Biar Makin Produktif, Yuk Ketahui Fasilitas Pendukung Belajar Online Ini! | IndiHome
28 DEC 2020        BLOG

Biar Makin Produktif, Yuk Ketahui Fasilitas Pendukung Belajar Online Ini!

Terhitung sejak Maret 2020, pandemi Covid 19 masuk ke Indonesia. Pemerintah mengambil langkah yang tepat yaitu membatasi kegiatan di luar rumah. Salah satunya adalah meniadakan pembelajaran tatap muka dan diganti dengan belajar secara daring. Fasilitas pendukung belajar online tentunya sangat dibutuhkan agar semua bisa berjalan dengan lancar.

Fasilitas dan Perangkat Pendukung Belajar Online yang Wajib Dimiliki

Walaupun saat ini sebagian daerah mulai menerapkan pembelajaran tatap muka, namun masih ada yang mengambil langkah belajar online sambil menunggu keadaan kembali stabil. Sayangnya, ada banyak kendala yang dihadapi seperti internet lemot, kurangnya fasilitas pendukung dan lain sebagainya.

Nah, pada poin di bawah ini akan dijelaskan beberapa rekomendasi perangkat atau fasilitas pendukung belajar online yang wajib dimiliki, baik oleh siswa maupun mahasiswa.

  1. Stand Laptop
    Jika Anda mudah bosan dan capek saat menggunakan laptop dan ingin bergerak, maka stand laptop ini menjadi alternatif yang tepat. Anda bisa menyesuaikan posisi laptop sesuai dengan keinginan.
  2. Keyboard Nirkabel
    Fasilitas pendukung yang kedua dan wajib untuk dimiliki adalah keyboard nirkabel. Anda bisa memasukkannya dengan mudah ke dalam tas dan bisa disambungkan ke perangkat yang diinginkan melalui fitur bluetooth.

    Jadi Anda tidak perlu membawa laptop kemana saja, cukup dengan HP yang diletakkan di depan Anda, kemudian mengetik dengan keyboard nirkabel untuk gerak yang lebih leluasa. Sehingga, belajar online akan semakin menyenangkan.
  3. Mouse
    Setelah stand laptop dan keyboard, selanjutnya yang harus Anda miliki adalah mouse. Pastikan Anda membeli mouse tanpa kabel agar lebih mudah dibawa kemana-mana. Tujuannya agar lebih mudah menggeser atau memindahkan kursor tanpa harus merusak laptop.
  4. Meja Otomatis
    Tidak bisa dipungkiri bahwasanya kegiatan belajar online memang menghabiskan waktu dengan duduk. Walaupun sebenarnya itu sangat tidak dianjurkan oleh kesehatan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membeli meja yang bisa digunakan saat berdiri maupun duduk.

    Hal ini membuat Anda tetap bisa menjangkau laptop baik saat berdiri maupun duduk tanpa harus mengubah posisinya. Apalagi jika saat sedang menyimak pelajaran, sangat mengganggu sekali jika harus berpindah fokus.
  5. Bantal Punggung
    Semua siswa atau mahasiswa yang sedang belajar online pasti pernah kan mengalami sakit punggung karena terlalu fokus dengan pembelajaran yang diberikan oleh guru? Jika pernah, mulai sekarang Anda harus membeli bantalan kursi punggung.

    Tujuannya agar mengurangi rasa ngilu dan tidak mudah capek. Carilah bantal punggung yang bahannya lembut dan nyaman digunakan.
  6. LED Desk Lamp Nirkabel
    Lampu belajar menggunakan kabel memang sudah mainstream, sehingga Anda perlu menggantinya agar belajar jadi lebih menyenangkan. Satu-satunya cara yaitu dengan membeli lampu meja nirkabel. Jadi, Anda tidak perlu kesulitan lagi mencari tempat yang terang atau menggunakan senter HP.

    LED desk lamp keluaran terkini sudah mempunyai fitur yang sangat bagus. Anda bisa mengatur kecerahan, suhu warna dan model lampu malam. Keuntungan lainnya Anda lebih menghemat biaya listrik dibanding dengan lampu belajar biasa.
  7. Headphone
    Headphone menjadi gadget yang wajib Anda miliki agar terhindar dari kebisingan yang tidak diinginkan. Carilah headphone berkualitas bagus dan memberikan kenyamanan. Headphone juga membuat Anda lebih fokus dalam belajar online, lho. Jika tidak percaya, silakan dicoba!
  8. Akses Internet
    Ini adalah poin yang paling penting. Agar terhubung ke dalam sistem pembelajaran online, Anda harus memakai akses internet yang stabil. Satu-satunya yang paling direkomendasikan adalah layanan 3P dan 2P dari IndiHome. Melalui layanan 3P (Internet + TV + Phone), Anda akan mendapatkan jaringan internet cepat, TV interaktif dan bebas biaya telepon rumah.

    Selain itu, Anda juga bisa menggunakan layanan 2P, dengan pilihan Internet + Phone  atau Internet + TV. Anda akan mendapatkan kecepatan internet hingga 100 Mbps yang bisa digunakan untuk 12-18 perangkat dengan biaya berlangganan yang terjangkau. Keren, kan? Jadi, segera berlangganan paket IndiHome di rumah ya!
  9. Webcam
    Fasilitas pendukung belajar online selanjutnya adalah webcam. Walaupun terkesan remeh, tapi ini adalah gadget penting yang wajib Anda miliki selama belajar di rumah. Tujuannya agar kualitas gambar terlihat lebih jernih dan berkualitas tinggi.
  10. Pembersih Laptop
    Bagaimanapun juga laptop adalah teknologi buatan manusia yang suatu saat bisa rusak karena terlalu sering digunakan atau terpapar debu. Salah satu cara untuk merawat perangkat adalah dengan membeli pembersih laptop untuk layar dan keyboard sebelum digunakan.

    Semakin sering dibersihkan, maka performa laptop akan semakin meningkat. Belajar juga lebih nyaman karena melihat laptop sudah bersih.
  11. Perangkat Software
    Software adalah perangkat lunak atau program digital yang digunakan sebagai tempat belajar online. Jika selama ini masih menggunakan WhatsApp, Zoom atau Google Meet yang mempunyai keterbatasan, Anda bisa beralih ke aplikasi lain agar lebih lengkap.

    Anda bisa menggunakan Teams yang menjadi salah satu bagian dari Microsoft 365. Usulkan ini kepada guru atau dosen Anda agar kegiatan belajar mengajar menjadi lebih profesional dan mumpuni.
  12. Kipas Laptop
    Laptop akan cepat panas jika digunakan secara terus menerus. Walaupun di dalamnya sudah ada kipas, namun Anda tetap harus menyediakan kipas laptop tambahan agar laptop tidak mudah panas dan performanya tetap terjaga. Usahakan untuk membelinya di toko aksesoris laptop terdekat ya!

    Beberapa perangkat atau gadget di atas sangat direkomendasikan agar kegiatan belajar online atau bekerja di rumah menjadi lancar. Namun, yang lebih penting Anda harus terhubung dengan koneksi internet yang stabil dan harga yang terjangkau.


Pengaruh Fasilitas Pendukung Terhadap Kegiatan belajar Online

Sarana dan prasarana yang memadai merupakan salah satu elemen penting untuk mendukung seluruh rancangan kegiatan pembelajaran online di masa pandemi ini. Semua itu tidak akan berjalan dengan lancar tanpa adanya fasilitas pendukung.

Oleh karena itu, tak jarang lembaga pendidikan menyarankan para siswa atau mahasiswanya untuk memiliki perangkat media teknologi, informasi dan komunikasi yang lengkap. Terlebih lagi, kebutuhan akan akses internet yang terhubung ke perangkat lain sangatlah dibutuhkan di kota-kota besar.

Apabila sarana, prasarana dan fasilitas pendukung tidak tersedia, maka kemampuan siswa maupun mahasiswa dalam menyerap pelajaran akan berkurang, hingga pada akhirnya tujuan diadakannya pendidikan tidak tercapai dengan baik.

Selain itu, perangkat keras dan lunak yang didukung dengan jaringan berkualitas membuat belajar menjadi lebih efektif. Pastikan Anda menyediakan genset di rumah, sebagai antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi pemadaman listrik.

Masih banyak lagi fasilitas pendukung belajar online yang lainnya. Namun, semua itu tidak akan berguna jika tidak ada jaringan internet. IndiHome adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin mendapatkan koneksi internet cepat dengan harga terjangkau.