Cara Merawat Perabot Berbahan Stainless Steel agar Bebas Noda dan Selalu Berkilau | IndiHome
15 JUL 2021        BLOG

Cara Merawat Perabot Berbahan Stainless Steel agar Bebas Noda dan Selalu Berkilau

Stainless steel merupakan bahan dasar pada peralatan rumah tangga yang cukup dikenal oleh semua orang. Baja nirkarat atau baja tahan karat ini terbuat dari campuran besi dan kromium. Perabot berbahan stainless steel memiliki bobot ringan, anti karat, kuat, mampu menghantarkan panas, dan tidak mempengaruhi cita rasa makanan. Cara merawat perabot berbahan stainless steel juga terbilang mudah, namun Anda tetap harus memperhatikan cara membersihkannya.

Ulasan berikut ini akan menambah wawasan Anda tentang cara merawat perabot berbahan stainless steel sehingga berbagai peralatan rumah tangga selalu bersih dan tampak seperti baru.

Beberapa Hal yang Harus Dihindari dalam Merawat Perabot Berbahan Stainless Steel

Meskipun cara pemeliharaan perabot berbahan stainless steel terbilang praktis, Anda tetap harus menghindari beberapa hal berikut ini ketika merawatnya:

  1. Membersihkan Perabot yang Masih Panas
    Menyiramkan air dingin pada perabot berbahan stainless steel yang masih panas dapat membuat perabot mengalami perubahan bentuk bahkan patah. Selain itu, uap yang muncul dari siraman air berisiko melukai tangan Anda. Jadi, sebaiknya Anda bersabar menunggu perabot tersebut dingin selama 15 hingga 30 menit. Setelah perabot dingin, Anda bisa segera membersihkannya seperti biasa.

  2. Memanaskan Air Garam
    Tidak banyak orang yang tahu jika memanaskan air garam dapat menyebabkan lubang kecil berkarat bermunculan pada perabot berbahan stainless steel. Jika Anda ingin membuat larutan ini, sebaiknya Anda masak air terlebih dahulu hingga mendidih. Setelah itu, tambahkan garam sedikit demi sedikit karena garam bisa membuat air semakin mendidih.

  3. Menuangkan Minyak saat Wajan atau Panci Masih Dingin
    Pada umumnya orang menuangkan minyak ke dalam wajan atau panci yang masih dingin kemudian mendidihkannya. Kebiasaan tersebut tidak boleh dilakukan saat Anda menggunakan perabot berbahan stainless steel. Panci atau wajan harus dalam keadaan panas terlebih dahulu ketika Anda hendak memasukkan minyak. Teknik sederhana ini akan membuat wajan anti lengket dan mencegah temperatur minyak menjadi terlalu tinggi pada bagian permukaan saja.

  4. Malas Mengeringkan Perabot
    Proses perawatan perabot berbahan stainless steel yang sering membuat orang malas mengeringkannya ialah ketika selesai mencuci perabot. Kebiasaan buruk ini dapat menimbulkan bercak-bercak air yang mengganggu penampilan perabot. Meskipun bukan hal berbahaya, bercak-bercak tersebut tentu membuat perabot tampak kurang menarik. Sebaiknya Anda meluangkan waktu untuk mengeringkan perabot hingga tuntas agar tetap tampak seperti baru.

  5. Menggunakan Alat Penggosok Berbahan Dasar Baja
    Wol atau sikat baja memang kerap diandalkan untuk membersihkan noda membandel pada perabot. Namun, sebaiknya Anda tidak menggunakan penggosok berbahan baja untuk membersihkan perabot berbahan stainless steel. Selain membuat permukaan perabot mudah tergores, penggosok bertekstur kasar tersebut juga dapat meninggalkan partikel kecil pada permukaan peralatan berbahan stainless steel. Sebaiknya Anda menggunakan spons atau sabut yang terbuat dari plastik atau sikat berbulu lembut untuk membersihkan perabot berbahan stainless steel.

  6. Menggosok Perabot dengan Cara Berlawanan Arah
    Beberapa perabot berbahan stainless steel memiliki motif garis-garis kecil dengan arah tertentu. Ketika Anda menggosok perabot, sebaiknya Anda melakukannya searah dengan motif tersebut. Jangan menggosok perabot berlawanan arah dengan motifnya karena dapat menggores perabot dan membuat hasil pencucian jadi kurang bersih. Jika perabot berbahan stainless steel Anda tidak memiliki motif tertentu, sebaiknya Anda menggosoknya dengan gerakan melingkar supaya hasilnya lebih maksimal.

  7. Memakai Produk Pembersih yang Salah
    Produk pembersih yang bersifat abrasif memang bisa menghilangkan noda sampai tuntas. Sayangnya, pembersih tersebut juga berisiko merusak permukaan perabot berbahan stainless steel bahkan membuatnya jadi berlubang. Sebaiknya Anda menggunakan sabun cuci piring biasa yang formulanya aman untuk perabot berbahan stainless steel.

  8. Menggunakan Pemutih untuk Membersihkan Noda
    Cara merawat perabot berbahan stainless steel menggunakan pemutih adalah hal keliru. Pemutih yang mengandung klorin malah berisiko merusak permukaan perabot dan membuatnya jadi mudah rusak. Selain itu, sisa-sisa klorin yang tertinggal pada peralatan makan juga berbahaya bila masuk ke tubuh. Sebaiknya Anda hanya menggunakan pembersih tanpa kandungan klorin untuk perabot berbahan stainless steel. Jika ada sisa pemutih yang tertinggal pada permukaan perabot, Anda harus membilasnya sampai tuntas dengan air mengalir.

  9. Melewatkan Bagian Gagang
    Bagian gagang perabot juga tak boleh luput dari perhatian ketika Anda membersihkannya. Gagang perabot berbahan stainless steel yang jarang dibersihkan akan terasa berminyak, kusam, dan menjadi tempat berkumpulnya kotoran. Sama seperti bagian perabot lainnya, gagang perabot juga harus dibersihkan secara menyeluruh supaya selalu bersih dan nyaman digunakan.

 

Langkah-Langkah Membersihkan Perabot Berbahan Stainless Steel yang Tepat

Bila Anda mengikuti beberapa langkah berikut ini, dijamin proses membersihkan perabot berbahan stainless steel jadi semakin mudah dan selalu bersih seperti baru:

  1. Membasahi seluruh permukaan perabot yang sudah dingin lalu menyiramnya dengan sabun cuci piring. Jika seluruh bagian perabot sudah basah dan terkena sabun, Anda bisa mulai menggosoknya dengan sabut plastik, spons, atau sikat berbulu lembut.
  2. Proses membersihkan perabot harus dilakukan secara perlahan-lahan agar tidak ada sisa noda dan minyak yang tertinggal. Jangan lupa untuk membersihkan bagian gagangnya secara teliti.
  3. Jika ada sisa noda yang membandel pada permukaan perabot, Anda harus membersihkannya dengan air hangat. Siramkan air hangat pada bagian perabot yang bernoda lalu diamkan selama 10 menit. Kemudian, cucilah perabot dengan sabun cuci piring. Air hangat akan membuat noda membandel jadi lebih mudah dibersihkan karena tidak melekat kuat pada permukaan perabot.
  4. Anda juga bisa mengembalikan kilau alami perabot berbahan stainless steel dengan larutan cuka. Campurkan beberapa tetes cuka dengan air lalu gunakan larutan tersebut untuk membasuh permukaan perabot. Jika sudah selesai, bilas perabot dengan air mengalir untuk membersihkan sisa-sisa larutan cuka. Proses ini bisa dilakukan dua minggu sekali agar perabot tetap tampak seperti baru.
  5. Setelah selesai mencuci perabot berbahan stainless steel, jangan lupa mengeringkannya dengan lap bersih bertekstur lembut. Pastikan bahwa tidak ada sisa-sisa air yang tertinggal. Karena, sisa air menimbulkan bercak-bercak membandel yang sulit hilang dan mengganggu penampilan perabot kesayangan.

 

Cari dan Beli Perabot Berbahan Stainless Steel di Internet dengan Paket 3P (Internet + TV + Phone) dari IndiHome

Wajar saja bila perabot berbahan stainless steel Anda yang lama terlihat kusam karena Anda belum tahu cara merawatnya. Jika sudah tahu caranya, maka Anda akan lebih teliti dalam merawat perabot lama maupun perabot baru yang ingin Anda beli. Jika Anda ingin membeli perabot berbahan stainless steel dengan praktis, Anda bisa membelinya secara online tanpa harus bepergian ke luar rumah. Aktivitas belanja online tentunya semakin mudah dan nyaman dengan menggunakan Paket 3P (Internet + TV + Phone) dari IndiHome.

Paket 3P (Internet + TV + Phone) dari IndiHome menghadirkan koneksi internet stabil, ratusan channel TV unggulan, dan sambungan telepon jernih. Tersedia kecepatan internet hingga 300 Mbps dengan harga mulai dari Rp375.000 saja per bulannya. Selain itu, banyak bonus seru yang dapat Anda pilih sesuai keinginan.

Paket 3P (Internet + TV + Phone) dari IndiHome akan memudahkan berbagai aktivitas digital Anda, termasuk belanja online dan mempelajari cara merawat perabot berbahan stainless steel di internet. Dengan mengetahui cara merawatnya, dijamin peralatan rumah tangga berbahan stainless steel yang Anda miliki bebas noda dan selalu berkilau seperti baru.