Hal-Hal yang Harus Disiapkan Guru dalam Pembelajaran Online | IndiHome
16 DEC 2020        BLOG

Hal-Hal yang Harus Disiapkan Guru dalam Pembelajaran Online

Masa pandemi seperti saat ini pastinya menuntut semua aktivitas harus dibatasi, tidak terkecuali dalam proses pembelajaran. Pandemi Covid-19 ini membuat pembelajaran harus dilakukan di rumah yang tentunya menjadi tantangan utama bagi para guru.

Guru tentunya harus beradaptasi dengan kondisi seperti ini agar materi yang disampaikan nantinya tetap dapat diterima dengan baik oleh anak didik. Namun karena belum terbiasa dengan sistem pembelajaran online, banyak guru yang belum bisa melakukan proses pembelajaran online yang efektif.

Persiapan Guru dalam Proses Pembelajaran Online


  1. Harus Dapat Memanfaatkan Media Teknologi

    Karena diharuskan untuk melakukan pembelajaran secara online, tentunya guru juga harus dapat memanfaatkan media teknologi dengan baik. Terdapat beberapa media teknologi yang bisa digunakan dalam proses pembelajaran online.

    Hal ini tentunya menjadi sebuah kewajiban untuk guru, karena media teknologi tersebut dapat dimanfaatkan agar materi yang sudah disampaikan bisa diterima dengan baik oleh para anak didik. Guru pun menjadi lebih mudah ketika ingin memberikan tugas dengan menggunakan beberapa media teknologi yang telah tersedia.


  2. Membuat Sebuah Pembelajaran Online yang Terencana

    Dalam melakukan pembelajaran online guru pun harus merencanakan dengan efektif keterbatasan waktu yang dimilikinya dalam menyampaikan materi. Dalam hal ini, guru dapat mempersiapkan quality lesson plan dan mengatur beberapa langkah pembelajaran yang lebih spesifik.

    Untuk hal ini tentunya anak didik dan guru bisa menentukan tujuan pembelajaran yang telah disesuaikan dengan ketersediaan waktu. Selain itu, pemilihan materi pun menjadi sebuah hal yang harus direncanakan dengan detail agar proses penyampaian materi dapat efektif.


  3. Membuat Anak Didik Tetap Berkonsentrasi

    Salah satu kendala yang dihadapi dalam sistem pembelajaran online yaitu konsentrasi para anak didik yang akan berkurang, jika dibandingkan ketika proses pembelajaran dengan tatap muka.

    Maka dari itu, guru pun juga harus mampu membuat anak didik dapat berkonsentrasi ketika penyampaian materi, walaupun dalam keadaan yang berjauhan. Untuk melakukan hal ini, seorang guru harus memiliki tujuan yang jelas dan mampu membuat anak didik memiliki sebuah ikatan batin.

  4. Menyampaikan Nasihat kepada Anak Didik

    Selain bertugas untuk memberikan materi pembelajaran secara formal, guru juga berperan untuk menyampaikan nasehat berupa pesan. Hal ini bertujuan agar para anak didik menjadi lebih tangguh dalam menghadapi kondisi seperti saat ini.

    Dalam kondisi saat ini, tentunya anak didik tidak hanya fisik saja yang diuji, namun juga mental karena harus menghadapi situasi yang belum pernah sama sekali dihadapi. Guru juga harus berperan untuk dapat memotivasi anak didik, supaya tetap disiplin belajar dan tetap semangat.


  5. Mendorong Orang Tua agar Ikut Aktif

    Jika biasanya orang tua hanya memantau aktivitas anak-anak setelah pulang sekolah, kini orang tua mempunyai peran yang ganda, yaitu sebagai orang tua dan guru di rumah.

    Dengan begitu, guru pun harus mendorong orang tua anak didik agar ikut aktif dalam membantu kebutuhan anak dalam proses pembelajaran. Guru dapat memberikan pesan supaya orang tua dapat melihat aktivitas anak-anaknya, atau bahkan menjadi motivator agar anak tetap dapat belajar dengan giat.

    Jangan lupa tanyakan juga pada orang tua, apa saja kendala-kendala yang dialami selama menemani anak belajar di rumah. Guru bisa memberikan solusi dan saran-saran jika orang tua merasa kewalahan atau belum menemukan metode ajar yang tepat selama pembelajaran online.
  6. Rangkum Materi Ajar

    Pembelajaran online sangat berbeda dengan pembelajaran tatap muka, karena durasi waktunya pun berbeda. Jika melakukan pembelajaran tatap muka, guru memiliki cukup banyak waktu untuk menjelaskan pelajaran kepada anak didiknya.

    Namun sebaliknya, pembelajaran online tidak memiliki banyak waktu, bahkan waktu yang digunakan sangatlah terbatas. Hal ini tentu akan mempersulit guru maupun anak didik dalam pembelajaran, karena materi ajar tidak terserap dengan baik secara keseluruhan.

    Untuk mengatasi hal tersebut, guru harus merangkum materi ajar dengan ringkas, agar anak didik mudah dalam mencerna pelajaran. Meskipun ringkas, materi ajar yang guru sampaikan dapat diserap oleh anak didik, daripada materi yang dijabarkan terlalu luas pada pembelajaran online ini.


  7. Metode Pembelajaran Interaktif

    Tak hanya pembelajaran tatap muka saja yang bisa dibuat menyenangkan, guru juga bisa membuat pembelajaran online menjadi menyenangkan. Bagaimana caranya? Hal yang perlu Anda lakukan untuk membuat pembelajaran yang menyenangkan adalah memberikan materi secara interaktif.

    Contohnya saja, Anda bisa menggunakan berbagai macam situs kuis interaktif yang bisa membuat anak didik menjadi aktif dalam pembelajaran. Pasalnya, setiap anak pasti memiliki daya saing, sehingga mereka akan berlomba-lomba menjawab kuis yang diberikan.

    Tak hanya situs kuis saja, Anda juga bisa mencari video-video interaktif menarik melalui YouTube atau platform video lainnya yang ditayangkan selama pembelajaran online. Ditambah lagi, jika pembelajaran selalu dilakukan dalam satu arah saja, cobalah untuk membuat program diskusi, di mana anak-anak akan ikut aktif meskipun pembelajaran berlangsung secara online.


  8. Menyediakan Provider Internet Terbaik

    Dalam melakukan pembelajaran online, hal yang terpenting untuk guru persiapkan adalah jaringan internet yang memadai. Tentunya guru dapat menyiapkan provider internet terbaik agar ketika proses pembelajaran online berlangsung materi yang disampaikan dapat diterima.

    Salah satu provider penyedia jaringan internet yang dapat guru gunakan yaitu IndiHome. Nah, kabar baiknya, IndiHome menyediakan promo paket khusus untuk guru dan dosen dalam melakukan kegiatan pembelajaran online. Jaringan internet yang disediakan IndiHome sudah mencangkup wilayah seluruh Indonesia. Dengan demikian, semua guru atau dosen dari seluruh jenjang sekolah dapat mengakses fasilitas internet dengan lancar.

    Di dalam paket khusus guru dan dosen ini pun guru dapat bebas mengakses aplikasi IndiHome Study, yang isinya adalah materi mata pelajaran, latihan soal, dan beberapa konten yang akan membantu guru dalam melakukan pembelajaran online.


    Terdapat 2 pilihan paket khusus guru dan dosen yang disediakan oleh IndiHome, yaitu:

    Paket Dual Play

    1. Kecepatan internet up to 10 Mbps.
    2. Mendapatkan gratis nelpon dengan telepon rumah selama 100 menit.
    3. Di dalam paket ini sudah termasuk akses aplikasi IndiHome Study.
    4. Harga dari paket Dual Play khusus guru dan dosen yaitu Rp225.000/bulan.

    Paket Triple Play

    1. Kecepatan internet up to 10 Mbps.
    2. Mendapatkan gratis nelpon dengan telepon rumah selama 100 menit.
    3. Dilengkapi dengan TV interaktif hingga 95 channels.
    4. Di dalam paket ini sudah termasuk akses aplikasi IndiHome Study dan UseeTV GO.
    5. Harga dari paket Triple Play khusus guru dan dosen yaitu Rp285.000/bulan.

    Tentunya dalam masa Learning From Home (LFH), peran guru harus dimaksimalkan dengan perlunya jaringan internet stabil agar proses penyampaian materi dapat berlangsung dengan efektif.