Cara Membuat Donat yang Empuk, Lezat, dan Mengembang Sempurna | IndiHome
26 FEB 2021        BLOG

Cara Membuat Donat yang Empuk, Lezat, dan Mengembang Sempurna

Siapa sih yang tak tergoda dengan kelezatan sepotong donat? Camilan empuk yang satu ini memang senantiasa istimewa dan disukai semua kalangan usia. Donat adalah salah satu kudapan populer yang memiliki sejarah menarik di balik proses pembuatannya. Asal usul dan cara membuat donat modern diperkirakan berawal dari kreasi masyarakat Belanda yang gemar membuat kue minyak pada pertengahan abad ke-19. Kue minyak khas Belanda yang berbentuk bulat dan biasanya digoreng hingga berwarna kuning keemasan dikenal dengan sebutan olykoeks. Karena bagian tengah olykoeks sulit matang, biasanya ditambahkan bahan isian berupa buah atau kacang yang bisa matang sempurna dalam waktu singkat. Sebagian imigran Belanda yang menetap di Amerika Serikat masih terus membuat olykoeks yang komposisi dan cita rasanya dipengaruhi budaya Amerika.

Mengenal 7 Bahan Dasar Donat

Anda harus menyiapkan tujuh bahan dasar ini jika ingin berkreasi membuat donat yang lezat:

  • Tepung terigu protein sedang. Bahan dasar yang satu ini penting untuk menghasilkan tekstur donat yang empuk. Ketika digoreng, donat yang terbuat dari tepung terigu protein sedang akan mengembang sempurna sehingga tampilannya pun lebih menarik.

  • Ragi instan. Jenis ragi berbentuk bubuk yang mudah ditemui di pasaran. Cara menggunakan ragi instan juga cukup mudah, Anda tinggal menaburkannya pada adonan donat sebelum menguleni adonan tersebut hingga kalis.
  • Margarin atau mentega. Penggunaan margarin atau mentega dalam adonan donat akan membuat tekstur donat jadi lebih lembut. Mentega memiliki rasa dan aroma yang lebih istimewa dari margarin. Setelah mentega atau margarin dicampurkan ke dalam adonan donat, adonan harus diuleni hingga semua bahan tercampur rata agar kandungan garam pada margarin atau mentega tidak mengganggu produktivitas ragi.
  • Telur. Berfungsi sebagai pengikat, pengembang dan penambah rasa pada donat. Semakin banyak telur yang Anda gunakan untuk membuat donat, maka adonan donat akan semakin lunak.
  • Gula. Agar cita rasa donat cocok dipadukan dengan topping manis atau gurih, sebaiknya penggunaan gula dibatasi sesuai dengan takaran resep. Gula halus biasanya lebih mudah tercampur rata dengan adonan donat daripada gula pasir yang butirannya lebih kasar.
  • Susu cair. Susu akan membuat adonan donat terasa lebih gurih dan teksturnya menjadi lembut. Bila Anda tidak memiliki persediaan susu cair untuk membuat donat, Anda bisa menggantinya dengan air matang.
  • Bread improver. Bahan yang digunakan untuk membuat donat mengembang maksimal. Donat yang menggunakan bread improver akan terasa lebih empuk dan tidak mengeras ketika sudah dingin.

 

Bagaimana Cara Membuat Donat yang Empuk dan Lezat?

Cara membuat donat sebenarnya tidak sulit dan bahan-bahannya sangat mudah didapat. Anda hanya perlu memperhatikan beberapa hal ini supaya donat buatan Anda tetap empuk, lezat, dan mengembang sempurna:


Teknik Pencampuran Bahan yang Tepat

Sebelum mencampur seluruh bahan adonan donat, Anda harus memisahkan bahan kering dan bahan basah terlebih dahulu. Bahan-bahan kering seperti tepung terigu harus diayak agar kotoran dan butiran kasar tidak tercampur dengan adonan donat. Selanjutnya, Anda dapat menambahkan bahan-bahan cair (susu dan telur) sambil mengaduk adonan hingga tercampur merata. Terakhir, Anda tinggal menambahkan margarin atau mentega ke dalam adonan donat Anda.


Cara Menguleni Adonan Donat yang Benar

Menguleni adonan donat dapat dilakukan menggunakan tangan atau mixer. Bila Anda menggunakan tangan, uleni adonan dengan gerakan seperti orang sedang mencuci baju. Sedangkan bila Anda menggunakan mixer, aturlah kecepatan mixer pada posisi sedang. Anda dapat menyudahi proses menguleni adonan bila adonan donat sudah kalis dengan tekstur elastis dan tidak menempel di tangan.


Proses Fermentasi agar Adonan Mengembang

Proses fermentasi adonan donat biasanya berlangsung selama 15 sampai 30 menit. Dalam rentang waktu tersebut, istirahatkan adonan donat pada wadah yang ditutupi plastik atau kain lembap yang bersih. Setelah proses fermentasi selesai, Anda harus mengempiskan adonan yang telah mengembang sambil membentuknya dengan ketebalan dan ukuran sesuai selera. Anda juga bisa menggunakan cetakan donat agar bentuk adonan lebih rapi, menarik, dan ukurannya seragam. Setelah mencetak atau membentuk adonan, segera istirahatkan kembali adonan tersebut selama kurang lebih 10 menit sebelum menggorengnya.


Trik Menggoreng Donat supaya Matang Sempurna

Beberapa hal yang mesti Anda lakukan saat menggoreng donat supaya matang sempurna, yaitu:

Selalu Menggunakan Minyak Baru. Anda harus selalu menggunakan minyak baru untuk menggoreng donat karena minyak baru memiliki warna yang jernih dan aroma murni. Adonan donat sangat rentan menyerap aroma dan warna selama proses menggoreng berlangsung. Jadi, jangan sampai aroma dan rasa donat buatan Anda jadi kurang sedap hanya karena Anda menggunakan minyak bekas menggoreng makanan lain.

Minyak Goreng Harus Banyak. Donat adalah salah satu jenis kue yang harus digoreng dengan teknik deep fried. Artinya, Anda mesti menggunakan minyak dalam jumlah banyak agar seluruh bagian donat terendam ketika digoreng. Jangan sampai Anda pelit dalam menggunakan minyak goreng dan membuat donat gagal mengembang saat digoreng.

Api Kompor Harus Kecil. Sama seperti adonan kue lainnya, adonan donat juga rentan hangus bila digoreng dengan api yang terlalu besar. Bagian luarnya sudah berwarna gelap, sedangkan bagian dalamnya masih berwarna terang atau mentah. Itulah sebabnya Anda harus teliti mengatur api kompor ketika menggoreng donat. Pastikan bahwa Anda menggunakan api kecil supaya seluruh bagian donat matang merata. Menggoreng donat dengan sabar akan menghasilkan donat dengan rasa dan tekstur yang sempurna.

Jangan Menggoreng Donat Terlalu Banyak dalam Satu Wajan. Sebaiknya Anda tidak menggoreng donat terlalu banyak dalam setiap proses menggoreng. Jumlah donat yang terlalu banyak dapat membuat temperatur minyak menurun drastis. Akibatnya, donat jadi sulit matang dan tidak mengembang sempurna. Selain itu, Anda juga akan kesulitan membalik donat yang sudah mulai matang jika jumlah donat di wajan terlalu banyak. 

Membalik Donat Satu Kali Saja. Anda tak perlu terlalu sering membalik donat yang sedang digoreng. Jika salah satu sisi donat sudah matang dan berwarna kuning keemasan, Anda tinggal membaliknya satu kali saja. Cara menggoreng ini akan membuat seluruh permukaan donat mendapatkan panas merata dari minyak goreng. Gorenglah donat sampai kedua sisinya matang sempurna sebelum donat dapat diangkat dan ditiriskan.

Setelah menyimak ulasan tentang cara membuat donat ini, yuk luangkan waktu untuk berkreasi dengan resep donat. Anda bebas memilih aneka topping sesuai selera jika membuat donat sendiri di rumah. Kalau sekarang Anda masih mencari referensi resep donat, Anda bisa mendapatkan info lengkapnya dengan menyaksikan tayangan demo masak di channel TV kuliner. Anda dapat mengandalkan IndiHome untuk mencari referensi cara membuat donat dan aneka makanan lezat lainnya. IndiHome menyediakan layanan add-on Minipack Channel TV Upgrade Essential dengan biaya berlangganan Rp60.000 per bulan. Setelah berlangganan add-on minipack Upgrade Essential di IndiHome, Anda bisa menyaksikan tayangan di channel TV kuliner populer seperti Asian Food Network HD dan berbagai channel TV menarik lainnya.

Jadi, tunggu apalagi?

Mari tingkatkan kemampuan memasak dan wawasan Anda tentang dunia kuliner dengan berlangganan layanan add-on Minipack Channel TV Upgrade Essential dari IndiHome.