Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi | IndiHome
10 JUN 2021        BLOG

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia menyebabkan kekhawatiran yang tak kunjung usai. Namun, sebenarnya Anda tak perlu khawatir berlebihan jika Anda termasuk orang yang cermat menjaga kesehatan. Pola hidup sehat yang dijalani secara konsisten dapat membantu menangkal penyebaran Covid-19.

Tak ada kata terlambat untuk memulai pola hidup sehat. Anda harus telaten melakukan berbagai cara meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari paparan Covid-19. Mulai sekarang, mari menjalani beberapa kebiasaan sehat berikut ini secara konsisten.

Mengonsumsi Makanan Bergizi dengan Porsi Seimbang

Asupan makanan bergizi dengan porsi seimbang sangat penting untuk menunjang kesehatan. Selain mengonsumsi makanan yang mengenyangkan, Anda juga harus memperhatikan kandungan gizi dari makanan tersebut. Tubuh tak cuma membutuhkan karbohidrat, lemak, dan protein melainkan juga butuh vitamin, mineral, dan serat. Jadi, jangan malas mengonsumsi sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan untuk menyempurnakan asupan gizi bagi tubuh.

Minum Air Putih Minimal Dua Liter per Hari

Selain makanan bergizi, asupan air yang cukup juga penting untuk mendukung metabolisme dan menjaga daya tahan tubuh. Anda patut mengonsumsi air putih minimal dua liter sehari supaya tubuh tetap sehat dan terhindar dari risiko dehidrasi serta penyakit lainnya. Jika Anda termasuk orang yang sering lupa minum, jangan ragu membawa botol minum pribadi berisi air putih ketika beraktivitas di luar rumah.

Menyiapkan Waktu Istirahat yang Cukup

Sesibuk apa pun rutinitas Anda, tubuh tetap butuh waktu tidur yang cukup setiap hari. Ketika Anda tidur, tubuh melakukan proses regenerasi sel dan memberikan jeda pada organ untuk beristirahat.  Jadi, usahakan untuk memiliki waktu tidur minimal tujuh jam setiap hari. Kurang tidur bukan hanya berisiko menurunkan daya tahan tubuh, tetapi juga bisa membuat Anda bad mood, kurang konsentrasi, dan meningkatkan nafsu makan secara berlebihan. Bila Anda mengalami kurang tidur dalam jangka panjang, metabolisme tubuh akan terganggu dan Anda rentan mengidap penyakit kronis serta berbagai komplikasinya.

Melakukan Aktivitas Fisik secara Teratur

Rutinitas olahraga juga merupakan cara meningkatkan daya tahan tubuh yang tak boleh luput dari perhatian Anda. Di masa pandemi ini, sebaiknya Anda meminimalkan aktivitas olahraga di luar rumah. Sebagai gantinya, Anda bisa melakukan aktivitas olahraga di rumah aja. Ada berbagai jenis olahraga menarik yang dapat Anda lakukan di rumah, misalnya senam lantai, yoga, pilates, dan angkat beban. Luangkan waktu secara rutin minimal tiga kali seminggu untuk berolahraga agar Anda senantiasa bugar dan produktif. Kalaupun Anda ingin berolahraga di luar rumah, jangan lupa menaati protokol kesehatan supaya terhindar dari risiko penularan Covid-19.

Mencuci Tangan pada Waktu yang Tepat

Kebiasaan mencuci tangan juga termasuk cara meningkatkan daya tahan tubuh yang efektif bagi semua kalangan usia. Mikroorganisme dan kotoran yang menempel di tangan dapat menjadi media penyebaran penyakit. Oleh karena itu, Anda harus menggunakan sabun cuci tangan yang mengandung antiseptik agar kondisi tangan benar-benar bersih. Enam waktu tepat untuk mencuci tangan, yaitu:

  • Sebelum dan sesudah makan.
  • Setelah menggunakan toilet.
  • Saat mandi.
  • Setelah bersin atau batuk.
  • Setelah menggunakan gadget, laptop, atau barang elektronik lainnya.
  • Usai beraktivitas di luar rumah dan menggunakan fasilitas umum.

Mandi Dua Kali Sehari

Selain cuci tangan, mandi dua kali sehari juga penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sebaiknya Anda selalu bergegas mandi dan berganti pakaian setelah beraktivitas di luar rumah. Mandi dengan sabun antiseptik dapat membasmi mikroorganisme penyebab penyakit yang menempel pada permukaan kulit. Tak hanya merasa segar usai mandi, tubuh Anda pun akan kembali higienis dan terhindar dari penyakit menular. 

Mengelola Stres Secara Bijak

Stres berkepanjangan ternyata rentan menurunkan daya tahan tubuh sehingga membuat Anda gampang sakit. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda harus mahir mengelola stres. Lakukan beberapa hal ini supaya terhindar dari stres sekaligus mempertahankan daya tahan tubuh:

  •   Menjauh atau mengatasi penyebab stres agar pikiran dan hati merasa lega.
  •   Melakukan hobi atau meluangkan me time agar Anda lebih bahagia.
  •   Memutuskan untuk rehat atau cuti kalau sudah merasakan kelelahan kerja berlebihan.
  •   Berbagi cerita dengan orang-orang terdekat yang dapat dipercaya tentang masalah yang sedang Anda hadapi, misalnya keluarga dan sahabat.

Menghentikan Berbagai Kebiasaan Buruk

Jangan menganggap remeh kebiasaan buruk yang sering Anda lakukan demi kesenangan sesaat. Kebiasaan buruk yang dilakukan terus-menerus dapat mengganggu daya tahan tubuh dan membuat Anda gampang sakit. Beberapa kebiasaan buruk yang patut dihentikan demi memaksimalkan pola hidup sehat yaitu:

  • Konsumsi alkohol, rokok, dan junk food.
  • Menghindari konsumsi makanan bergizi seperti sayuran dan buah-buahan.
  • Begadang atau lembur kerja hingga larut malam.
  • Malas membersihkan tubuh usai beraktivitas di luar rumah.
  • Gaya hidup minim gerak (sedentari) dan malas berolahraga.

Mengonsumsi Suplemen Berbahan Alami

Konsumsi rempah-rempah ternyata tak cuma berkhasiat untuk mengatasi penyakit. Rempah-rempah juga bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Beberapa jenis rempah yang baik dikonsumsi untuk mendukung daya tahan tubuh antara lain:

  • Jahe
    Mengandung zat gingerol yang berperan sebagai antiinflamasi dan antioksidan alami. Konsumsi jahe secara teratur dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam menangkal radikal bebas dan bermacam-macam penyakit.

  • Serai
    Mengandung vitamin C dan flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan. Kedua jenis antioksidan tersebut berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit. Di samping itu, serai juga bersifat diuretik (membantu membuang zat kimia dan racun berbahaya dalam tubuh) sehingga efektif membantu menurunkan kadar asam urat serta meningkatkan fungsi hati dan ginjal.

  • Kunyit
    Mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas penyebab penyakit. Rempah yang satu ini juga mengandung curcumin yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan saraf otak.

  • Kayu manis
    Kaya antioksidan, antiinflamasi, antimikroba serta kandungan gizi lainnya yaitu vitamin A, B6, C, zat besi, dan magnesium. 

  • Temulawak
    Berperan sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan metabolisme dan mendukung proses detoksifikasi racun dalam tubuh. Selain itu, temulawak juga dapat menstimulasi sekresi hormon dopamin dan serotonin yang penting untuk menjaga kestabilan mood serta meningkatkan kemampuan otak.

Informasi lengkap seputar cara meningkatkan daya tahan tubuh di masa pandemi sekarang mudah diakses melalui internet. Anda dapat mengakses berbagai website kesehatan yang kredibel bila memiliki koneksi internet yang memadai. Sekarang, IndiHome menyediakan Paket 3P (Internet+TV+Phone) yang siap memenuhi kebutuhan aktivitas digital Anda.

Paket 3P (Internet+TV+Phone) persembahan IndiHome siap memfasilitasi Anda dengan tayangan TV interaktif, sambungan telepon jernih, dan jaringan internet berkecepatan stabil. Anda bisa berlangganan Paket 3P (Internet+TV+Phone) dengan pilihan kecepatan internet hingga 300 Mbps. Fasilitas digital dari IndiHome selalu siap memberikan pengalaman digital yang menakjubkan bagi Anda sekeluarga.