Apa itu Teknologi Fiber Optik? Ini Ulasan Lengkapnya | IndiHome
21 DEC 2020        BLOG

Apa itu Teknologi Fiber Optik? Ini Ulasan Lengkapnya

Berkat adanya teknologi fiber optik atau serat optik, sekarang kita bisa menikmati layanan internet berkecepatan tinggi yang tidak akan terpengaruh oleh cuaca. Teknologi fiber optik banyak digunakan, utamanya pada teknologi telekomunikasi, daring maupun tanpa daring. Banyak keunggulan yang ditawarkan oleh teknologi ini, sehingga hampir semua industri di berbagai bidang telah beralih menggunakan fiber optik. Di bawah ini, Anda bisa mengetahui lebih jauh hal-hal mengenai pengertian fiber optik dan seluk-beluknya.


Apa itu Teknologi Fiber Optik?

Jadi, fiber optik adalah salah satu jenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus (berdiameter 120 mikrometer, lebih kecil dari rambut manusia), yang digunakan sebagai media transmisi. Kabel ini bisa mentransmisikan sinyal cahaya dari lokasi satu ke lokasi lainnya dengan kecepatan yang optimal. Transmisi bisa dilakukan dengan kecepatan tinggi karena sistem kerjanya menggunakan pembiasan cahaya. Sedangkan cahaya yang digunakan untuk proses transmisi adalah LED atau laser. Karena memiliki kecepatan yang tinggi, fiber optik banyak digunakan sebagai saluran komunikasi, sehingga pengguna bisa menjangkau orang lain dengan kecepatan yang optimal pula.


Jenis-jenis Kabel Fiber Optik

Berdasarkan mode transmisinya, teknologi fiber optik menggunakan dua jenis kabel, yaitu:

  1. Fiber Optik Mode Tunggal (Single Mode)

    Sesuai namanya, jenis kabel fiber optik ini memiliki transmisi tunggal, jadi hanya bisa mentransmisikan cahaya melalui satu inti dalam satu waktu. Fiber optik mode tunggal ini memiliki kabel berukuran sangat kecil, yaitu sekitar 9 mikrometer. Biasanya kabel ini digunakan untuk menyebarkan cahaya dari sinar inframerah, yang memiliki gelombang cahaya sepanjang 1300 hingga 1500 nanometer.

  2. Fiber Optik Mode Multi (Multi Mode)

    Fiber optik mode multi adalah kebalikan dari fiber optik mode tunggal, yaitu memiliki inti yang lebih besar, dengan ukuran kurang lebih 625 mikrometer. Ukurannya yang lebih besar membuat fiber optik mode multi bisa mentransmisikan banyak cahaya dalam satu waktu / secara bersamaan. Karena kapasitasnya yang besar, jenis kabel ini sering digunakan untuk tujuan komersil, untuk mengakomodasi pengguna yang jumlahnya juga banyak. Berbeda dengan fiber optik mode tunggal, jenis kabel ini bisa mengirimkan sinar infrared dengan panjang gelombang 850 hingga 1300 nanometer.

 

Tipe Kabel Fiber Optik

Tipe Kabel Fiber Optik yang jamak digunakan adalah sebagai berikut:

  • Armored Cable
  • Simplex Cable
  • Zipcord Cable
  • Low Smoke Zero Halogen
  • Hybrid & Composite Cable
  • Aerial Cable/Self-Supporting
  • Breakout Cable
  • Tight Buffer

 

Fungsi Fiber Optik

Dari pengertian di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa fiber optik berfungsi untuk menghubungkan antar komputer dalam satu jaringan komputer yang sama. Fungsi fiber optik sama dengan kabel pada umumnya, namun dengan satu keistimewaan. Yaitu fiber optik bisa memberikan akses maupun transfer data dengan kecepatan yang tinggi. Serat optik juga terbukti lebih resisten dan tahan terhadap gangguan elektromagnetik semisal gangguan cuaca dan semacamnya karena fiber optik sama sekali tidak mengandung arus listrik.

Kelebihan utama dari fiber optik di atas membuat banyak perusahaan telekomunikasi beralih menggunakannya dan meninggalkan kabel biasa. Meskipun lebih mahal, namun penggunaan kabel serat optik sangat dipertimbangkan, karena sekarang internet tidak akan terganggu oleh cuaca, yang mana menguntungkan pelanggan maupun perusahaan.

 

Komponen-komponen Fiber Optik

Berikut beberapa komponen utama yang membentuk kabel fiber optik:

  • Bagian Inti (Core), terbuat dari bahan kaca dengan ukuran yang sangat kecil, yaitu berdiameter 2µm hingga 50 µm, Semakin besar diameter fiber optik, maka semakin baik pula performanya.
  • Bagian Cladding, adalah pelindung yang menyelimuti bagian inti, yang biasanya berukuran mulai dari 5µm hingga 250 µm. Komponen yang terbuat dari silikon ini berfungsi untuk melindungi core dan pemandu gelombang cahaya.
  • Bagian Coating, adalah mantel yang terbuat dari serat optik berbeda dari cladding dan core. Coating terbuat dari plastik dan berfungsi sebagai lapisan pelindung, yang melindungi inti dan cladding dari lengkungan dan kelembaban udara pada kabel.
  • Bagian Strength Member & Outer Jacket, adalah bagian terluar dari Fiber Optik, yang berfungsi untuk melindungi 3 lapisan terdalam dari gangguan fisik secara langsung.

 

Cara Kerja Fiber Optik

Jika kabel biasa menggunakan arus listrik untuk menyebarkan data, maka fiber optik menggunakan aliran cahaya. Aliran cahaya yang digunakan tersebut adalah hasil konversi dari aliran listrik, jadi tidak akan terganggu oleh gangguan elektromagnetik sama sekali. Selanjutnya, fiber optik memanfaatkan serat kaca demi mendapatkan refleksi cahaya yang tinggi sehingga semua data bisa disebarkan/ditransmisikan dengan kecepatan optimal. Refleksi tersebut berasal dari cahaya yang berada pada serat kaca dengan sudut rendah.

Pada prosesnya, efisiensi fiber optik dipengaruhi oleh kemurnian bahannya, semakin murni gelasnya maka penyerapan cahaya juga semakin sedikit. Karena sedikit, maka pantulan/refleksi cahaya yang didapatkan akan tinggi, sehingga transmisi data juga akan berkecepatan tinggi.


Kelebihan Fiber Optik

Berikut beberapa kelebihan dari fiber optik sehingga banyak perusahaan telekomunikasi yang menggunakannya:

  • Memiliki kecepatan transmisi data yang super cepat, yang mencapai 1 GB/detik.
  • Bisa mentransmisikan data dalam radius yang jauh tanpa membutuhkan penguat sinyal.
  • Tahan terhadap cuaca.
  • Tahan terhadap karat karena terbuat dari kaca dan plastik.
  • Berukuran kecil dan fleksibel.
  • Tidak terganggu gelombang elektromagenetik (seperti gelombang radio) karena menggunakan cahaya sebagai media transmisi.
  • Tidak ada risiko konsleting listrik karena kabel tidak mengandung listrik.
  • Tingkat keamanan tinggi karena tidak ada distorsi (jikapun ada, cuma sedikit).

Selain kelebihan di atas, ada beberapa kekurangan dari fiber optik, yang sebenarnya tidak bisa disebut sebagai kekurangan, yaitu:

  • Biaya instalasi dan maintenance mahal.
  • Membutuhkan sumber cahaya yang kuat.
  • Kabel harus dipasang di jalur berkelok demi memaksimalkan kecepatan dan kelancaran penyebaran cahaya.


IndiHome, Layanan Internet Fiber Optik Super Cepat

Jika Anda sedang mencari layanan internet super cepat yang tidak akan terganggu dengan perubahan cuaca, maka bisa menggunakan IndiHome. IndiHome adalah layanan digital yang telah menggunakan teknologi fiber optik, sehingga transmisi data dan akses bisa dilakukan dengan kecepatan optimal.

Ada banyak pilihan paket yang bisa dipilih tentunya dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Misalnya saja ada Paket 2P (Internet+TV) atau (Internet+Phone) untuk memenuhi kebutuhan berinternet dengan kualitas baik namun harga yang lebih ekonomis. Ada juga Paket 3P (Internet+TV+Phone) untuk Anda yang sedang bekerja di rumah dan butuh akses internet super cepat untuk meeting dan lainnya.

Menariknya lagi, saat ini sedang berlangsung Festival Diskon Nasional, dimana Anda dibebaskan biaya sebesar 50% untuk pemasangan baru layanan IndiHome hanya melalui aplikasi myIndiHome. Diskon ini berlaku untuk Anda yang berlangganan 3P(Internet+TV+Phone) maupun 2P (Internet+TV) dan 2P (Internet+Phone). Ada juga diskon 20% jika Anda mengaktifkan 10 minipack channel pilihan. Tambahan promonya yang enggak kalah menarik yaitu khusus untuk Anda yang berlangganan Paket 3P juga akan mendapatkan saldo cashback LinkAja sebesar Rp50 ribu.

Festival Diskon Nasional di atas berlangsung mulai tanggal 16 hingga 31 Desember 2020. Rasakan solusi internet berkecepatan tinggi tanpa peduli perubahan cuaca dengan berlangganan IndiHome. Berkat adanya teknologi serat optik, kita bisa merasakan internet super cepat, yang tidak akan dipengaruhi oleh perubahan cuaca semisal hujan dan petir. Jika Anda membutuhkan akses internet untuk berbagai kebutuhan setiap hari, maka bisa berlangganan paket IndiHome yang bervariatif dan tentunya dapat memenuhi kebutuhan berinternet Anda.