Biar Gak Lelet Lagi, Ini 7 Tips Memperkuat Sinyal Wifi di Laptop | IndiHome
20 APR 2022        BLOG

Biar Gak Lelet Lagi, Ini 7 Tips Memperkuat Sinyal Wifi di Laptop

Internet sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi pelajar dan pekerja. Agar selalu terhubung dengan internet, masyarakat tidak ragu lagi untuk memasang wireless fidelity (wifi) di rumah mereka. Tidak cukup di rumah saja, ketika keluar rumah pun tidak sedikit orang yang berburu sinyal wifi agar bisa internetan di mana pun mereka berada. Koneksi internet yang lancar tentunya akan mendukung produktivitas seseorang. Tetapi, bagaimana jika sinyal wifi Anda terhambat oleh jaringan yang lelet? Tenang saja, ada beberapa cara memperkuat sinyal wifi agar kebutuhan digital Anda dapat terpenuhi.


Sinyal Internet Lelet? Coba 7 Cara Memperkuat Sinyal
Wifi Berikut!

Sedang fokus belajar atau bekerja di laptop, tapi tiba-tiba sinyal wifi malah melambat? Masalah ini pasti menghambat produktivitas Anda, kan? Kalau begitu, tujuh cara memperkuat sinyal wifi ini bisa jadi solusi yang tepat!

  • Posisi yang Tepat
    Pemilihan tempat yang tepat dapat mempengaruhi penerimaan sinyal wifi di laptop. Apalagi jika Anda menggunakan layanan wifi di tempat umum. Semakin sedikit penghalang, maka sinyal yang didapatkan pun akan semakin baik. Jadi, pilihlah posisi dekat dengan router sebagai cara memperkuat sinyal wifi di laptop. Pastikan juga antara router dengan perangkat Anda tidak ada penghalang seperti tembok tebal atau benda padat lain yang dapat menghambat sinyal.
     
  • Gunakan Teknologi Wifi Terbaru
    Umumnya terdapat lima jenis teknologi wireless card, yaitu Wireless A, B, G, N, dan AC. Teknologi Wireless A, B, dan G dianggap sebagai teknologi wifi lama sehingga penerimaan sinyal pun terasa lambat. Masalah sinyal wifi yang lelet di laptop dapat dipicu oleh wireless card yang jadul tersebut. Itu sebabnya Anda perlu mengganti wireless card lama dengan teknologi terbaru, seperti Wireless N dan AC yang dianggap sebagai teknologi wifi terkini dan lebih cepat. Bila perlu, gunakan juga router berkualitas baik. Bila Anda menerapkan cara memperkuat sinyal wifi ini, dijamin deh sinyal yang diterima akan lebih optimal.

  • Jauhkan Laptop dari Barang Elektronik Lain
    Posisi router memang menentukan penerimaan sinyal, tapi keberadaan barang elektronik lain seperti microwave atau Bluetooth di sekitar Anda juga bisa menghambat penerimaan sinyal wifi. Solusinya, jauhkan barang elektronik tersebut dari router. Anda juga bisa menggunakan router dual band sebagai cara memperkuat sinyal wifi lainnya. Menggunakan router dual band memudahkan Anda untuk memindahkan frekuensi sinyal wifi.
     
  • Pilih Channel Wifi yang Sedikit Pengguna
    Jika Anda sering menggunakan hotspot wifi di tempat umum, wajar saja jika sinyal di laptop menjadi lambat. Pasalnya, banyak orang yang menggunakan hotspot tersebut. Sebagai cara memperkuat sinyal wifi, pilihlah channel wifi yang masih kosong atau sedikit pengguna. Anda bisa menggunakan aplikasi pendukung untuk mencari channel wifi yang tepat agar tidak ada masalah sinyal lelet lagi.

  • Kontrol Aplikasi Pemakan Bandwidth
    Untuk menerapkan cara memperkuat sinyal wifi ini, Anda memerlukan akses ke router agar dapat mengontrol aplikasi yang memengaruhi kualitas sinyal. Ada beberapa aktivitas yang dapat memengaruhi kualitas sinyal, seperti mengunduh file yang besar, main game online, atau nonton video streaming. Sebagai admin, Anda bisa memprioritaskan layanan yang lebih penting agar tidak ada penggunaan bandwidth yang berlebihan.

  • Sistem Keamanan yang Baik
    Salah satu cara memperkuat sinyal wifi adalah dengan cara mengecek sistem keamanan wifi. Mungkin ada beberapa perangkat yang mengakses wifi tanpa sepengetahuan Anda. Jadi, gunakanlah sistem enkripsi terbaik seperti WPA2. Anda juga perlu menggunakan password unik agar tidak ada orang lain yang membobol koneksi wifi Anda.

  • Gunakan Wifi Extender
    Wifi extender merupakan cara memperkuat sinyal wifi yang efektif. Dengan adanya extender, sinyal wifi dapat ditangkap dan dipancarkan kembali dengan sinyal yang lebih kuat. Wifi extender juga terbukti efektif untuk menangkap sinyal wifi di area penerimaan sinyal yang buruk. Perangkat ini bisa Anda gunakan di tempat yang memiliki banyak penghalang berupa tembok atau perangkat elektronik lainnya.

Internetan Anti Lelet dengan Berlangganan Paket Bebas Tanpa Batas dari IndiHome

Pada dasarnya kualitas koneksi yang didapatkan tergantung dari paket internet yang Anda pilih. Jadi, cara memperkuat sinyal wifi di atas hanya untuk memperkuat penangkapan sinyal saja, bukan mempercepat koneksi internet. Nah, agar sinyal internet di laptop semakin optimal, Anda perlu berlangganan paket internet dengan sinyal ngebut juga stabil seperti Paket Bebas Tanpa Batas dari IndiHome.

Dengan biaya berlangganan yang super ekonomis, Anda bisa internetan di kecepatan hingga 50 Mbps, lho! Bukan itu saja, Anda juga dapat menonton berbagai tayangan unggulan dari channel TV pilihan sepuasnya. Spesialnya lagi, Anda bisa bebas atur perangkatnya, karena modem serta STB (Set Top Box) dapat dibeli dengan berlangganan paket ini.

Paket Bebas Tanpa Batas dari IndiHome tersedia dalam dua pilihan paket, yaitu:

  • Paket Bebas Tanpa Batas 1P (Internet Only)
    Dengan biaya berlangganan mulai Rp255.000/ bulan, Anda bisa internetan di jaringan IndiHome dengan pilihan kecepatan up to 30 Mbps dan 50 Mbps.
  • Paket Bebas Tanpa Batas 2P (Internet + TV)
    Paket ekonomis yang menyediakan kecepatan internet 50 Mbps dengan biaya berlangganan Rp360.000/bulan. Dapatkan juga benefit lain berupa 100+ channel TV untuk menyaksikan berbagai tayangan unggulan setiap harinya.

Berlangganan paket internet dari IndiHome seperti Paket Bebas Tanpa Batas ini memungknkan Anda untuk mengatur perangkat wifi milik sendiri. Masalah sinyal lelet atau perangkat wifi dibobol orang lain bisa Anda minimalisir dengan mudah. Yuk, langganan paket internet IndiHome sekarang juga dan nikmati berbagai keuntungan serta promo menarik setiap bulannya!