Apa Arti dari Komitmen dan Bagaimana Cara Menjaganya? | IndiHome
27 JUN 2022        BLOG

Apa Arti dari Komitmen dan Bagaimana Cara Menjaganya?

Menurut kebanyakan orang, komitmen adalah sebuah janji.  Namun, tidak sedikit juga yang memiliki pandangan lain terhadap pengertian komitmen. Lalu, apa sebenarnya komitmen itu? Bagaimana cara menjaganya serta apa saja contoh dari komitmen tersebut? Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini!


Apa Arti dari Sebuah Komitmen Menurut Para Ahli?

Komitmen adalah suatu hal yang penting dalam berbagai aspek kehidupan, entah itu dalam segi hubungan, pertemanan, keluarga, sampai pekerjaan. Istilah komitmen sebenarnya berasal dari bahasa Latin commiter, yang artinya mempercayai, menggabungkan, mengerjakan, dan menyatukan. Bukan hanya dalam hubungan, komitmen juga berdampak besar pada aspek lain seperti dunia kerja dan organisasi. Berikut ini arti komitmen dari sudut pandang para ahli:

 

  • J.P. Meyer dan N.J. Allen (1991)
    Komitmen adalah penerimaan kuat seseorang terhadap suatu tujuan juga nilai-nilai organisasi dan upaya individu. Karena adanya komitmen tersebut, mereka berupaya untuk berkarya serta memiliki hasrat yang kuat demi bertahan dalam organisasi tersebut.

 

  • Richard M. Steers dan Lyman W. Porter (1983)
    Komitmen adalah sebuah keadaan dimana seseorang menjadi terikat oleh tindakannya sehingga bisa memunculkan keyakinan yang dapat menunjang aktivitas dan partisipasinya.

 

  • Van Dyne dan Graham (2005)
    Komitmen adalah penerimaan yang memiliki karakteristik personal seperti usia, pendidikan, jenis kelamin, status perkawinan, masa kerja, dan keterlibatan kerja. Komitmen juga memiliki situasional dengan ciri adanya value, keadilan, dukungan organisasi, dan karakteristik pekerjaan.   

 

  • H.P. Welsch dan Helen LaVan  (1981)
    Komitmen adalah sebuah dimensi perilaku penting dan dapat digunakan dalam menilai keterikatan karyawan pada perusahaan.

 

  • Sri Kuntjoro
    Komitmen adalah rasa identifikasi, keterlibatan, dan loyalitas yang dinyatakan seseorang terhadap organisasi.


Apa Saja Contoh Komitmen dalam Kehidupan Sehari-hari?

Dari semua pengertian yang dituturkan oleh para ahli, dapat disimpulkan jika komitmen adalah kemampuan dan kemauan seseorang untuk tetap bertahan dalam setiap hubungan yang terjalin baik dari segi profesional maupun personal. Bentuk dari komitmen bisa diwujudkan dalam berbagai sikap atau tindakan, contohnya seperti berikut ini:

 

  • Memiliki Keinginan untuk Menjalin Hubungan yang Serius
    Ketika Anda bersama sang kekasih ingin menjalin hubungan yang serius, hal tersebut bisa disebut sebagai komitmen. Nantinya, tekad tersebut bisa dicurahkan dari bagaimana seseorang menyelesaikan masalah dan mencari jalan tengah karena ciri-ciri dari komitmen adalah berpandangan positif.

 

  • Mau Membicarakan Masa Depan
    Ciri-ciri lain dari komitmen adalah mau membicarakan masa depan. Ini perlu dilakukan karena tidak mungkin Anda hanya berkeinginan untuk menikah saja tanpa mempertimbangkan rencana masa depan. Belum lagi ada berbagai masalah rumah tangga yang juga perlu diantisipasi di masa depan.  

 

  • Mau Berkorban
    Komitmen adalah penerimaan kuat seseorang demi sebuah tujuan baik. Karena itulah mereka mau berkorban, dari mulai hal kecil hingga hal besar. Komitmen ini yang menjadi motivasi untuk mendedikasikan waktu, tenaga, pikiran, bahkan hal yang bersifat material.  

 

  • Komitmen Terhadap Keluarga
    Karena adanya komitmen, Anda mampu menjaga keluarga menurut perannya. Misalnya seorang ayah yang menjadi pemimpin keluarga, ibu yang berperan membantu ayah, dan anak-anak menunjukkan baktinya pada orangtua.

 

  • Menjaga Lingkungan
    Bagi pecinta lingkungan, komitmen adalah hal penting yang perlu dijaga. Karena komitmen ini, Anda tidak mau membuang sampah sembarangan, bertekad mengurangi sampah plastik, dan berperan aktif dalam menjaga lingkungan sekitar.

 

  • Komitmen dalam Pekerjaan dan Organisasi
    Ketika melibatkan diri dalam suatu organisasi atau pekerjaan, Anda memerlukan komitmen. Contoh komitmen ini adalah mengerjakan tugas sesuai ketentuan, mencintai pekerjaan yang dilakukan, dan berusaha agar tidak kehilangan tempat di organisasi atau pekerjaan tersebut.


Bagaimana Cara Menjaga dan Konsisten Terhadap Komitmen?

Komitmen adalah sebuah kemampuan. Jika tidak memiliki komitmen, akan sulit untuk kita memahami sudut pandang orang lain dan menyebabkan sebuah hubungan yang telah dibangun menjadi tidak harmonis. Anda bisa menjaga komitmen tersebut dengan cara:

 

  • Saling Mempercayai
    Cara pertama untuk mempertahan komitmen adalah dengan saling membangun kepercayaan antara satu sama lain. Hal ini merupakan kunci pertama yang harus diterapkan ketika membangun sebuah hubungan, baik secara personal maupun profesional.  Jika tidak ada rasa percaya, suatu hubungan tidak akan mungkin terjalin dengan baik.   

 

  • Selesaikan Masalah dengan Kepala Dingin
    Selain mempercayai satu sama lain, cara kedua untuk menjaga dan konsisten terhadap komitmen adalah menyelesaikan masalah dengan baik dan tidak tersulut emosi. Jika orang terdekat, kolega, atau atasan memberikan kritikan, terimalah dengan kepala dingin dan jadikan sebagai cara untuk introspeksi diri. Sikap seperti ini mampu menjaga kestabilan hubungan dan komitmen.

 

  • Memperbanyak Kenangan
    Cara terakhir dan cukup mudah dilakukan untuk menjaga komitmen adalah memperbanyak kenangan. Meskipun hal tersebut terdengar sepele, kenangan indah bersama orang-orang di sekitar akan memberikan kesan tersendiri. Anda akan selalu ingat masa senang dan sulit yang dilalui bersama serta bagaimana menghadapinya. Pada akhirnya hal ini akan mempererat komitmen Anda pada mereka.  


Sebagai Bentuk Komitmen untuk Anda, IndiHome Menghadirkan
Benefit Istimewa Melalui Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar)

Di zaman sekarang ini, layanan berbasis digital menjadi aspek penting dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari sekolah, bekerja, hingga menjalin relasi, semuanya bisa dilakukan dengan efektif dan efisien secara online. Sebagai bentuk komitmen dalam memenuhi kebutuhan digital Anda, IndiHome menghadirkan jaringan internet cepat yang bisa Anda andalkan untuk berbagai aktivitas online di rumah.

Penuhi semua kebutuhan digital Anda bersama IndiHome dengan berlangganan Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar). Nikmati internetan super cepat hingga 300 Mbps, bebas akses berbagai tayangan favorit dari ratusan channel TV unggulan serta bonus nelpon di jaringan lokal dan interlokal hingga 100 menit. Nikmati juga bonus lainnya seperti cashback LinkAja sebesar Rp100.000 dan bonus tambahan berupa 61 channel TV add-on minipack Upgrade Essential selama 3 bulan.

Eits, tunggu dulu! Masih ada benefit lain yang bisa Anda dapatkan, yaitu diskon biaya pasang baru sebesar 50%, lho! Dengan biaya berlangganan mulai dari Rp200.000-an saja per bulannya, kebutuhan digital Anda akan terpenuhi tanpa ada masalah jaringan lagi. Menjalin komitmen bersama IndiHome memang menguntungkan, kan?