Belajar Bahasa Asing Secara Autodidak Lebih Mudah dengan Cara Ini! | IndiHome
5 APR 2022        BLOG

Belajar Bahasa Asing Secara Autodidak Lebih Mudah dengan Cara Ini!

Setiap negara memiliki bahasanya sendiri yang digunakan untuk berkomunikasi sehari-hari. Keragaman bahasa yang ada di dunia ini tentunya membuat siapa pun tertarik untuk mempelajarinya. Kini, supaya bisa mempelajari bahasa tersebut, Anda tidak perlu repot-repot pergi ke negara asal bahasa tersebut. Ada cara lain untuk mempelajari bahasa asing, yaitu dengan les atau belajar secara autodidak. Pilihan untuk belajar secara autodidak bisa Anda tempuh untuk menguasai bahasa asing secara cepat tanpa harus les dengan guru profesional, selama Anda tahu cara efektif untuk mempelajarinya sendiri.

Belajar bahasa asing secara autodidak memerlukan perencanaan matang, strategi yang tepat, dan kemauan yang keras. Nah, agar aktivitas belajar ini dapat Anda lakukan dengan mudah tanpa perlu ikut les, coba deh terapkan beberapa kiat di bawah ini:

  • Pelajari Kosakata dengan Benar
    Salah satu kunci agar mahir berbahasa asing adalah dengan mempelajari kosakata yang sering dipakai dalam percakapan sehari-hari. Agar bisa belajar bahasa asing secara autodidak, coba deh cari tahu frasa atau kosakata yang paling umum digunakan penutur bahasa asing saat berbicara. Lalu, catat kosakata tersebut supaya bisa dipelajari kembali.

    Ingin lebih praktis lagi? Anda bisa menggunakan aplikasi belajar bahasa asing, lagu, drama, atau film untuk mempelajari berbagai kosakata baru. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan buku bacaan anak-anak dalam bahasa asing yang tengah dipelajari. Buku cerita anak-anak akan lebih mudah dipahami karena disajikan dengan bahasa yang lebih sederhana. 
  • Lakukan Variasi
    Agar terhindar dari kebosanan saat belajar bahasa asing secara autodidak, sangat penting untuk menerapkan cara belajar yang variatif. Terdapat tiga variasi belajar yang bisa Anda praktikkan, di antaranya:
  • Variasi Posisi
    Tahukah Anda bahwa posisi tubuh dan cara bergerak sebenarnya berpengaruh pada konsentrasi dan kemampuan dalam menyimpan informasi? Tidak ada salahnya mencoba gerakan atau posisi tubuh yang berbeda ketika belajar. Misalnya, cobalah dengarkan percakapan bahasa asing sembari membersihkan rumah atau jogging.
  • Variasi Materi
    Belajar bahasa asing secara autodidak akan semakin menyenangkan dengan mengacu pada berbagai variasi materi. Di awal pembelajaran, Anda bisa mengandalkan buku teori sebelum beralih ke medium lain seperti podcast, permainan interaktif yang mengasah otak, atau konten video.
  • Variasi Kegiatan
    Semakin bervariasi cara belajar bahasa asing secara autodidak, semakin cepat pula Anda memahami bahasa tersebut. Tidak hanya membaca buku, Anda pun akan mahir dalam menulis, mendengarkan, dan berbicara bahasa tersebut. Sekali-kali, Anda bisa melatih kemampuan berbahasa asing dengan guru, teman, atau penutur asli bahasa tersebut. 
  • Jaga Kualitas dan Kuantitas Belajar
    Belajar bahasa asing secara autodidak pastinya memiliki banyak rintangan. Maka dari itu, sangat penting untuk memiliki niat dan motivasi yang kuat. Agar pembelajaran bahasa asing lebih berkualitas dan berkuantitas, ada beberapa hal yang bisa Anda coba, seperti:
    • Belajar secara berkala setidaknya sekali sehari dengan pembagian waktu yang sama per harinya.
    • Jadwalkan waktu belajar yang paling efektif dan tidak mudah terdistraksi.
    • Pahami teks pendek atau unit bahasa secara umum sebelum mempelajari dialog atau teks panjang.
  • Jangan Takut Bicara
    Agar belajar bahasa asing secara autodidak bisa lebih cepat, banyaklah latihan berbicara. Sediakan waktu setidaknya 30-60 menit untuk berbicara dalam bahasa asing yang Anda pelajari. Jadi, bukan hanya pengetahuan umum tentang bahasa ini yang Anda pelajari, tapi juga kecakapan untuk menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai permulaan, Anda bisa memulai topik pembicaraan dengan hal-hal yang umum seperti hobi, rencana liburan, film terbaru, cita-cita, dan sebagainya. Pastikan percakapan tersebut terus mengalir agar kemampuan berbicara bahasa asing semakin terasah.
  • Komitmen dan Konsisten
    Jika tidak memiliki alasan yang kuat untuk belajar bahasa asing, kemungkinan Anda akan kehilangan motivasi di tengah jalan. Pada awalnya mungkin terasa menarik, tapi tidak menutup kemungkinan Anda akan merasa bosan di kemudian hari. Itu sebabnya, ketika Anda ingin belajar bahasa asing secara autodidak, jaga komitmen dan konsistensi untuk menjalaninya. Dua hal tersebut menjadi kunci agar belajar bahasa asing semakin optimal.  
  • Jangan Takut Membuat Kesalahan
    Takut membuat kesalahan merupakan hal lumrah yang sering dialami orang yang tengah belajar bahasa asing. Padahal, dari kesalahan tersebut, Anda bisa mendapatkan pengalaman baru. Bahkan, penutur aslinya pun tidak jarang membuat kesalahan. Jadi, jangan pernah takut membuat kesalahan ketika belajar bahasa asing secara autodidak. Ingatlah pepatah \"practice makes perfect,\" dan seiring berjalannya waktu, Anda pun dapat berkembang karena mau belajar dari kesalahan dan terus membenahi kemampuan berbahasa asing Anda.


Belajar Bahasa Asing Secara Autodidak Semakin Mudah dengan Berlangganan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar)

Belajar bahasa asing secara autodidak lebih banyak tantangannya daripada belajar di tempat les. Belajar secara mandiri artinya Anda menentukan semuanya sendirian, mulai dari materi yang akan dipelajari, waktu, hingga sumber materi bahasa asing. Untungnya, kemajuan teknologi dapat mendukung Anda dalam mempelajari bahasa asing. Kehadiran aplikasi belajar bahasa asing hingga materi bahasa yang bisa diakses melalui internet menjadikan belajar bahasa asing lebih mudah dan efektif. Tetapi, dua hal ini saja tidak cukup. Anda perlu memastikan bahwa jaringan internet untuk mengakses materi belajar dan menggunakan aplikasi bahasa asing tetap berjalan dengan lancar. Jangan sampai belajar bahasa asing menjadi terhambat dan menurunkan motivasi belajar Anda.

Lalu, provider internet mana ya yang bisa membantu Anda belajar bahasa asing secara autodidak dengan lancar? Jawabannya tentu saja layanan internet super cepat dan stabil dari IndiHome! Untuk mendukung berbagai aktivitas digital termasuk belajar bahasa asing, IndiHome menghadirkan berbagai pilihan paket internet, salah satunya adalah Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar). Selain bisa menikmati internet cepat hingga 100 Mbps yang dapat mendukung kelancaran Anda dalam mengakses berbagai materi bahasa asing, tips belajar, serta kemudahan dalam menggunakan aplikasi belajar bahasa asing, Anda juga dapat menikmati tayangan favorit dari ratusan channel TV unggulan. Tentunya terdapat berbagai tayangan yang hadir dalam bahasa asing, sehingga Anda juga bisa sekalian belajar dan mengasah kemampuan.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan bonus nelpon lokal/interlokal hingga 100 menit, bonus berupa 57 channel TV selama 3 bulan, dan cashback LinkAja sebesar Rp100.000. Dengan biaya berlangganan mulai dari Rp300ribu-an saja per bulannya, Anda bisa menikmati berbagai keuntungan menarik yang ditawarkan Paket IndiHome (Dengan Disney+ Hotstar). Jadi, tunggu apa lagi? Yuk berlangganan sekarang juga!