Hal-Hal Unik yang Hanya Ada di Bulan Suci Ramadan | IndiHome
15 APR 2021        BLOG

Hal-Hal Unik yang Hanya Ada di Bulan Suci Ramadan

Bulan suci Ramadan merupakan bulan istimewa dan berlimpah berkah bagi umat Islam. Oleh sebab itu, sebaiknya momen Ramadan diisi dengan kegiatan positif, seperti beribadah, menanam pahala, dan melakukan kebaikan yang dapat memberikan manfaat untuk orang banyak.

Selain penuh akan pesan dan makna, Ramadan juga memiliki kesan yang membuatnya berbeda dengan bulan-bulan lain. Salah satunya adalah tradisi unik yang hanya dapat ditemukan pada bulan Ramadan. Sehingga wajar saja kalau kedatangan bulan puasa sangat ditunggu oleh umat Islam.

10 Kegiatan Unik Ini Hanya Ada Saat Bulan Suci Ramadan

  1. Ngabuburit
    Aktivitas ngabuburit memang sangat identik dengan bulan puasa. Umumnya, ngabuburit dilakukan pada sore hari, tepatnya menjelang waktu berbuka. Ada beragam hal bermanfaat yang dapat dilakukan pada bulan Ramadan, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:
    • Membaca Al-Qur’an
    • Mempersiapkan menu hidangan berbuka
    • Berburu takjil
    • Menonton televisi bersama keluarga

  2. Obrog-Obrog (Membangunkan Saat Sahur)
    Tradisi obrog-obrog sudah pasti cuma ada di bulan Ramadan. Kegiatan ini dilakukan pada dini hari, sekitar jam 2-4 pagi untuk membangunkan orang untuk sahur dengan cara berteriak “sahur...sahur” sembari memukul beduk dan berjalan atau naik motor keliling kampung.

    Meskipun bagi sebagian orang kegiatan yang menjadi ciri khas bulan puasa ini dirasa cukup mengganggu, namun setelah Ramadan berlalu hal tersebut pasti akan sangat dirindukan.

  3. Sahur on the Road
    Ramadan merupakan bulan baik dan penuh berkah. Supaya bulan Ramadan terasa semakin indah, sehingga sebaiknya dimanfaatkan dengan melakukan berbagai kebaikan, seperti berbagi rezeki kepada sesama dengan membagikan nasi bungkus saat sahur.

    Selama masa pandemi ini, aktivitas sahur on the road yang biasanya dilakukan kelompok komunitas atau perusahaan tertentu memang dibatasi. Meskipun begitu, Anda tetap bisa berbagi seperti biasanya, dengan catatan tetap mematuhi protokol kesehatan.

  4. Buka Puasa Bersama
    Setelah menjalankan ibadah puasa selama seharian penuh, seluruh umat Islam juga diwajibkan berbuka puasa pada waktu yang telah ditentukan. Walaupun puasa tidak hanya ada di bulan Ramadan, namun tradisi buka puasa bersama hanya ada di bulan suci ini.

    Berbuka puasa sendiri bukanlah sesuatu yang menyenangkan. Oleh karena itu, buka puasa biasanya dilakukan secara berjamaah, baik bersama teman maupun keluarga. Tidak jarang, kegiatan ini juga dijadikan ajang mempererat silaturahmi dengan teman.

  5. Berbagi Takjil
    Selain sahur on the road, Anda juga bisa berbagi menu buka puasa seperti takjil atau makanan ringan. Pilihan takjil yang dibagikan sangatlah beragam, namun umumnya berisi 1 botol air mineral, beberapa buah kurma, roti, jajanan pasar, atau dessert yang manis.

    Sebelum pandemi, tidak sedikit masjid dan mushola membagikan takjil berikut makanan berat untuk buka puasa kepada siapa pun yang datang. Selain itu, ada juga komunitas maupun perorangan yang berbagi takjil gratis di jalanan.

  6. Salat Tarawih
    Ibadah salat sunah ini juga hanya ada di bulan Ramadan. Tarawih umumnya dilakukan berjamaah di masjid. Namun, Tarawih tetap sah apabila dilakukan sendiri di rumah, terutama pada masa pandemi seperti sekarang. Tarawih di rumah memang dinilai lebih aman.

    Imam An-Nawawi, seorang ulama Syafi’iyah yang merupakan murid dari Imam Syafi’i dalam kitab Al-Majmu menjelaskan:

    “Salat Tarawih adalah salat sunah dengan sepakat ulama. Boleh dikerjakan sendirian atau berjamaah.”

  7. Membuat Kue Hari Raya
    Idulfitri sangat identik dengan menyuguhkan makanan ringan, terutama kue kering dan berbagai jenis keripik. Meskipun zaman sudah modern, akan tetapi tidak sedikit orang yang masih melakukan tradisi membuat kue hari raya homemade saat Ramadan.

    Kue-kue tersebut nantinya akan dimasukkan ke dalam wadah atau toples khas hari raya, dan kemudian ditata di atas meja agar bisa dinikmati oleh setiap tamu yang datang.

  8. Belanja Keperluan Lebaran
    Hari kemenangan memang harus dirayakan dengan semeriah mungkin. Salah satunya adalah dengan mengenakan pakaian terbaik (baru). Biasanya, aktivitas belanja ini sudah dilakukan sejak jauh hari, bahkan saat baru awal memasuki bulan Ramadan.

    Pada bulan suci tersebut pula akan banyak department store yang mengadakan sale besar-besaran. Bagi pecinta shopping, tentunya hal tersebut sayang sekali untuk dilewatkan. Karena dengan belanja produk diskon, maka bisa memangkas pengeluaran untuk lebaran.

  9. Mudik
    Memasuki pertengahan hingga akhir bulan puasa Ramadan, biasanya para perantau akan berbondong-bondong pulang ke kampung halaman (mudik). Momen mudik untuk berkunjung dan berkumpul dengan keluarga pada hari raya tentu sangat ditunggu-tunggu.

    Tidak mengherankan, apabila menjelang cuti bersama lebaran aktivitas lalu lintas menjadi padat merayap. Sebab arus mudik dari satu daerah ke daerah lain memang melonjak tajam.

  10. Takbiran
    Pada akhir malam Ramadan menjelang Idulfitri, Anda akan mendengar takbir dikumandangkan di setiap masjid, dan umumnya diikuti dengan arakan pawai yang meriah. Sebagai tanda berakhirnya Ramadan serta menyambut hari kemenangan.

    Setiap daerah memiliki tradisi takbir berbeda-beda. Ada yang sebatas mengumandangkan takbir dan mengaji bersama di masjid, menghidupkan petasan, hingga pawai meriah.

     

Serunya Ngabuburit Ditemani Tayangan Favorit di Add-on CATCHPLAY+ dari IndiHome

Berpuasa di tengah masa pandemi bukan berarti Anda tidak bisa melakukan berbagai kegiatan ngabuburit seru. Selain beribadah, mempersiapkan makanan berbuka, dan olahraga ringan, menonton tayangan televisi favorit bersama keluarga pasti akan terasa sangat menyenangkan.

Meskipun aktivitas nonton TV tampak sepele, namun siapa sangka kalau hal sekecil ini bisa mempererat hubungan dengan anggota keluarga lain. Pasalnya, selama acara menonton Anda pasti berbagi opini dan keceriaan dengan kerabat, dan hal tersebut adalah kunci keharmonisan keluarga.

Dengan berkumpul bersama keluarga dan nonton bareng siaran favorit, maka ngabuburit di rumah akan terasa lebih bermakna. Jadi, stay at home selama puasa tidak akan terasa membosankan.

Nah, agar kegiatan nonton televisi menjadi semakin seru, Anda bisa berlangganan add-on CATCHPLAY+ dari IndiHome. Dengan berlangganan CATCHPLAY+, maka Anda dapat mengakses beragam tayangan, jadi bebas menonton serial TV dan film terbaik, baik lokal maupun mancanegara.

Apa Itu CATCHPLAY+?

CATCHPLAY+ adalah salah satu layanan add-on IndiHome. Pelanggan CATCHPLAY+ berkesempatan menikmati akses tanpa batas ke ribuan film dan juga serial TV Hollywood atau lokal yang menjadi favorit Anda dan keluarga di rumah.

Dengan CATCHPLAY+, maka Anda bisa memutar tayangan kesukaan dan nonton bareng keluarga besar di rumah. Kabar baiknya adalah, apabila Anda berlangganan produk lain dari IndiHome, seperti Paket 3P (Internet+TV+Phone) atau Paket 2P (Internet+TV), maka Anda bisa memilih bonus yang termasuk CATCHPLAY+ di dalamnya. Bagaimana, pastinya jadi lebih hemat, bukan?

Perkembangan teknologi digital membuat bulan suci Ramadan tidak kehilangan esensinya, meskipun sedang dalam masa pandemi. Saat ini, Anda bisa menjalankan tradisi Ramadan dari rumah saja. Salah satunya adalah ngabuburit dengan nonton beragam film terbaik di CATCHPLAY+ bersama IndiHome.