Cara Mengatasi Stres Kerja yang Ampuh dan Membuat Anda Lebih Rileks | IndiHome
11 FEB 2021        BLOG

Cara Mengatasi Stres Kerja yang Ampuh dan Membuat Anda Lebih Rileks

Stres kerja adalah suatu kondisi yang tak bisa dihindari oleh orang-orang yang berstatus sebagai pekerja. Secara sederhana, stres kerja dapat didefinisikan sebagai kondisi ketegangan yang memicu ketidakseimbangan fisik dan psikis hingga memengaruhi emosi dan proses berpikir seorang pekerja. 

Mengenal Penyebab Stres Kerja

Beberapa hal yang rentan menyebabkan stres kerja antara lain:

  • Beban kerja yang terlalu berat.
  • Kondisi lingkungan kerja yang tidak nyaman (didominasi persaingan tidak sehat).
  • Karakter pribadi yang terlalu perfeksionis sehingga tidak mudah puas dengan hasil pekerjaan.
  • Koordinasi kerja sama antar tim kurang solid bahkan cenderung penuh konflik.
  • Ketidakpuasan pekerja terhadap gaji atau fasilitas karena dianggap tak sebanding dengan beban kerja.

Berbagai Cara Efektif Mengatasi Stres Kerja

Jika Anda sedang mengalami stres kerja, maka Anda harus melakukan beberapa cara ini untuk mengatasi masalah tersebut:

Memaknai Konsep Self Compassion

Self compassion adalah bentuk penerimaan terhadap diri sendiri tanpa menuntut kesempurnaan secara berlebihan. Hampir semua orang memiliki target pencapaian pribadi yang diinginkan. Namun, obsesi berlebihan terhadap target tersebut rentan menyebabkan stres dan gangguan kesehatan lainnya. Poin-poin penting self compassion yang harus dipahami dan dilakukan, yaitu:

  • Orang-orang perfeksionis harus lebih santai. Biasanya orang yang perfeksionis cenderung membebani diri sendiri secara berlebihan hingga mengalami stres kerja. Hal tersebut tidak akan terjadi jika setiap orang memahami konsep self compassion. Masing-masing orang memiliki kelebihan di bidang yang berbeda. Jadi, Anda tidak perlu sibuk membandingkan diri sendiri dengan orang lain yang dianggap lebih mapan atau lebih sukses. Pencapaian Anda harus diukur berdasarkan kemampuan pribadi. Bukan sekadar berlomba-lomba dengan orang lain di sekitar Anda.

  • Kegagalan adalah hal yang wajar. Jangan menyesali kegagalan secara berlarut-larut. Banyak orang sukses yang menghadapi kegagalan berulang kali. Kalaupun Anda mengalami kegagalan dalam pekerjaan, hal tersebut bukanlah akhir dari karier Anda. Mulailah berpikir logis agar bisa menemukan penyebab kegagalan yang terjadi pada Anda. Sehingga kegagalan tersebut akan menjadi pengalaman berharga yang membuat Anda tidak mengulanginya lagi di kemudian hari.

  • Orang-orang terdekat selalu membutuhkan Anda. Alasan untuk bangkit bukan hanya untuk diri sendiri, melainkan juga untuk orang-orang terdekat. Kalau Anda memahami konsep self compassion dengan baik, pasti Anda juga menyadari manfaat kehadiran Anda bagi orang lain. Karena seseorang bukan hanya bermanfaat bagi dirinya sendiri, melainkan juga menjadi sosok penting untuk orang-orang terdekat. Kegagalan atau hal buruk dalam karier tidak boleh memusnahkan semangat Anda. Sebaliknya, justru Anda harus segera bangkit karena Anda menjadi tumpuan hidup bagi orang lain.

Melakukan Teknik Grounding

Teknik grounding memang mirip dengan meditasi. Namun, tahapannya jauh lebih simpel dan mudah dipraktikkan di mana saja. Teknik ini cocok diimplementasikan saat Anda mengalami stres kerja tetapi masih harus menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk. Pikiran yang sedang melayang-layang dan kurang konsentrasi akan kembali fokus setelah Anda mempraktikkan teknik yang satu ini dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Menenangkan diri sendiri. Otak butuh asupan oksigen yang memadai untuk mendukung daya pikir dan konsentrasi. Jadi, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menarik napas dalam-dalam dan mengembuskannya sebanyak 10 kali. Selanjutnya, jawablah beberapa pertanyaan ini dalam hati:
    • Siapa nama Anda?
    • Berapa umur Anda sekarang?
    • Di mana sekarang Anda berada?
    • Apa saja yang telah Anda kerjakan hari ini?
    • Apa saja rencana yang akan Anda kerjakan nanti?

    Jenis pertanyaannya bisa divariasikan sesuai keinginan Anda. Intinya, pertanyaan-pertanyaan dalam teknik grounding harus membantu Anda kembali fokus kepada diri sendiri.

  • Berjalan kaki. Jika kondisinya memungkinkan, luangkan waktu Anda untuk berjalan kaki beberapa menit. Rasakan sensasi udara di luar ruangan yang berpadu dengan langkah kaki Anda. Alangkah lebih baik bila Anda berjalan kaki di tempat yang sejuk dan asri sehingga Anda lebih cepat merasa tenang.

 

  • Menganalisis lingkungan di sekeliling Anda. Tindakan sederhana ini ternyata ampuh untuk mengalihkan fokus dari masalah yang sedang Anda hadapi. Cobalah untuk mengamati lingkungan di sekitar Anda, misalnya dekorasi ruangan, jumlah furniture, rekan-rekan kerja di dalam ruangan, atau hal-hal sederhana lainnya. Anda juga bisa melakukan hal lain yang lebih menyenangkan seperti mengisi teka-teki silang, bermain dengan hewan peliharaan, atau merapikan sesuatu yang berantakan.

 

Menjalani Gaya Hidup Sehat Secara Konsisten

Kondisi stres kerja rentan bertambah parah jika Anda menjalani gaya hidup kurang sehat. Oleh sebab itu, Anda harus konsisten menjalani gaya hidup sehat sebagai salah satu cara mengatasi stres kerja yang alami. Gaya hidup sehat yang harus Anda jalani secara disiplin adalah sebagai berikut:

  • Menyantap makanan dengan asupan gizi seimbang setiap hari.
  • Membatasi asupan kalori dari makanan dan minuman agar tubuh tidak menimbun kalori berlebihan hingga mengalami kelebihan berat badan.
  • Meminimalisir konsumsi makanan dan minuman cepat saji, makanan instan dalam kemasan, dan atau makanan dan minuman yang mengandung zat aditif (perasa, pewarna, penambah aroma sintetis).
  • Melakukan aktivitas fisik secara rutin, misalnya jalan kaki, lari pagi, bersepeda, renang, olahraga permainan, dan jenis olahraga lainnya.
  • Menghentikan kebiasaan merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol.
  • Memastikan bahwa Anda memiliki waktu tidur yang cukup setiap hari, minimal 7 jam.

Berbagi Tugas dengan Rekan Kerja

Pekerjaan yang menumpuk dan menuntut Anda lembur akan semakin menyebalkan bila Anda tidak bekerja sama dengan rekan kerja. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mengatasi stres akibat lembur kerja dengan cara melakukan koordinasi pekerjaan secara sistematis dengan rekan kerja. Bila Anda berhasil menjalin kerja sama yang solid dengan seluruh anggota tim, kemungkinan besar beban kerja terasa lebih ringan dan Anda tak perlu terlalu sering lembur.


Meluangkan
Me Time di Sela Rutinitas Kerja

Me time bisa menjadi salah satu solusi terbaik untuk mengatasi stres kerja. Anda tidak harus menyiapkan banyak waktu senggang untuk menikmati me time karena Anda bisa melakukannya di sela-sela rutinitas kerja. Ketika Anda mulai bosan, lelah, dan tidak fokus, luangkan sedikit waktu untuk menonton tayangan yang menghibur agar terhindar dari bad mood.

Anda dapat mengandalkan add-on Iflix dari IndiHome untuk mengakses ribuan acara TV terbaik dari Indonesia, Tiongkok, Korea, dan Thailand secara gratis. Jika Anda sudah berlangganan IndiHome, Anda hanya perlu membuat akun atau login akun Iflix Anda di IndiHome TV. Setelah itu, Anda bisa menikmati berbagai tayangan berupa film dan serial unggulan.


Memanfaatkan Jatah Cuti

Pertolongan terakhir yang bisa menyelamatkan Anda dari stres kerja adalah jatah cuti. Jangan ragu memanfaatkan jatah cuti untuk memulihkan kondisi diri sendiri. Gunakan jatah cuti untuk beristirahat di rumah atau staycation ke tempat-tempat yang Anda inginkan. Cuti selama beberapa hari akan membuat Anda lebih rileks dan bahagia. Sehingga, Anda bisa siap kembali ke rutinitas kerja dan menunjukkan performa terbaik.

Semoga Anda tak terbebani dengan stres kerja berkepanjangan yang dapat memicu gangguan kesehatan serius. Lakukan cara mengatasi stres kerja dengan konsisten agar Anda senantiasa produktif, kreatif, dan bahagia.