Cara Memanjangkan Rambut dengan Alami dalam Waktu Singkat | IndiHome
17 DEC 2021        BLOG

Cara Memanjangkan Rambut dengan Alami dalam Waktu Singkat

Banyak wanita mendambakan memiliki rambut panjang yang sehat berkilau. Tidak sedikit yang rela merogoh kocek cukup dalam untuk membeli produk perawatan rambut. Namun, tahukah Anda bahwa sebenarnya ada beberapa cara memanjangkan rambut dengan alami dalam waktu singkat?


Mengenal Proses Pertumbuhan Rambut

Sebelum membahas tentang tips mudah memanjangkan rambut secara alami. Alangkah lebih baik jika Anda juga memahami siklus pertumbuhan rambut yang terdiri atas 3 bagian, yaitu:

  1. Anagen
    Fase pertumbuhan rambut secara aktif bisa memakan waktu bertahun-tahun. Umumnya, fase anagen berlangsung tergantung pada faktor keturunan atau genetik.
  2. Katagen
    Fase saat pertumbuhan rambut terhenti dan terpisah dengan folikel (struktur di bawah kulit yang berperan sebagai penahan rambut). Siklus ini biasanya terjadi sekitar 10 hari.
  3. Telogen
    Setelah fase katagen berakhir, rambut akan memasuki fase telogen. Ini merupakan masa istirahat bagi folikel rambut selama 2 – 3 bulan, setelah itu rambut akan rontok.

Normalnya, setiap orang kehilangan 50 – 100 helai rambut per hari saat mengalami siklus telogen. Selanjutnya, fase anagen baru akan dimulai ketika rambut baru tumbuh pada folikel yang sama.

Namun, apabila terjadi kerusakan pada folikel rambut atau pertumbuhan rambut terganggu, biasanya rambut akan mengalami kerontokan secara lebih cepat. Akibatnya, rambut menjadi lebih tipis.

Rambut sebenarnya bisa tumbuh panjang hingga 15 cm per tahun.Akan tetapi, kecepatan pertumbuhan rambut pada setiap individu berbeda-beda. Contoh sederhananya adalah pada pria dan wanita. Wanita lebih mudah memanjangkan rambut jika dibandingkan dengan kaum pria.


Faktor Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Rambut

Terdapat beberapa faktor penting yang memiliki peran besar dalam mempengaruhi pertumbuhan rambut, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Hormon gonadotropin, tiroid, dan androgen.
  • Makanan yang dikonsumsi, sebab bisa mempengaruhi fungsi tubuh, termasuk rambut.
  • Faktor genetik (keturunan).
  • Cara merawat rambut.

6 Cara Memanjangkan Rambut dengan Alami

Anda mendambakan rambut panjang dan sehat? Jangan buru-buru pergi ke salon atau menghambur-hamburkan uang untuk membeli produk hair treatment yang belum tentu cocok. Disarankan supaya Anda mencoba berbagai cara alami dan hemat biaya seperti di bawah ini terlebih dahulu:

  1. Memenuhi Asupan Nutrisi Tubuh
    Tanpa disadari, makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari ternyata memiliki pengaruh besar terhadap proses pertumbuhan rambut. Oleh sebab itu, jika Anda ingin memiliki rambut sehat berkilau, sebaiknya terapkan pola makan sehat dan bergizi.

    Usahakan menghindari program diet yang berpotensi mengurangi asupan gizi. Anda juga bisa menambah asupan mineral dan vitamin yang mengandung zat besi, omega-3, dan pyrithione zinc untuk mendukung proses tumbuhnya rambut.
     
  2. Potong Bagian Ujung Rambut Secara Teratur
    Jika Anda ingin mendapatkan rambut lebat dan sehat, sebaiknya potong ujung rambut secara rutin. Kegiatan sepele ini terbukti ampuh menjaga rambut agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai kerusakan, seperti rambut mudah patah dan bercabang. 

  3. Hindari Keramas Setiap Hari
    Tidak sedikit orang meyakini, bahwa mencuci rambut setiap hari bisa memanjangkan rambut secara cepat dan alami. Akan tetapi, faktanya tidak demikian. Sering keramas justru dapat menyebabkan kulit kepala menjadi kering, dan akibatnya rambut tidak tumbuh sempurna.

    Lebih dari itu, kebiasaan ini juga akan mempengaruhi kecepatan pertumbuhan rambut. Karena rambut rapuh bisa memberikan dampak buruk terhadap kesehatan rambut secara keseluruhan. Karenanya, disarankan untuk keramas setidaknya 2 – 3 hari sekali.

  4. Menggunakan Minyak Esensial Khusus Rambut
    Siapa sangka penggunaan minyak esensial adalah salah satu cara efektif mendapatkan rambut panjang? Selain memiliki aroma harum, minyak esensial juga meningkatan pertumbuhan rambut. Jadi, Anda bisa memiliki rambut panjang dalam waktu singkat.

    Dilansir dari Hindawi, riset menyebutkan, bahwa 400 mg minyak biji labu dalam bentuk kapsul berhasil meningkatkan angka pertumbuhan rambut hingga 40% setelah masa pemakaian 24 minggu. Selain minyak biji labu, Anda juga bisa mencoba minyak kelapa dan zaitun.
     
  5. Sering Memijat Kulit Kepala
    Saat keramas, usahakan Anda memijat area kulit kepala untuk membantu melancarkan sirkulasi darah yang terdapat di bawah kulit. Selain memberikan efek relaksasi, memijat kulit kepala secara lembut juga dipercaya akan mempercepat siklus pertumbuhan rambut.
     
  6. Membatasi Penggunaan Alat yang Berpotensi Merusak Rambut
    Menggunakan hair dryer atau catok secara berkala berpotensi merusak rambut. Efek penggunaan peralatan elektrik mempengaruhi pertumbuhan rambut, serta membuatnya rapuh dan rontok. Hindari juga pakai produk rambut berbahan kimia, seperti pewarna rambut.

 

Bahan Bahan Alami untuk Memanjangkan Rambut

Sebenarnya ada beberapa bahan alami yang mudah ditemukan di sekitar rumah dan bisa dimanfaatkan sebagai alternatif cara mempercepat pertumbuhan rambut. Apa saja bahan-bahan tersebut? Penjelasan selengkapnya ada di bawah ini:

  • Santan
    Sudah menjadi rahasia umum, bahwa santan dianggap dapat menutrisi dan menjaga kelembaban rambut, sehingga rambut bisa panjang alami secara lebih cepat. Cara penggunaannya juga cukup mudah, Anda hanya harus mengoleskannya di seluruh rambut.

    Setelah itu, tutup rambut menggunakan shower cap dan biarkan selama beberapa jam. Terakhir, bilas rambut menggunakan air bersih, lalu keramas dengan sampo seperti biasa.

  • Kopi
    Selain dihidangkan dalam bentuk minuman bercita rasa khas, kopi juga bisa menjadi pilihan bahan alami untuk memperbaiki warna dan tekstur rambut. Karenanya, sangat direkomendasikan kepada Anda yang sedang mengalami masalah kerusakan rambut.

    Bagaimana cara pemakaiannya? Rebus 4 sdt kopi dengan 2 gelas air. Setelah mendidih, matikan api dan biarkan kopi hingga dingin. Selanjutnya, guyurkan air kopi pada rambut dan tutup pakai shower cap, lalu diamkan 20 menit. Setelah itu, cuci rambut hingga bersih.

 

Temukan Tips Jitu  Cara Memanjangkan Rambut dengan Alami di Promo Melalui Platform Digital dari IndiHome

Perkembangan teknologi dan informasi memberikan pengaruh besar terhadap kehidupan masyarakat modern. Salah satunya memudahkan setiap orang dalam mencari berbagai informasi dan tips yang dibutuhkan, termasuk cara cepat memanjangkan rambut dengan metode dan bahan-bahan alami.

Untuk mendukung kegiatan browsing, pastinya Anda membutuhkan dukungan internet cepat dan stabil, bukan? Jangan khawatir, karena sekarang tersedia pilihan paket internet unlimited yang lebih beragam, dan bisa Anda pilih sesuai keinginan di Promo Melalui Platform Digital dari IndiHome.

Pilihan Paket di Promo Melalui Platform Digital dari IndiHome

Dapatkan diskon dan promo menarik di Promo Melalui Platform IndiHome. Ada berbagai pilihan paket internet unlimited yang bisa menjadi solusi kebutuhan digital dan aktivitas online Anda.

Di bawah ini adalah 3 paket andalan yang wajib Anda masukkan dalam bucket list:

  • Paket 2P (Internet+Phone)
    Dapatkan 2 benefit sekaligus dalam 1 paket. Dalam Paket 2P (Internet+Phone). Sudah termasuk internet dengan speed mulai 20 Mbps – 100 Mbps dan bonus telepon 100 menit.
  • Paket 2P (Internet+TV)
    Di Paket 2P (Internet+TV), selain internet dengan beragam pilihan kecepatan, Anda juga mendapat akses ke 97 channel TV favorit dan banyak OTT streaming platform pilihan.
  • Paket 3P (Internet+TV+Phone)
    Mau internetan nyaman di jaringan super kencang dengan kecepatan up to 100 Mbps? Paket 3P (Internet+TV+Phone) bisa jadi pilihan Anda. Selain internet, pelanggan juga mendapat bonus nelpon 100 menit, akses ke 97 channel TV favorit dan beragam OTT streaming platform unggulan.

Browsing tips jitu cara memanjangkan rambut dengan alami sekarang bisa lebih mudah dan praktis dengan berbagai pilihan paket dalam Promo Melalui Platform Digital dari IndiHome. Apalagi, selain benefit internet super kencang dan stabil, ada bonus melimpah yang akan Anda didapatkan. Yaitu cashback saldo LinkAja senilai Rp100.000 serta bonus langsung berupa merchandise eksklusif dari IndiHome dan Disney+ Hotstar selama promo hingga 31 Desember 2021.