Cara Backup Data Paling Mudah dan Praktis supaya File Tidak Hilang | IndiHome
22 JUN 2021        BLOG

Cara Backup Data Paling Mudah dan Praktis supaya File Tidak Hilang

Di era digital sekarang ini, mengetahui cara backup data sebagai langkah antisipasi kehilangan file memang sudah menjadi suatu hal wajib. Apalagi hidup di zaman modern, di mana berbagai dokumen pekerjaan atau tugas umumnya disimpan dalam bentuk file digital yang rawan hilang atau rusak.

Bagi penggiat bisnis, kehilangan data penting bisa menjadi sebuah hal fatal. Pasalnya, tidak bisa dipungkiri bahwa kemajuan teknologi juga berperan meningkatkan potensi peretasan data penting, dan lebih parahnya apabila file dirusak oleh oknum tertentu untuk tujuan yang negatif.


Kenapa
File di PC Bisa Hilang?

Secara umum, ada beberapa penyebab file di komputer hilang, di antaranya sebagai berikut:

  • Human error
  • Serangan virus atau malware
  • Kerusakan hardware
  • Terhapus permanen secara sengaja atau tidak disengaja
  • Kehilangan perangkat
  • Masalah firmware


7 Cara Backup Data
di PC untuk Mengamankan File Penting

  1. Menggunakan Hard Drive Eksternal
    Hard drive eksternal hanya bisa dihubungkan di satu device pada satu waktu tertentu. Jadi, kemungkinan untuk terkena hack sangat minim. Saat ini, Anda bisa menemukan berbagai tipe hard drive wireless yang lebih praktis di toko aksesoris komputer dan laptop.

    Bukan hanya mudah digunakan, hard drive eksternal akan menjadwalkan backup update otomatis, sehingga pengguna tidak perlu repot harus melakukan pemeriksaan berkala.


  2. Copy File ke External Storage
    Selain hard drive, Anda juga bisa menyimpan file penting di penyimpanan eksternal lain, seperti SD card, flash disk, dsb. Meskipun cukup merepotkan, apalagi kalau ukuran file-nya cukup besar. Akan tetapi, jangan lupa bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati.

    Dengan kata lain, mengambil langkah pencegahan kehilangan data sangat worth to do. Sebab kalau sudah terlanjur hilang, maka urusannya bisa tambah runyam. Apalagi, kalau file tersebut masih relevan digunakan untuk beberapa tahun ke depan.


  3. Copy File ke Beberapa Partisi
    Apabila memiliki data penting, sebaiknya jangan hanya disimpan di satu tempat saja. Anda bisa menyalin file tersebut dan kemudian paste ke partisi lain, seperti Local Disk C, Local Disk D, dst. Kalau perlu, copy juga ke perangkat desktop lain supaya lebih aman.

    Dengan begitu, jika terjadi masalah teknis, seperti tempat penyimpanan pertama rusak, maka Anda tidak perlu panik karena masih ada salinan file di tempat lain. Jadi, tidak harus menghabiskan waktu, tenaga, dan pikiran untuk mengerjakan ulang.


  4. Memanfaatkan Cloud Storage
    Dilansir dari Livewire, layanan Cloud storage diklaim mampu menjaga data menggunakan enkripsi yang susah ditembus sehingga sangat recommended untuk digunakan. Selain itu, Cloud juga menawarkan opsi storage gratis yang dapat digunakan oleh pengguna.

    Akan tetapi, jika membutuhkan space lebih besar, maka bisa langsung beli kapasitas storage karena harganya sangat terjangkau. Menariknya, data yang tersimpan di Cloud dapat diakses dari perangkat apa saja, dan dari mana saja, yang penting terhubung dengan internet.

    Beberapa cloud storage terbaik yang bisa dijadikan referensi antara lain adalah:

    • iCloud

    • Google Drive

    • Onedrive

    • Dropbox

  5. Salin File ke CD/DVD
    Meskipun terdengar jadul, namun menyimpan file penting ke CD atau DVD lebih aman dari virus. Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan data karena terserang virus. Selain harga kepingan CD/DVD sangat murah, cara penyalinan file juga sangat mudah.

     
  6. Time Machine
    Bagi pengguna perangkat dengan sistem operasi iOS, maka backup data dapat dilakukan melalui Time Machine (device yang berfungsi mencadangkan file ke hard drive eksternal secara otomatis. Time Machine bisa Anda dapatkan di Apple Store.

    Salah satu keunggulan dari Time Machine adalah karena mampu melakukan back up otomatis dan menciptakan cadangan setelah jangka waktu 24 jam dari penggunaan device.


  7. Network Attached Storage
    Menurut WeLiveSecurity, pihak perusahaan besar selalu mencadangkan data ke sistem penyimpanan yang dipasang pada jaringan atau network attached storage. Dengan network attached storage, pengguna PC dapat menyimpan file di lebih dari satu sumber.

    Selain itu, harga yang ditawarkan juga cukup bersahabat. Bagi perusahaan, memiliki sistem penyimpanan data nirkabel khusus merupakan pilihan paling aman. Terlebih lagi, kalau perangkat tersebut kompatibel dengan gadget, seperti smartphone dan tablet.

Panduan Mudah Backup Data di Hard Drive Eksternal

Di bawah ini adalah cara backup data dari PC ke hard drive yang bisa dijadikan referensi:

  • Hubungkan hard drive eksternal pada perangkat PC
  • Klik ikon Start
  • Pilih opsi Settings
  • Wizard Settings akan ditampilkan, klik Update & Security
  • Klik tab pada menu “Backup”
  • Pilih bagian “Backup using File Historydi ikon Add a driveuntuk melihat perangkat yang terhubung
  • Klik nama device, misalnya Local Disk (D:)
  • Kembali pada menu Backup
  • Pilih More Options
  • Di jendela Backup Options pengguna bisa melihat list folder yang ingin di-backup ke perangkat
  • Klik Add a folder untuk menambahkan folder lain
  • Pilih Back up now untuk memulai proses backup data dari PC ke hard drive


Yuk, Cari Tahu Cara
Backup Data Terlengkap di Internet dengan Paket 2P dari IndiHome

Ada banyak sekali cara dan tips mudah dalam melakukan backup data yang dapat Anda pelajari melalui internet. Dengan begitu, maka tidak perlu takut lagi kalau sewaktu-waktu data penting mendadak hilang karena sebab tertentu, karena sekarang Anda sudah memiliki cadangan.

Selain backup data, penting sekali bagi pengguna perangkat PC mengetahui cara mengamankan data agar tidak mudah diretas pihak lain. Menariknya, untuk belajar semua hal tersebut Anda membutuhkan dukungan internet stabil sehingga proses menggali informasi tidak terhambat.

Untuk mendukung kegiatan belajar dengan mem-backup file atau melakukan pencadangan file ke online storage, Anda bisa berlangganan Paket 2P IndiHome sebagai solusinya. Dengan Paket 2P, Anda bisa bebas browsing mengenai panduan backup data di jaringan internet berkecepatan up to 100 Mbps.


Apa itu Paket 2P?

Paket 2P IndiHome memiliki dua opsi, yaitu:

  1. Paket 2P (Internet+TV)

    Pelanggan akan mendapatkan benefit berupa akses internet cepat dan bebas menonton tayangan TV berkualitas di lebih dari 100 channel pilihan. Selain itu, Anda juga dapat mengakses aplikasi UseeTV GO dan bisa memilih berbagai macam bonus menarik, seperti:

    • Study (CATCHPLAY+ dan IndiHome Study)

    • Movies (CATCHPLAY+ dan Iflix)

    • Music (CATCHPLAY+ dan iKonser)


  2. Paket 2P (Internet+Phone)

    Apabila memilih opsi Paket 2P (Internet+Phone), maka benefit yang akan didapatkan adalah akses internet dengan kecepatan mulai dari 20 Mbps hingga 100 Mbps, dan gratis nelpon lokal/interlokal selama 300 menit. Ada juga keuntungan lainnya, yakni:

    • Study (IndiHome Study, Cloud Storage 16 GB, dan Wifi.id Seamless)

    • Entertainment (Add-on Gamer, Langit Musik, dan Wifi.id Seamless)

    • Smart (Smart Camera, IndiHome Study, dan Wifi.id Seamless)

Mempelajari cara backup data pun menjadi lebih mudah dengan berlangganan Paket 2P dari IndiHome. Apalagi, setelah berlangganan paket komplet ini Anda juga akan mendapatkan bermacam keuntungan menarik yang bisa menjadi solusi untuk memenuhi berbagai kebutuhan digital.