Film Gampang Cuan, Perjuangan Mencari Uang di Tengah Desakan Utang | IndiHome by Telkomsel
7 JUL 2024        BLOG

Film Gampang Cuan, Perjuangan Mencari Uang di Tengah Desakan Utang

Kualitas film Indonesia mengalami peningkatan signifikan dalam kurun waktu dua dekade terakhir. Pilihan temanya sangat variatif sehingga membuat siapa pun penasaran ingin menyaksikannya. Jika kamu termasuk penikmat genre drama komedi, maka Gampang Cuan merupakan salah satu film yang tidak boleh dilewatkan.

Tak hanya menyuguhkan komedi segar, film Gampang Cuan juga menarik karena kaya akan literasi keuangan yang mudah dicerna. Setelah mengetahui deretan pemeran dan menyimak sinopsis film yang satu ini, kamu tentu tak ragu menontonnya kala punya waktu senggang.

Sekilas tentang Film Gampang Cuan

Gampang Cuan adalah hasil kolaborasi Rumah Produksi Temata, Adhya Pictures, dan Legacy Pictures di bawah arahan Tesadesrada Ryza selaku produser. Film ini disutradarai Rahabi Mandra yang juga bertindak sebagai penulis skenario bersama Syahrun Ramadhan. 

Ide cerita film yang tayang pada November 2023 ini, terinspirasi dari permasalahan hidup yang dialami setiap orang, tak terkecuali pengalaman pribadi sang sutradara. Bahkan, kondisi pasca pandemi menyebabkan banyak orang kesulitan mencari pekerjaan, tabungan menipis, dan berusaha menghasilkan lebih banyak uang dari aset yang ada. Fenomena lainnya, seperti perasaan tergiur hidup mewah di tempat rantau serta kebohongan-kebohongan kecil saat wawancara kerja, membuat film ini terasa makin berwarna.

Meskipun temanya berkaitan dengan kehidupan semua orang, bukan berarti eksekusi film ini berlangsung sangat mulus. Literasi keuangan menjadi topik yang sama sekali belum pernah dibahas dalam film Indonesia lainnya. Itulah sebabnya, film Gampang Cuan berupaya keras mengemas literasi keuangan dengan bahasa yang mudah dicerna sehingga bisa diterima semua kalangan.

Pemeran Film Gampang Cuan

Selain mengusung tema yang luar biasa, film Gampang Cuan juga makin menarik karena didukung artis-artis populer Indonesia, yaitu:

Vino G. Bastian berperan sebagai Sultan.

Anya Geraldine berperan sebagai Bilqis.

Alzi Markers berperan sebagai Aji.

Meriam Belina berperan sebagai Mama Diah.

Danang Suryonegoro berperan sebagai Evan.

Pandu Winoto berperan sebagai Njup.

Anya Zein berperan sebagai Nabila.

Iang Darmawan berperan sebagai Pak Is.

Sogi Indra Dhuaja berperan sebagai Manajer Golf.

Sinopsis Film Gampang Cuan

Sultan (Vino G. Bastian) merupakan anak sulung yang punya dua orang adik, yaitu Bilqis (Anya Geraldine) dan si bungsu, Aji (Alzi Markers). Sultan dan Bilqis yang sedang merantau ke Jakarta dikejutkan kabar bahwa mendiang ayah mereka punya utang sebesar Rp300 juta. Bila utang tersebut tidak dilunasi maka rumah keluarga mereka akan disegel. Pada saat yang sama, Sultan juga patut bertanggung jawab membiayai kuliah Aji.

Kenyataan pahit tersebut membuat Sultan dan Bilqis berupaya mati-matian mencari uang demi melunasi utang tanpa sepengetahuan sang ibu, Mama Diah (Meriam Belina) yang punya riwayat penyakit jantung. Bahkan, Sultan dan Bilqis juga melakukan kegiatan haram demi mengumpulkan uang banyak dalam waktu singkat. 

Sayangnya, usaha mereka sia-sia sebab rumah mereka telanjur disegel dan dilelang. Petualangan tiga bersaudara yang kompak dalam mempertahankan rumah pun berakhir haru. Sinopsis film Gampang Cuan yang bikin penasaran ini tentu membuatmu tergugah untuk langsung menonton filmnya secara utuh.

Fakta Unik Seputar Film Gampang Cuan

Kesuksesan film Gampang Cuan yang menggunakan ide cerita unik nyatanya turut didukung beberapa fakta menarik berikut ini.

  • Para pemeran dilibatkan dalam penyusunan cerita: Rahabi Mandra selaku sutradara Gampang Cuan tidak ingin para pemeran seakan bertindak sebagai wayang yang patuh terhadap jalan cerita. Sebaliknya, pria yang akrab disapa Abi tersebut membuka kesempatan diskusi dengan para pemeran untuk berkontribusi dalam penyusunan cerita. Banyak ide baru yang muncul usai membaca skrip bersama sehingga konsep cerita dapat diolah kembali agar eksekusinya lebih matang.
  • Pemeran utama belajar Bahasa Sunda secara khusus: Dua pemeran utama Gampang Cuan, yaitu Vino G. Bastian dan Anya Geraldine, bukan berdarah Sunda sehingga harus melakukan adaptasi untuk memainkan peran berbahasa Sunda. Kedua publik figur tersebut mempelajari bahasa dan dialek Sunda selama kurang lebih 1 bulan yang prosesnya dibantu Kang Erik, penutur asli yang turut berperan di film. Selain itu, Vino G. Bastian juga sering menyimak gaya bicara asisten rumah tangganya yang berasal dari Sunda. Pengalaman belajar tersebut turut disempurnakan oleh masukan dari para kru selama sesi syuting berlangsung.
  • Keakraban pemeran dibangun melalui olahraga dan makanan: Para pemeran film Gampang Cuan kerap berkumpul bersama usai sesi baca skrip untuk sekadar bersenda gurau atau olahraga bareng. Anya Geraldine mengaku berhasil menjalin kedekatan dengan para pemeran lain melalui olahraga tenis atau bulu tangkis. Selain itu, Meriam Belina pun kerap membawa banyak makanan ke lokasi syuting untuk dinikmati bersama.

Film istimewa yang satu ini memang sudah hengkang dari layar bioskop sejak akhir tahun 2023. Namun, kamu tetap bisa menyaksikannya dengan mengaktifkan add-on Prime Video di IndiHome. Setelah mengaktifkan layanan video streaming tersebut, kamu berkesempatan menikmati tayangan favorit hingga 3 bulan khusus untuk pelanggan baru. 

Nikmati keseruan streaming film Gampang Cuan serta tayangan menarik lainnya secara praktis dengan dukungan Prime Video persembahan IndiHome. Momen bersantai sambil menikmati beragam film favorit ,tentu jadi pengalaman hiburan seru yang tak terlupakan.