Aplikasi Pengganti WhatsApp Terbaik 2021 | IndiHome
28 JAN 2021        BLOG

Aplikasi Pengganti WhatsApp Terbaik 2021

Kebijakan baru yang akan mulai diterapkan oleh aplikasi chatting terpopuler WhatsApp pada bulan Februari 2021 mendatang memang menimbulkan keresahan di kalangan penggunanya. Bahkan tidak sedikit pengguna sudah mulai mencari aplikasi pengganti WhatsApp sebagai alternatif solusi.

WhatsApp adalah aplikasi chat terpopuler yang telah diunduh oleh miliaran pengguna ponsel Android dan iOS. Hanya saja, diterbitkannya aturan berbagi data pengguna ke Facebook dianggap kurang etis oleh sebagian penggemar sehingga banyak pengguna memutuskan beralih ke aplikasi lain.


9 Rekomendasi Aplikasi Chat Mumpuni Pengganti WhatsApp

  1. Line

    Aplikasi chatting kekinian ini bukan hanya menawarkan berbagai fitur menarik yang sangat cocok untuk kalangan muda. Namun, pengguna juga memiliki hak penuh untuk mengamankan data personal dengan cara disable acces melalui menu pengaturan.

    Tidak kalah dari WhatsApp, Line memiliki beberapa fitur standar aplikasi chatting, mulai dari voice call, video call, berbagi foto dan video, mengirim pesan suara, sticker, timeline, Line today, Line opencart, dan beragam filter wajah terbaru yang dapat digunakan secara gratis.


  2. Viber

    Selain dibekali dengan berbagai fitur standar aplikasi chatting, seperti berkirim pesan teks, video, gambar, sticker, gif, voice note, voice call, serta video call. Viber juga mendukung mengirim teks dengan panjang lebih dari 7.000 karakter.

    Di samping itu, Viber juga dilengkapi enkripsi end to end untuk menjamin berbagai bentuk informasi yang Kamu bagikan agar tetap aman. Menariknya lagi, pengguna bisa memainkan game gratis dalam Viber sebagai hiburan saat sedang bosan.


  3. WeChat

    Aplikasi WeChat memang sempat booming beberapa waktu lalu. Setelah lama redup, belakangan aplikasi ini mulai menjadi sorotan lagi. Tidak jauh berbeda dengan aplikasi chatting lain, WeChat mengusung fitur standar seperti:

    • Berkirim pesan (teks, gambar, gif, sticker, video, dan voice note)
    • Panggilan suara
    • Panggilan video

    Untuk menambah kontak baru, maka Kamu cukup shake atau menggoyangkan ponsel saja. Karena GPS pada WeChat akan diaktifkan secara otomatis ketika ponsel digoyangkan, dan Kamu bisa menemukan pengguna WeChat lain berdasarkan pada lokasi terdekat.


  4. Skype

    Salah satu aplikasi chatting terbaik yang sudah eksis sejak lama adalah Skype. Selain dapat digunakan pada ponsel Android, Skype juga bisa diaplikasikan hampir di semua perangkat, termasuk iPhone, laptop, dan juga PC.

    Hingga saat ini, Skype sudah diinstal oleh miliaran pengguna Android. Hal tersebut tidak terlepas dari berbagai fitur canggih yang ditawarkan oleh aplikasi ini. Apalagi, Skype juga dapat dijadikan solusi meeting online dengan kapasitas hingga 50 orang dalam video call.


  5. Hi App

    Kamu bisa memasukkan Hi App dalam daftar aplikasi pengganti WhatsApp. Aplikasi chatting buatan anak bangsa ini terkenal cukup mumpuni meskipun belum sepopuler WA. Hi App merupakan aplikasi chatting dengan berbagai fitur kirim pesan, dan panggilan.

    Salah satu fitur unggulannya adalah karena Hi App dapat menerjemahkan lebih dari dua puluh bahasa di kolom chat. Jadi, kalau Kamu suka chatting dengan orang asing, maka Hi App ini pasti akan sangat helpfull sekali.

    Hi App juga mengaplikasikan sistem enkripsi end to end menggunakan verifikasi kode OTP melalui nomor telepon pengguna untuk keamanan aplikasi. Jadi, Kamu tidak perlu takut kalau data atau isi chat Kamu dapat diakses oleh pihak lain.


  6. Telegram

    Meskipun sempat diterpa isu yang tidak begitu mengenakkan, nyatanya Telegram tetap diminati sampai sekarang, dan bahkan digadang-gadang akan menjadi salah satu aplikasi yang akan menggantikan WhatsApp, khususnya pada tahun 2021 ini.

    Selain praktis, dan gratis, aplikasi chatting ternama ini juga memiliki beragam fitur keren, seperti game, nonton drama Korea, dan menyediakan layanan Cloud untuk menampung data dari para pengguna. Jadi, memang sangat worth to use.


  7. Catfiz

    Aplikasi chat buatan anak bangsa satu ini juga wajib masuk dalam daftar chat app yang layak digunakan. Catfiz mengusung fitur standar yang tidak kalah dari WhatsApp, dari fitur pesan teks, gambar, dan video, hingga voice dan video call yang dapat digunakan secara gratis.


  8. Snapchat

    Aplikasi Snapchat telah diunduh oleh lebih dari 1 miliar pengguna ponsel Android. Selain memiliki fitur berbagai foto dan video ke publik, Snapchat juga mengusung fitur chatting, yang memungkinkan pengguna untuk berkirim pesan, dan bahkan melakukan panggilan video.

    Saat sedang berkomunikasi, pengguna juga dapat menggunakan fitur filter dan lensa. Selain itu, ada fitur Friend Emojis khusus Snapchat yang dapat membuat chatting mu semakin berwarna. Jadi, tidak ada salahnya mengunduh Snapchat untuk chat and fun.


  9. MiChat

    Aplikasi chatting gratis dengan berbagai fitur menarik ini bukan hanya berfungsi sebagai alat berkomunikasi dengan teman, dan keluarga, namun juga mencari teman baru yang berada di dekat Kamu. Sebagai proteksi, MiChat juga dilengkapi fitur verifikasi teman.

    Apa saja fitur yang ditawarkan MiChat? Kamu bisa berkirim pesan secara unlimited dalam bentuk teks, file, foto, video, suara, dan emoji. Selain itu, Kamu juga dapat bergabung di chat room yang disukai untuk berbagi cerita dengan teman-teman baru.


Unduh Cloud Storage for IndiHome untuk Solusi Penyimpanan Digital Unlimited

Menggunakan aplikasi chatting tentu membutuhkan ruang penyimpanan besar untuk menyimpan berbagai file, seperti dokumen, foto, video, dan sebagainya. Seringkali, memori internal perangkat smartphone tidak bisa diandalkan, apalagi kalau Kamu menginstal banyak aplikasi di dalamnya.

Namun, sebenarnya Kamu tidak perlu khawatir memikirkan hal tersebut, karena bisa menggunakan Cloud Storage for IndiHome sebagai solusi menyimpan berbagai digital. Selain praktis, aplikasi ini juga dapat diakses melalui tablet dan smartphone Android.

Selain menawarkan ruang penyimpanan data online berkapasitas besar mulai dari 16 GB yang dapat digunakan selama 6 bulan untuk menyimpan video, foto, dokumen, musik, dan kontak secara praktis, pengguna IndiHome juga dapat mengakses paket Add-on lain, seperti:

  • Minipack Channel TV
    Kamu bisa menonton berbagai serial TV, film favorit, dan tayangan edukatif anak dari beragam opsi channel-channel paling populer. Dijamin Kamu tidak akan pernah ketinggalan tayangan terbaru dan terhangat saat ini.
  • Wifi.id Seamless
    Degan berlangganan Wifi.id Seamless, Kamu bebas internetan kapan saja dan dimana saja di ratusan titik Wifi.id yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia.
  • Speed on Demand
    Tambah kecepatan internet Kamu secara temporer sesuai keinginan dan kebutuhan agar semua aktivitas online tetap lancar. Kamu bisa memilih kecepatan mulai 20 Mbps sampai 100 Mbps, dan masa berlakunya juga variatif, yaitu dari 1 – 7 hari.
  • Upgrade Speed
    Kamu bisa upgrade kecepatan internet secara permanen mulai dari 20 Mbps–50 Mbps, sehingga tidak perlu takut koneksi akan berkurang meskipun digunakan oleh banyak orang.

Ada begitu banyak opsi aplikasi pengganti WhatsApp yang bisa Kamu jadikan sebagai referensi. Namun, untuk mendukung performa aplikasi, jangan lupa untuk mengunduh Add-on Cloud Storage untuk mengamankan data digital Kamu agar kegiatan menggunakan smartphone tetap aman dan lancar.