, penghasilan yang Anda dapatkan berasal dari komisi penjualan suatu produk. Jadi, besarnya komisi sesuai dengan kesepakatan yang dibuat bersama pihak penjual.

    Umumnya, pelaku bisnis afiliasi akan mendapatkan keuntungan mulai 20% – 50%. Tentunya jumlah tersebut terbilang besar, apalagi kalau produk yang dijual memiliki harga fantastis.

  9. Membuka Kursus Online

    Anjuran dari pemerintah untuk belajar dari rumah memang membuat praktek kursus online menjadi semakin booming dan diminati. Kondisi ini bisa Anda manfaatkan untuk mendapat penghasilan tambahan dengan menjajakan jasa mengajar secara online. 

    Anda bisa menawarkan jasa kursus sesuai bidang keahlian yang dimiliki tersebut melalui berbagai platform lowongan kerja dan juga grup publik. 

  10. Membuka Jasa SEO

    Kalau Anda mempunyai keahlian di bidang SEO / Search Engine Optimization, maka bisa membuka jasa konsultan untuk optimasi website independen. Pada dasarnya, bisnis ini fokus untuk membantu website klien supaya mendapatkan peringkat bagus di mesin penelusuran.

    Besarnya peran seorang konsultan SEO dalam mendongkrak penjualan membuat profesi tersebut begitu banyak peminatnya. Apalagi kalau Anda sudah berpengalaman dan memiliki track record bagus, pasti tidak akan sulit untuk mendapatkan klien papan atas.

 


Mendongkrak Bisnis Online dengan Paket 3P dari IndiHome

Pandemi memang telah memberikan dampak begitu besar bagi perekonomian di berbagai negara, termasuk Indonesia. Namun, Anda tetap bisa membantu memajukan ekonomi, baik dalam ruang lingkup keluarga, maupun lingkungan sekitar dengan cara membangun bisnis online.

Namun, untuk menjalankan usaha secara online bukan hanya membutuhkan skill, namun juga dukungan akses internet cepat dan stabil, sehingga proses membangun usaha tidak terkendala karena koneksi internet mendadak hilang. Khususnya ketika Anda sedang mengerjakan order klien.

Apalagi, kalau bisnis yang Anda geluti memang berbasis online, seperti menjadi tutor online, web developer, atau berjualan di marketplace. Sudah pasti membutuhkan support internet berkualitas selama 24 jam dalam rangka menjaga keseimbangan bisnis yang sedang dirintis.

Kalau selama ini Anda mengalami hambatan dalam menjalankan bisnis online karena internet tidak stabil, maka sudah saatnya pindah ke provider lain. Jika Anda mendambakan kecepatan internet super, anti lelet, maka Paket 3P (Internet+TV+Phone) dari IndiHome adalah jawabannya.

Selain menawarkan jaringan internet tercepat up to 300 Mbps, dengan berlangganan Paket 3P pelanggan juga bisa menikmati berbagai macam tayangan TV serta konten yang berkualitas. Jadi, paket ini memang bisa dijadikan solusi dalam memenuhi kebutuhan aktivitas online Anda.

Dengan berlangganan Paket 3P, Anda tidak perlu takut lagi akan kehilangan klien atau order karena jaringan internet yang tidak bisa diajak kompromi. Sebab sekarang Anda bisa fokus mencari klien dan bekerja tanpa perlu merasa khawatir kalau tiba-tiba jaringan internet hilang tanpa alasan.

Tidak dapat dipungkiri, bahwa internet adalah salah satu komponen paling penting yang dibutuhkan untuk merealisasikan ide bisnis online. Supaya bisnis berjalan lancar sesuai ekspektasi, maka Anda bisa berlangganan Paket 3P sebagai solusi menjalankan usaha online tanpa hambatan.